10 Istilah Saham untuk Pemula yang Wajib Kamu Ketahui

by adminsysa

Istilah Saham Untuk Pemula

Berinvestasi pada instrumen saham memang memiliki banyak peluang mendapat keuntungan. Terlebih saat ini sudah hadir berbagai macam investasi syariah. Sehingga masyarakat Indonesia yang mayoritas pemeluk agama Islam tidak perlu khawatir dalam berinvestasi, guna meningkatkan kualitas ekonomi. Untuk itu, yuk ketahui istilah saham untuk pemula berikut sebelum terjun ke pasar modal.

1. Capital Gain

Keuntungan yang diperoleh investor dari investasi saham disebut dengan istilah capital gain. Dimana keuntungan tersebut didapat dari perbedaan antara harga jual dan harga beli suatu efek. Anda bisa mendapatkannya ketika menjual kembali aset investasi yang telah dibeli. Namun jika perbedaan harga jual dan harga beli bernilai negatif, maka disebut dengan istilah capital loss (rugi).

2. Support dan Resistance

Support dan resistance adalah faktor esensial dalam analisis teknikal, terutama untuk menentukan sinyal beli dan jual. Memahaminya dapat membantu manajemen risiko menggunakan order stops loss. Adapun yang dimaksud dengan support adalah harga terendah saham sebelum kembali naik pada akhirnya. Sebaliknya, resistance adalah harga tertinggi sebelum akhirnya harga saham jatuh.

3. Analisis Teknikal

Istilah saham untuk pemula berikutnya yang perlu dipahami yaitu analisis teknikal. Teknik ini banyak dipakai oleh para investor, berfokus menyelidiki harga serta volume jual beli saham. Teknik pengamatan pergerakan harga saham sesuai riwayatnya tersebut menjadi alat utama bagi trader yang mengincar suatu saham sebelum proses masuk atau keluarnya. Sebab hasil yang ditawarkan lebih cepat diperoleh.

4. Emiten

Emiten merupakan sebutan bagi pihak yang melakukan penawaran umum. Pada saham syariah, emiten harus secara jelas menyatakan bahwa kegiatan usahanya tidak bertentangan dengan prinsip prinsip syariah. Seperti perjudian, bank berbasis bunga, perusahaan pembiayaan berbasis bunga, jual beli risiko mengandung unsur ketidakpastian, dan sejenisnya.

Istilah saham untuk pemula
freepik.com

5. Dividen

Sebagai rasa terima kasih, emiten akan membagikan dividen kepada para pembeli saham. Dividen tersebut berupa laba perusahaan selama satu tahun operasional, yang membuktikan bahwa perusahaan bertumbuh. Adapun besarnya dividen biasanya disebutkan dalam forum tertinggi perusahaan, yakni RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

6. Portofolio Investasi

Portofolio investasi menjadi istilah saham untuk pemula lainnya yang penting dipahami. Portofolio ini disebut pula sebagai gabungan antara instrumen investasi yang anda miliki sebagai investor. Jadi portofolio dapat menunjukkan anda telah berinvestasi ke instrumen apa saja. Dimana persentasenya dapat berubah sesuai perkembangan investasi anda. Misalnya 50% saham dan 50% properti atau lainnya.

7. Buy Back

Buy back adalah istilah yang digunakan ketika perusahaan atau emiten yang menerbitkan saham membeli kembali saham saham yang telah beredar di publik. Tujuan dari buy back adalah meningkatkan rasio keuangan. Karena setelah buy back dilakukan maka saham yang beredar akan semakin sedikit bila dibandingkan jumlah buy back tersebut.

8. Bursa Efek Indonesia

Untuk istilah yang satu ini, anda mungkin sudah beberapa kali mendengarnya meskipun belum pernah benar benar terjun ke pasar modal. Bursa Efek Indonesia (BEI) ini adalah bursa saham Indonesia yang telah mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi bursa saham yang berkedudukan di Jakarta tersebut mendapat hak sebagai pihak yang menyediakan sarana jual beli saham.

9. Ask

Ask atau offer merupakan istilah saham untuk pemula yang patut diketahui. Dimana ask ini menunjukkan jumlah antrean untuk menjual saham. Dan adanya sistem antre tersebut adalah salah satu faktor yang membuat anda tidak bisa langsung memperoleh saham pilihan, karena anda harus antre terlebih dahulu. Jadi biasanya saham berhasil didapat oleh mereka yang cepat mengirimkan ask. 

10. Bid

Bid dapat anda temukan pada aplikasi untuk jual beli saham. Dimana bid tersebut berfungsi untuk melihat berapa jumlah ask atau antrean untuk membeli saham tertentu. Biasanya letak bid berada tepat di bawah nama dan harga saham dalam aplikasi. Untuk aplikasinya sendiri, ada banyak pilihan. Bagi anda yang mencari aplikasi trading saham syariah, misalnya bisa memilih IPOT, MOST, POEMS, dan lain lain.

Sebelum berinvestasi pada saham, sebaiknya anda memahami beberapa istilah di atas terlebih dahulu. Lebih lanjut, masih ada banyak istilah lain yang penting untuk diketahui supaya anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar market terkini. Dan sebagai seorang investor syariah, pastikan terlebih dahulu bahwa saham yang anda beli merupakan saham syariah dengan sekuritas yang terpercaya.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment