PT United Tractors Tbk (UNTR): Profil dan Sejarah Singkat

by Minsya
4 minutes read

PT United Tractors Tbk (UNTR) ialah perusahaan distributor tunggal alat berat Komatsu yang ada di Indonesia. Sejak tahun 1989, perusahaan berhasil menjadi perusahaan dengan saham di Bursa Efek Indonesia. Kini, perusahaan telah berkembang sebagai salah satu pelopor di industri dan sektor lokal. Hal ini karena sebelumnya telah mengalami berbagai rintangan sebagai berikut.

Profil Perusahaan United Tractors

Sesuai dengan anggaran dasar perusahaan, kegiatan usahanya berfokus pada penjualan serta penyewaan alat berat atau mesin kontruksi, pembuatan mesin dan alat berat,  pelayanan purna jual, penambangan, kontraktor penambangan, perakitan, rekayasa, pembuatan kapal serta jasa perbaikannya, penyewaan kapal dan angkutan pelayaran.

Ruang lingkup usahanya juga meliputi konstruksi, pembangkit listrik, serta perikanan. Seiring berkembanganya ruang lingkup usahanya, UNTR membutuhkan beberapa anak perusahaan untuk mengelola ranah usahanya. Anak-anak perusahaannya didirikan dengan mengakuisisi dari perusahaan lain.

Ada 10 anak perusahaan yang berada di bawah naungan UNTR yaitu PT Komatsu Indonesia Tbk (KI), P PT Pamapersada Nusantara (Pama), PT United Tractors Pandu Engineering (UTE), PT Bina Pertiwi, PT Andalan Multi Kencana, PT United Tractors Semen Gresik, UT Heavy Industry (S) Pte Ltd, PT Komatsu Remanufacturing Asia, PT Tuah Turangga Agung dan PT Harmoni Kawan Utama.

Sebagai perusahaan profersional dan berpengalaman, UNTR berhasil meraih berbagai penghargaan. Di antara tahun 2009 hingga 2010, perusahaan telah meraih 20 penghargaan yang cemerlang dimana ada 7 penghargaan di tahun 2009 dan sebanyak 13 penghargaan diraihnya pada tahun 2010.

United Tractors

Sejarah Singkat Perusahaan United Tractors

Perusahaan mulai mencetak sejarahnya pada tahun 13 Oktober 1972. Satu tahun kemudian, perusahaan menjalankan kegiatan usahanyasebagai distributor Tunggal alat berat Komatsu, Sumitomo Link Belt dan Tadano Crane. Kegiatan usahanya di bidang distribusi semakin berkembang pada 1947. Hal ini terjadi ketika perusahaan menjadi distributor tunggal untuk stum Bomag dan forklift.

10 tahun kemudian, UNTR mendistribusikan alat berat Komatsu dengan mendirikan PT Komatsu Indonesia. Perusahaan inilah yang hadir sebaagi produsen sekaligus assembler alat berat Komatsu yang ada di Indonesia.berada di PPT UT. Cakung, PT Komatsu Indonesia memanfaatkan teknologi Komatsu Ltd dari Jepang.

Pada tahun 1983 hingga 1984, PT United Tractors Pandu Engineering (UTE) dan PT Pandu Dayatama Patria (PDP) didirikan sebagai 2 anak perusahaan UNTR. UTE menjalankan kegiatan usahanya pada pengelolaan produksi truk pengangkut serta perlatan transportasi. Untuk PDP, kegiatan usahanya memproduksi mesin serta komponen hidrolik.

PT United Tractors Tbk (UNTR) hadir secara go public pada tahun 1989 ketika 50,05% sahamnya dijual bebas. Kemudian, sisanya dimiliki oleh PT Astra International Tbk. Di tahun 1990, 60% saham dari perusahaan tambang batu bara di Kalimantan Timur bernama PT Bearau Coal diakuisisi .

UNTR menghadapi gempuran zaman dengan terus dinamis dan berusaha berdiri semakin kokoh di tengah persaingan bisnis di tanah air. Di tahun 1992, perusahaan bekerja sama dengan PT Semen Gresik untuk mendirikan PT United Tractors Semen Gresik. Tidak hanya itu, perusahaan Sunray. Pte. Ltd didirikan di Singapura untuk mengelola kegiatan jasa ekspor impor.

Satu tahun kemudian, PT United Tractors Tbk (UNTR) mendirikan Heavy Industry Ptd. Ltd di Singapura untuk mendistribusi alat-alat berat. Akhirnya, pada tahun 1995, Komatsu Indonesia hadir go public. Bekerja sama dengan Komatsu Asia Pacific Pts. Ltd, Komatsu Remanufacturing Asia di Balikpapan didirikan.

Pada tahun 2004, perusahaan telah ditunjuk sebagai distributor resmi untuk produk Scania. Selain kegiatan akuisisinya yang digencarkan, perusahaan mulai membentuk lini bisnis ketiga yaitu pertambangan pada tahun 2014. Setahun kemudian, lini bisnis keempat dibentuk berupa industri konstruksi. Hal ini diiringi dengan akuissi PT Acset Indonusa.

Pada tahun 2017, UNTR membentuk lini bisnisnya yang kelima yaitu energi melalui PT Bhumi Jati Power. Dua tahun kemudian, lini bisnis pertambangan emas yang dijalankan PTAR dibentuk. Lima tahun kemudian, perusahaan mendiversifikasi usahanya dengan pengembangan di sektor nikel.

Itulah penjelasan mengenai profil dan sejarah PT United Tractors Tbk (UNTR) yang menarik dipelajari. Sebelum menjadi perusahaan yang berperan utama dalam industri dan segmen dalam negeri, UNTR memiliki berbagai pengalaman yang tidak dapat disepelekan dengan kegiatan ekspansinya.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00