PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) Profil dan Sejarahnya

by Minsya
4 minutes read

PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) ialah industri yang bergerak dalam kegiatan layanan multimedia, komunikasi dan hiburan. Dengan penyiaran televisi FTA melalui entitasnya, perusahaan memiliki saluran TV terbesar di Indonesia. Untuk mengetahui penjelasan lebih dalam mengenai sejarahnya, simak penjelasan di bawah ini.

Profil dari Perusahaan Surya Citra Media

Industri media ialah salah satu bidang usaha yang berkembang paling cepat dan pesat di Indonesia. Sehingga, keberadaannya tidak lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia sehari-harinya. Maka dari itu, SCMA giat menyediakan tayangan, program, konten, serta layanan di segmen media.

Media yang ditawarkan tentunya bermakna sehingga mampu memperkaya hidup audiensi Indonesia. Perusahaan ini memiliki Surya Citra Televisi atau SCTV, Indosiar Visual Mandiri atau INDOSIAR sebagai media saluran TV nasional terbesar di Indonesia. Dalam hal ini, perusahaan selalu mengasah kreativitasnya dalam menghadirkan tayangan yang menghibur dan informatif.

PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) ini juga memperluas pelayanannya dengan pembuatan konten berkualitas, manajemen artis, jasa periklanan, dan manajemen fasilitas siaran dan produksi film yang saling berhubungan. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman hiburan serta tayangan terbaik kepada masyarakat sekaligus memajukan industri media lokal.

surya citra

Sejarah dari Surya Citra Media

PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) mulai mencetak sejarahnya pada tanggal 29 Januari 1999 dengan awal berdirinya. Mulanya, perusahaan ini bernama PT Cipta Aneka Selaras yang bergerak di bidang usaha termasuk layanan multimedia, komunikasi dan hiburan khususnya di bidang pertelevisian.

Di tahun 2001, perusahaan mengubah namanya menjadi PT Surya Citra Media. Setahun kemudian, saham PT Surya Citra Televisi diambil alih dengan saham kepemilikan sebesar 99,99%. Tepatnya pada tanggal 16 Juli 2002, PT Surya Citra Media mencatat saham perdananya secara resmi di Bursa Efek Indonesia.

Adapun kepemilikan sahamnya menjadi milik PT Abhimata dan PT Mitrasari dengan masing-masing sebesar 40% dan sisanya dimiliki publik. Pada tahun 2010, PT Surya Citra Pesona mulai terjun menyiarkan saluran televisinya di wilayah Gorontalo. Tiga tahun kemudian, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) gabung dengan PT Indosiar Karya Mandiri Tbk.

Masih di tahun yang sama, bersama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau perusahaan induk, perusahaan menandatangani Akta Jual Beli serta Pengalihan Hak atas Saham 51% yang telah ditempatkan serta disetorkan dalam PT Screenplay Produksi secara penuh. Setahun kemudian, perusahaan sub holding di bidang konten didirikan dengan nama PT Indonesia Entertainment Grup.

Perusahaan sub holding ini memiliki sejumlah anak perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan dan pemasaran konten, rumah produksi, serta infrastruktur. Di tanggal 23 Januari 2017, melalui entitas anak, PT Indonesia Entertainmen Grup melakukan kegiatan akuisisi saham dari PT Sinemart Indonesia sebesar 80%.

Dua tahun berikutnya, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) mengakuisisi saham sebesar 99% dari PT Vidio Dot Com, saham sebesar 50% plus 1 saham dari PT Kapanlagi Dot Com serta saham 99% dari PT Binary Ventura Indonesia. Saham sebesar 51% dari PT Mediatama Televisi (Parabola) dimilikinya pada tahun 2019.

Hingga tahun 2022, perusahaan memiliki 14 anak perusahaan yakni PT Indonesia Entertainmen Grup (IEG), PT Surya Citra Televisi (SCTV), PT Vidio Dot Com (Vidio), PT Indosiar Visual Mandiri (Indosiar), PT Kapanlagi Dot Com Networks (KLY), Whisper Media Pte. Ltd, PT Benson Media Kreasi (Samara Live), PT Mediatama Televisi (Nex Parabola) dan PT Screenplay Produksi.

Anak perusahaan lainnya yaitu PT Binary Ventura Indonesia, PT Whisper Media, PT Surya Trioptima Multikreasi (Stream Entertainment), PT Surya Media Citra Prima dan PT Surya Citra Pesona. Namun, PT Surya Media Citra Prima dan PT Surya Citra Pesona masih belum beroperasi pada tahun tersebut. PT Bangka Television ialah mantan anak usaha SCMA yang telah ditutup pada tahun 2020.

PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) ialah perusahaan media yang memiliki 2 saluran televisi terkenal di Indonesia. Dengan berbagai konten hiburan yang menarik dan informatif, perusahaan ini menjadi salah satu yang terdepan di dunia entertainment Indonesia. Tidak heran jika namanya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00