HAKA Saham! Kenali 2 Bahasa Gaul dalam Dunia Investasi

by Minsya
4 minutes read

Tertarik belajar saham untuk pemula? Maka anda wajib mengetahui berbagai istilah terkait investasi efek terlebih dahulu. Karena ada beberapa istilah yang mungkin tidak diketahui oleh masyarakat. Contohnya HAKA saham yang menjadi bahasa gaul dalam dunia investasi. Dan pada artikel kali ini akan menjelaskan mengenai apa itu HAKA saham. Yuk simak terus.

HAKA Saham merupakan istilah yang sering dipakai oleh investor veteran. Dan istilah ini sebenarnya berasal dari kata hajar kanan (HAKA). Biasanya HAKA digunakan sebagai strategi untuk membeli saham dengan memasang harga terbaik, yang mana umumnya terdapat pada posisi teratas kolom antrean jual (offer/ask).

Jadi sebelum itu perlu diketahui terlebih dahulu bahwa order book suatu saham biasanya mempunyai tampilan dua kolom, yaitu bid dan offer/ask. Bid ini berarti antrean suatu saham pada sisi harga pembelian. Sementara offer atau ask adalah antrean suatu saham pada sisi harga penjualan.

Sehingga HAKA Saham digunakan sebagai istilah ketika seorang investor membeli saham dengan ask price berapa pun. Ask price ini merupakan harga yang tertera di bagian kanan order book, itulah kenapa istilahnya menjadi hajar kanan. Sehingga investor ini pun bisa segera mendapat saham tanpa perlu mengantre.

Jika belajar saham untuk pemula, anda harus tahu kenapa bisa demikian. Pasalnya banyaknya penjual yang offer di harga pasar membuat transaksi dapat diselesaikan secara cepat. Biasanya investor akan melakukan HAKA seperti ini apabila yakin bahwa harga saham bakal menguat ke depannya.

HAKA Saham

Waktu yang Ideal Menerapkan HAKA

Menerapkan strategi HAKA saham tentu tidak boleh sembarangan. Seperti yang sudah disebutkan, biasanya investor melakukan hajar kanan apabila sudah yakin dengan tren arah pergerakan harga saham. Jadi anda harus mengetahui prediksi tren yang akan terjadi terlebih dahulu. Misalnya anda bisa melakukan pembelian ketika harganya sedang menguat dan tidak turun lagi.

Cara mengetahuinya yaitu melihat tanda tren bullish di pasar saham, atau jika saham sedang berada pada posisi ARA. Kedua kondisi tersebut menjadi tanda bahwa harga saham akan mengalami kenaikan. Sehingga ini menjadi waktu yang tepat bagi para investor untuk melakukan strategi HAKA.

Tips melakukan HAKA jika ingin membeli saham untuk pemula, yaitu dengan menggunakan modal yang porsinya kecil terlebih dahulu atau beli dengan cicil secara bertahap. Tujuannya adalah agar anda lebih siap menghadapi risiko volatilitas, jika terjadi koreksi normal atau retracement. Adapun caranya yaitu dengan menambah jumlah saham dengan harga yang lebih murah atau melakukan average down.

Pengertian HAKI

Selain HAKA, ada juga bahasa gaul dalam dunia saham lainnya yang memiliki arti sebaliknya yaitu HAKI (hajar kiri). HAKI adalah strategi menjual saham dengan memasang harga di bawah harga pasar pada kolom offer, atau menggunakan harga terendah sesuai dengan angka bid yang tertinggi. Sehingga harga saham ini dapat terjual tanpa perlu mengantre terlebih dahulu.

Sebagian besar investor melakukan HAKI seperti itu apabila sudah yakin bahwa harga saham yang akan dijual mulai sulit untuk naik. Karena sulit mengalami kenaikan harga, maka saham langsung ditawarkan sesuai dengan harga pasar atau bahkan harga yang lebih murah supaya cepat terjual.

Waktu yang Ideal Menerapkan HAKI

Sama seperti HAKA, menerapkan strategi HAKI pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Diperlukan pengamatan yang cermat untuk mengambil langkah hajar kiri supaya anda tidak sampai rugi. Pastikan anda sudah yakin bahwa saham yang akan dijual memang harganya sulit untuk naik di pasar. Dengan begitu anda tidak akan terjebak kondisi ARB dan mengalami rugi.

Dalam hal ini, diperlukan analisis teknikal yang harus dapat menunjukkan tren harga saham mulai turun di pasar. Analisis juga sebaiknya menunjukkan saham berpotensi terkoreksi dengan harga yang sulit naik kembali. Apabila anda menemukan kondisi saham untuk pemula yang seperti itu, maka HAKI alias hajar kiri bisa dilakukan.

Jadi, sudah tahu bukan artinya HAKA dan HAKI ? Bahasa gaul ini sering dipakai oleh para investor, sehingga anda tidak perlu bingung apabila ikut berdiskusi dengan investor lainnya. Jika ingin turut menerapkan HAKA atau HAKI, pastikan anda sudah yakin terkait tren saham di pasar modal. Dengan begitu strategi investasi yang dilakukan akan membawa keuntungan dan tidak membuat rugi.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00