Inilah 6 Alasan Perusahaan Induk Membuat Merek Dagang Baru

by Minsya
5 minutes read

Perusahaan induk, sering disebut sebagai holding company, adalah entitas yang memiliki sejumlah anak perusahaan atau investasi dalam berbagai sektor bisnis. Salah satu strategi yang sering digunakan oleh perusahaan induk adalah menciptakan produk dengan merek dagang baru. Tindakan ini mungkin terlihat aneh pada pandangan pertama, mengingat mereka bisa saja menggunakan merek yang sudah ada untuk meluncurkan produk baru. Namun, ada alasan yang kuat di balik keputusan ini. Artikel ini akan menjelaskan mengapa perusahaan induk menciptakan produk dengan merek baru.

1. Diversifikasi Portofolio Bisnis

Salah satu alasan utama mereka menciptakan produk dengan merek dagang baru adalah untuk diversifikasi portofolio bisnis mereka. Diversifikasi adalah strategi yang penting dalam dunia bisnis karena dapat membantu mengurangi risiko. Dengan memiliki anak perusahaan yang beroperasi di berbagai sektor dan produk dengan merek yang berbeda, perusahaan induk dapat mengurangi risiko yang terkait dengan perubahan pasar atau perubahan kebijakan pemerintah di salah satu sektor tersebut.

Misalnya, sebuah perusahaan induk yang awalnya berfokus pada industri makanan mungkin memutuskan untuk menciptakan produk dengan merek baru di sektor teknologi. Dengan cara ini, mereka tidak hanya tergantung pada kinerja bisnis makanan mereka, tetapi juga memiliki kesempatan untuk mendiversifikasi pendapatan mereka melalui sektor teknologi yang mungkin memiliki potensi pertumbuhan yang lebih besar.

2. Branding yang Terpisah

Membuat produk dengan merek dagang baru juga memungkinkan perusahaan induk untuk memisahkan branding dan identitas merek antara produk-produk mereka. Ini dapat bermanfaat jika produk yang ada di bawah merek yang sudah ada tidak relevan atau kurang cocok dengan produk baru yang akan diluncurkan.

Misalnya, sebuah perusahaan induk yang sudah terkenal dalam produksi makanan sehat mungkin ingin memasuki pasar camilan yang tidak sehat. Dalam hal ini, menciptakan merek baru untuk camilan tersebut dapat membantu mereka memisahkan citra positif merek makanan sehat dengan produk yang kurang sehat.

Perusahaan Induk
freepik.com

3. Target Pasar yang Berbeda

Setiap produk memiliki target pasar yang berbeda. Menciptakan produk dengan merek baru memungkinkan perusahaan induk untuk menyasar segmen pasar yang berbeda tanpa mengganggu eksistensi merek yang sudah ada. Ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih sesuai dengan karakteristik dan preferensi pelanggan dalam segmen pasar baru tersebut.

Contohnya, sebuah perusahaan induk yang awalnya menghasilkan peralatan olahraga mungkin ingin memasuki pasar pakaian kasual. Dengan menciptakan merek baru untuk pakaian kasual, mereka dapat lebih mudah menjangkau konsumen yang berbeda, dengan pesan-pesan pemasaran yang sesuai untuk segmen pasar ini.

4. Lindungi Merek yang Sudah Ada

Dalam beberapa kasus, perusahaan induk mungkin ingin melindungi merek yang sudah ada dengan tidak menghubungkannya langsung dengan produk baru yang diluncurkan. Ini dapat terjadi jika produk baru memiliki risiko yang lebih tinggi atau kontroversi yang mungkin merusak reputasi merek yang sudah ada.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan induk yang memiliki merek ternama dalam industri otomotif mungkin memutuskan untuk meluncurkan mobil listrik dengan teknologi yang belum terbukti. Dalam hal ini, mereka dapat menciptakan merek baru untuk mobil listrik tersebut, sehingga jika ada masalah atau kegagalan, reputasi merek otomotif mereka tetap terlindungi.

5. Manajemen Risiko Finansial

Membuat produk dengan merek baru juga dapat berhubungan dengan manajemen risiko finansial. Jika produk baru mengalami kerugian atau kegagalan, perusahaan induk dapat lebih mudah mengisolasi kerugian tersebut daripada jika produk tersebut diluncurkan di bawah merek yang sudah ada. Ini memungkinkan mereka untuk menjaga stabilitas keuangan perusahaan induk secara keseluruhan.

6. Inovasi dan Kreativitas

Terakhir, menciptakan produk dengan merek dagang baru juga dapat mendorong inovasi dan kreativitas di dalam perusahaan. Ini memberikan tim pengembangan produk kesempatan untuk berpikir out of the box dan menciptakan sesuatu yang benar-benar baru tanpa terbatas oleh ekspektasi yang terkait dengan merek yang sudah ada.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, inovasi adalah kunci untuk memenangkan persaingan. Dengan menciptakan produk dengan merek baru, perusahaan induk dapat menginspirasi tim mereka untuk menciptakan produk yang lebih baik dan lebih inovatif.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Achmad Abdul Arifin: Seorang Trader Saham Syariah yang Mempunyai Motto "Menjadi Tak Terlihat dan Melampauinya"

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00