Biaya Transaksi Saham: 6 Cara Untuk Mengurangi Fee

by Minsya
5 minutes read

Investasi saham merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai kekayaan seseorang. Namun, seperti bentuk investasi pada umumnya, investasi saham juga memerlukan biaya transaksi. Biaya ini dapat mencakup biaya komisi, biaya pajak, biaya PPh, dan biaya administrasi. Biaya ini juga dapat menurunkan pengembalian investasi seseorang dan mengurangi keuntungan yang diharapkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki strategi untuk mengurangi biaya transaksi saham. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mengurangi biaya transaksi dalam investasi saham:

1. Pilih broker yang terpercaya dan murah

Pertama-tama, penting untuk memilih broker yang terpercaya dan murah. Broker atau sekuritas adalah perusahaan yang akan membantu kita dalam membeli dan menjual saham. Beberapa broker memiliki biaya komisi tinggi, yang dapat membuat biaya transaksi menjadi lebih mahal. Bahkan ada beberapa broker yang membebankan biaya server kepada para nasabahnya. Oleh karena itu, pilihlah broker yang telah terdaftar resmi di OJK serta memiliki biaya transaksi yang rendah.

2. Gunakan platform trading sesuai kebutuhan

Selain memilih sekuritas yang terpercaya dan murah, penting juga untuk menggunakan platform trading. Karena ada beberapa sekuritas yang mempunyai beberapa platform trading berdasarkan perangkat yang digunakan. Ada aplikasi smartphone, aplikasi untuk komputer bahkan platform trading berbasis website. Beberapa platform trading memiliki biaya transaksi yang tinggi atau sulit digunakan. Oleh karena itu, gunakanlah platform trading yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan kita.

3. Pilih waktu yang tepat untuk bertransaksi

Penting untuk memilih waktu yang tepat untuk bertransaksi. Jika kita melakukan trading, jangan masuk ke market ketika market sedang lesu. Tetapi jika anda bermodal kecil dan mempunyai profil risiko yang tinggi, maka manfaatkan saham-saham small caps yang frekuensi transaksinya tinggi. Karena trading saham adalah seni dalam memanfaatkan volatilitas sebuah saham yang sedang ramai diperjualbelikan.

Biaya Transaksi Saham
freepik.com

4. Gunakan limit order

Limit order atau sering disebut dengan istilah Auto Transaction adalah instruksi untuk membeli atau menjual saham pada harga tertentu atau lebih baik. Dengan menggunakan limit order, kita dapat membatasi biaya transaksi. Sebagai contoh, jika kita ingin membeli saham XYZ dengan harga maksimum Rp250 per saham, kita dapat menempatkan limit order dengan harga Rp250. Jika harga saham XYZ turun ke Rp250 atau kurang, maka secara otomatis order kita akan terisi. Namun, jika harga saham XYZ tetap di atas Rp250, maka order kita tidak akan terisi, dan kita tidak perlu membayar biaya transaksi.

5. Hindari trading yang sering

Setiap kali kita membeli atau menjual saham, kita harus membayar biaya transaksi. Jika terlalu sering bertransaksi, maka biaya ini dapat menumpuk dan mengurangi keuntungan. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari trading yang sering terutama jika kita tidak terlalu yakin dengan keputusan yang akan diambil.

6. Diversifikasi portofolio

Diversifikasi portofolio dapat membantu mengurangi biaya transaksi. Diversifikasi portofolio adalah cara untuk membagi investasi ke dalam berbagai jenis instrumen investasi seperti saham, sukuk, properti, emas, dan sebagainya. Dengan melakukan diversifikasi portofolio, kita dapat mengurangi risiko investasi dan meminimalkan biaya transaksi. Karena setiap instrumen investasi memiliki biaya transaksi yang bervariasi. Tentunya sesuaikan dengan profil risiko masing masing ya.

Selain strategi-strategi di atas, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi biaya transaksi dalam investasi saham. Salah satunya adalah dengan melakukan riset dan analisis sebelum membeli saham. Dengan melakukan riset dan analisis, kita dapat memilih saham yang lebih potensial dan dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Sehingga tidak perlu terlalu sering bertransaksi dan membayar biaya yang lebih banyak.

Selain itu, Kita juga dapat mempertimbangkan untuk memanfaatkan program promosi atau bonus yang ditawarkan oleh broker atau platform trading tertentu. Beberapa broker atau platform trading menawarkan program promosi atau bonus seperti diskon biaya transaksi atau cashback, yang dapat membantu mengurangi biaya ini. Walaupun mungkin promosi tersebut hanya berlaku dalam periode waktu tertentu, tetapi tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kesempatan tersebut.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Achmad Abdul Arifin: Seorang Trader Saham Syariah yang Mempunyai Motto "Menjadi Tak Terlihat dan Melampauinya"

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00