6 Jenis Corporate Actions Paling Ditunggu

by Minsya
4 minutes read

Apakah kamu ingin mulai belajar saham? Saham adalah salah satu jenis investasi yang menjanjikan profit yang cukup besar bila bisa mengelolanya. Namun sebelum itu, kamu juga harus tahu beberapa istilah dalam dunia saham yang penting. Berikut adalah beberapa istilah yang harus kamu ketahui saat belajar saham pemula. 

1. Pembagian Dividen

Salah satu corporate actions yang paling umum dalam pasar saham adalah pembagian dividen. Dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham. Ketika perusahaan mengumumkan pembayaran dividen, ini biasanya menghasilkan lonjakan minat investor dan dapat mempengaruhi harga saham. Pembagian dividen dapat dilakukan dalam bentuk uang tunai atau saham tambahan.

2. Stock Split

Stock split terjadi ketika perusahaan membagi saham yang ada menjadi saham baru dengan rasio tertentu. Misalnya, dalam stock split 2:1, setiap saham yang dimiliki investor akan dibagi menjadi dua saham baru. Tujuan dari stock split adalah untuk meningkatkan likuiditas saham dan membuatnya lebih terjangkau bagi investor. Meskipun tidak mempengaruhi nilai pasar perusahaan secara langsung, stock split dapat mempengaruhi harga saham.

3. Right Issue

Right issue terjadi ketika perusahaan menawarkan saham baru kepada pemegang saham yang ada dengan harga diskon. Pemegang saham memiliki hak untuk membeli saham tambahan sesuai dengan proporsi kepemilikan mereka dalam perusahaan. Tujuan right issue adalah untuk mengumpulkan dana tambahan untuk perusahaan. Pemegang saham yang tidak menggunakan hak mereka dapat menjual hak tersebut kepada investor lain.

Corporate Actions
freepik.com

4. Merger dan Akuisisi

Merger dan akuisisi adalah bentuk corporate actions di mana dua perusahaan bergabung atau satu perusahaan mengakuisisi perusahaan lain. Hal ini dapat mempengaruhi harga saham kedua perusahaan yang terlibat dalam transaksi. Jika merger atau akuisisi dianggap menguntungkan, harga saham perusahaan yang terlibat dapat naik. Namun, jika pasar meragukan kesuksesan transaksi tersebut, harga saham dapat turun.

5. Buyback Saham

Buyback saham terjadi ketika perusahaan membeli kembali saham mereka sendiri dari pasar. Tujuan dari buyback saham adalah untuk mengurangi jumlah saham yang beredar, meningkatkan nilai per saham, dan mengindikasikan kepada pasar bahwa perusahaan percaya pada prospek masa depannya. Buyback saham dapat meningkatkan harga saham karena penawaran saham yang lebih sedikit.

6. Pengumuman Laba

Pengumuman laba adalah corporate actions di mana perusahaan mengumumkan hasil keuangan mereka, termasuk laba bersih yang dihasilkan. Hasil keuangan yang baik dapat mendorong minat investor dan dapat menyebabkan kenaikan harga saham. Sebaliknya, hasil keuangan yang buruk dapat mempengaruhi harga saham negatif.

Corporate actions dalam pasar saham dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap harga saham dan persepsi investor terhadap perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi investor untuk mengikuti dan memahami corporate actions. Dengan memahami jenis-jenis corporate actions ini, investor dapat membuat keputusan investasi yang matang dan lebih baik.

Namun, perlu diingat bahwa corporate actions tidak selalu menjamin perubahan yang positif dalam harga saham. Ada banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi harga saham, seperti kondisi pasar secara keseluruhan, kinerja keuangan perusahaan, tren industri, dan faktor ekonomi makro.

Selain itu, perlu dicatat bahwa corporate actions juga dapat mempengaruhi pemegang saham dalam cara yang berbeda. Misalnya, pembagian dividen akan menguntungkan bagi pemegang saham yang mengharapkan penghasilan tunai dari investasi mereka. Di sisi lain, penggabungan saham atau pemecahan saham dapat mempengaruhi kepemilikan relatif pemegang saham.

Dalam hal ini, penting bagi investor untuk melakukan analisis menyeluruh terkait corporate actions dan mengkaji implikasinya terhadap investasi mereka. Hal ini melibatkan mempelajari laporan keuangan perusahaan, memantau berita terkini, dan berkonsultasi dengan profesional keuangan jika diperlukan.

Secara keseluruhan, corporate actions dalam pasar saham memiliki dampak yang signifikan terhadap harga saham dan nilai pasar perusahaan. Dengan memadukan pengetahuan tentang corporate actions dengan analisis yang mendalam dan diversifikasi portofolio, investor dapat memaksimalkan potensi keuntungan mereka dalam pasar saham.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00