Investasi Saham Syariah: Pengertian, Jenis, Kriteria Seleksinya

by Minsya
5 minutes read

Seiring berjalannya waktu, berbagai layanan finansial berprinsip syariah semakin banyak. Salah satunya yaitu investasi saham syariah dimana prinsipnya tidak bertolak belakang dengan syariat Islam. Bagi anda yang tertarik berinvestasi syariah, ketahui apa saja informasi lengkapnya mengenai saham syariah sebagai berikut.

Saham syariah ialah efek berupa saham yang tidak bertentangan dengan syariat Islam di pasar modal. Ada kriteria khusus yang wajib dipenuhi oleh saham agar memenuhi kategori sebagai saham syariah. Tidak hanya diperuntukkan oleh umat Islam saja, tetapi investasi saham syariah ini juga bisa dijadikan sebagai aset investasi non-muslim. Jadi, penggunanya berlaku secara universal.

Penerbitan dari saham syariah ialah efek syariah di pasar modal Indonesia. Kegiatan saham ini mengacu pada peraturan Otoritas Jasa Keuangan pada No. 53/POJK.04/2015. Pada penerbitan efek syariah ini, ada akad-akad yang digunakan yaitu akad wakalah, musyarakah, mudharabah, kafalah, istishna dan ijarah.

Jenis-jenis Saham Syariah yang Diakui di Pasar Modal Indonesia

Saham-saham yang diakui di pasar modal Indonesia yaitu Saham yang sudah tercatat sebagai saham syariah oleh perusahaan public syariah atau emiten. Hal ini berdasarkan peraturan OJK mengenai Saham oleh Perusahaan Publik Syariah. Juga, saham yang dinyatakan memenuhi kriteria peraturan Kriteria dan Penerbitan Daftar Efek Syariah.

investasi saham syariah
freepik.com

Kriteria Seleksi Saham Syariah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa kriteria khusus sebagai syarat agar sebuah saham bisa disebut sebagai saham syariah. Semua investasi saham syariah yang tersedia di pasar modal Indonesia ini nantinya akan dimasukkan ke dalam DES atau Daftar Efek Syariah yang dikeluarkan oleh OJK.

Adapun kriteria-kriterianya yaitu emiten tidak melakukan usaha yang bertentangan dengan syariat, seperti perjudian, perdagangan yang dilarang syariat islam, permintaan palsu, perdagangan dengan sistem riba, perdagangan dengan unsur ketidakpastian, barang haram, dan emiten yang tidak memenuhi rasio-rasio keuangan.

Adapun rasio-rasio keuangan yang wajib dipenuhi oleh emiten yaitu ada dua. Pertama, total uang berbasis bunga tidak lebih dari 45% daripada total asetnya. Kedua, pendapatan bunga serta pendapatan tidak halal lainnya kurang dari 10% dari total pendapatan usaha dan pendapatan lain-lainnya.

Indeks Saham Syariah di Indonesia

Perlu diketahui bahwa indeks saham ialah ukuran statistik perubahan gerak harga dari kumpulan saham yang mengacu pada kriteria khusus. Hal ini bertujuan sebagai sarana tujuan investasi. Ada juga indeks saham syariah di Indonesia yaitu yang mencakup seluruh investasi saham syariah yang tercatat pada papan utama serta papan pengembangan Bursa Efek Indonesia.

Sementara itu, JII atau Jakarta Islamic Index yang meliputi 30 saham syariah yang berkapitalisasi besar serta likuiditas tinggi. Lalu JII70 yang meliputi 70 saham syariah yang berkapitalisasi besar serta likuiditas tinggi. IDX-MES BUMN yang terdiri dari 17 saham syariah milik BUMN serta afiliasinya dengan fundamental yang baik.

Investasi Saham Syariah melalui RHB Tradesmart ID

Setelah mengetahui informasi mengenai saham syariah, kini waktunya anda melakukan investasi syariah. Anda bisa mulai melakukannya dari sekarang untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Dengan begitu, investasi saham syariah berjalan dengan lancar menggunakan aplikasi RHB Tradesmart ID.

RHB Tradesmart ID ialah aplikasi trading saham digital yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan investasi serta trading saham. Hanya dengan mengunduh dan memasang aplikasi melalui smartphone, anda bisa melakukan berbagai kegiatan investasi saham dan memantau pergerakannya secara efektif dan praktis kapanpun dan dimanapun.

RHB Tradesmart didukung oleh 4 fitur unggulan yang dimilikinya. Fitur Smart Fee membuat rendahnya biaya transaksi hingga mencapai 0.08 persen da nada juga Smart Rate dengan promo bunga marin harian 0.025 persen per hari. Ada juga fitur Smart Points yang memberikan poin per transaksi dan Smart Analyzer untuk membantu penggunanya menganalisa saham.

Itulah ulasan mengenai investasi saham syariah yang perlu diketahui sebelum menggunakannya mulai dari pengertian, jenis, kriteria, hingga aplikasi yang dapat digunakan. Dengan RHB Tradesmart ID, kegiatan berinvestasi saham anda berjalan dengan praktis, mudah, efektif dan sesuai syariat Islam. Sebab, ada berbagai fitur yang mendukung kegiatan investasi agar bekerja dengan lancar.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00