Review Aplikasi iSaham: Saudara Syariah Saham Asal Malaysia

by Minsya
6 minutes read

Kok bisa ada saudara Syariah Saham asal Malaysia? iSaham?

Betul, betul, betul! Ya, kalimat yang sering diucap oleh salah satu karakter kartun dari Malaysia tersebut sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Negeri Jiran Malaysia adalah saudara serumpun kita. Banyak kesamaan di berbagai bidang antara Malaysia dan Indonesia, mulai dari budaya, bahasa dan agama. Selain itu, tahukah anda bahwa Pasar Modal Syariah Indonesia mengadopsi konsep Pasar Modal Syariah yang ada di Malaysia?

Setelah dibentuknya Jakarta Islamic Index (JII) pada 3 Juli 2000, mekanisme pasar modal syariah Indonesia resmi diluncurkan tiga tahun setelahnya yaitu 14 Maret 2003. Era pesatnya perkembangan pasar modal syariah dimulai pada tahun 2011 lalu, ketika ada banyak inovasi seperti diluncurkannya Shariah Online Trading System (SOTS) berdasarkan fatwa DSN MUI nomor 80. Untuk menambah masif kampanye pasar modal syariah ini, hadir platform-platform sosial yang bertujuan untuk mengedukasi khalayak tentang pentingnya berinvestasi sesuai dengan prinsip syariah. Diantara banyak platform tersebut, diantaranya ada SyariahSaham.id di Indonesia dan iSaham.my di Malaysia.

Profil iSaham

Untuk menjalin silaturahim dan saling bertukar value, beberapa waktu lalu SyariahSaham dan iSaham melakukan pertemuan secara daring. Mengutip dari website resminya, iSaham adalah perusahaan teknologi yang berdiri pada tahun 2017 dengan visi untuk membantu orang-orang dalam berinvestasi dengan lebih baik. Mereka selalu terdepan dalam menyediakan screener saham gratis dan juga premium, kelas investasi berlandaskan riset dan analisis, serta sumber solusi bagi investor dan trader dalam membuat keputusan yang tepat.

Perusahaan ini mempunyai cita-cita untuk mengungguli platform edukasi investasi lain seperti Robinhood, Wahed Invest, dan Bloomberg. Serta berupaya menjadi perusahaan Layanan Investasi Digital Islami nomor 1 yang diakui secara internasional.

Fitur iSaham

Perlu diketahui bahwa iSaham bukan merupakan perusahaan sekuritas, melainkan remiser dari Malacca Securites (M+). Jadi para pelanggan yang berkeinginan menikmati semua fitur pro dari mereka, caranya cukup membuat akun Malacca Securites melalui website mereka. Berbicara tentang fitur, terdapat beberapa fitur unggulan yang ditawarkan, diantaranya adalah:

1. iSaham Stock Screener

Terdapat lebih dari 180 screener saham yang dapat pelanggan gunakan untuk menyaring saham-saham berdasarkan kriteria fundamental dan teknikal. Mayoritas screener saham gratis dan bebas diakses oleh pengguna dengan cara mendaftar akun menggunakan Facebook atau Telegram. Namun ada beberapa screener saham pro yang hanya bisa diakses oleh member atau membuat akun Malacca Securities melalui iSaham.

2. iSaham iScanner

Berbeda dengan iScreener, iScanner memungkinkan pelanggan untuk membuat kriteria penyaring saham sesuai keinginan sendiri. Uniknya scanner yang pelanggan buat bisa disebarkan atau dibagikan, sehingga pelanggan yang lain bisa menggunakannya juga.

3. iSaham ESGM (Environtmental, Social, Governance, Maqasid Al-Shariah)

iSaham ESGM adalah fitur yang disediakan untuk para investor yang mempunyai kesadaran akan Lingkungan, Sosial, Pemerintahan dan Maqasid Syariah supaya dapat membuat keputusan yang sesuai dengan prinsip ESGM tersebut.

4. iSaham News Analytics

Fitur ini menyediakan informasi mengenai tren pasar secara keseluruhan maupun tren setiap perusahaan yang melantai di bursa. Dengan menggunakan teknologi yang canggih, fitur ini menciptakan sebuah algoritma data pasar secara real time dan akurat.

5. iSaham IPO Analysis

Fitur ini mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang perusahaan yang akan melantai di bursa malaysia. Calon investor akan diberikan wawasan komprehensif mengenai perusahaan tersebut dengan alat analitik yang canggih.

6. iSaham Sector Analysis

Fitur ini memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika sektor, memungkinkan para investor membuat keputusan investasi yang tepat dengan mengevaluasi kinerja sektor secara komprehensif di seluruh faktor teknis, fundamental, dan global. Fokus fitur ini adalah untuk mengidentifikasi saham potensial jangka panjang di masa depan.

isaham

Prestasi iSaham

iSaham mendapatkan beberapa prestasi yang sangat membanggakan, antara lain:

2020

  1. 1St Runner Up 2020 Best Remisier
  2. Most Numbers of New Shariah Account Opened (Shariah)
  3. Highest Traded value (New Accounts Shariah)
  4. Highest Traded value for ETF

2019

  1. Highest Traded Value (New Accounts Shariah)
  2. Most Numbers of New Shariah Account Opened (Shariah)

2018

  1. Highest Traded Value (New Accounts Shariah)
  2. Most Numbers of New Shariah Account Opened (Shariah)

Anak Perusahaan

Sebagai perusahaan induk, iSaham mempunyai dua anak perusahaan utama yaitu:

  1. Lyndung

Lyndung adalah platform yang berguna bagi para anggotanya untuk saling membantu berbagi biaya tagihan medis mereka ketika ada anggota komunitas yang membutuhkan perawatan medis. Lyndung mendorong semua anggota untuk bertanggung jawab dan tidak menggunakan keuntungan program untuk menindas anggota komunitas lainnya.

Lyndung adalah perusahaan berbasis teknologi yang menyediakan solusi digital sepenuhnya. Lyndung dilengkapi dengan eKYC, ikhtisar kontribusi berbagi, pemantauan dasbor, dan aplikasi berbasis web, mudah diakses oleh semua orang, di mana pun lokasinya, berkat fitur online-nya. Lyndung bisa diakses melalui Lyndung.my

  1. SharLife

SharLife adalah perusahaan crypto Syariah dan investasi Islam, menawarkan sumber daya pendidikan dan alat perbandingan untuk membantu individu mempelajari ilmu keuangan Islam. Dengan tim profesional yang berdedikasi, SharLife memastikan komunitas mendapat informasi dan diberdayakan untuk membuat keputusan keuangan yang tepat. SharLife bisa diakses melalui SharLife.my

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Achmad Abdul Arifin: Seorang Trader Saham Syariah yang Mempunyai Motto "Menjadi Tak Terlihat dan Melampauinya"

You may also like

1 comment

D'SAIFUL Z'DIN July 10, 2023 - 9:58 am

BERSAMA SEJAHTERA RAHMATANLILALAMIN

Reply

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00