6 Tips Beli Saham untuk Pemula Supaya Tetap Untung

by Minsya
4 minutes read

Investasi menjadi salah satu cara yang dapat ditempuh untuk memperoleh pendapatan pasif dan sebagai bekal di masa depan. Dimana saat ini ada banyak orang mencoba melakukan investasi saham. Jika anda tertarik bergabung di pasar modal, berikut tips beli saham untuk pemula yang dapat diterapkan supaya tetap untung dan tidak sampai merugi.

1. Memastikan Legalitas dan Kualitas

Sebelum membeli saham dari emiten, sebaiknya anda memastikan terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia. Selain itu, anda yang mencari saham syariah juga harus memastikan apakah sekuritas telah disetujui oleh DSN-MUI (Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia).

Kemudian jangan lupa mencari tahu terkait latar belakang perusahaan, pemegang saham, serta manajemen perusahaan tersebut. Cermati seperti apa sepak terjang emiten di pasar modal dan apakah pernah terkena kasus besar atau tidak. Sehingga nantinya anda dapat melihat apakah sekuritas sesuai dengan profil anda, sebelum membeli sahamnya.

2. Memilih Posisi Trader atau Investor

Tips beli saham untuk pemula berikutnya yaitu dengan memilih posisi trader atau investor. Apabila anda mengharapkan keuntungan dari investasi jangka pendek, maka anda dapat memutuskan untuk menjadi trader. Adapun keuntungannya nanti diperoleh dari selisih harga jual dikurangi harga beli.

Sementara anda yang ingin melakukan investasi jangka panjang, dapat memilih menjadi investor. Sehingga anda dapat mengambil keuntungan di waktu yang cukup lama, baik melalui capital gain maupun dividen yang dibagikan oleh perusahaan. Tentunya anda perlu melihat dari segala sisi dan pikirkan secara hati hati sebelum memutuskan hal ini.

tips beli saham
pixabay.com

3. Memperhatikan Biaya Transaksi

Ketika ingin membeli saham, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa sekuritas memperoleh pendapatan utama dari nasabah melalui beban atau fee transaksi. Dimana saat ini beban beli-jual sekuritas berada pada rentang 0,15%-0,25% hingga 0,25%-0,35%. Itu berarti nasabah akan dibebankan fee beli 0,15% dari nilai saham untuk yang beban transaksinya rendah.

Sementara untuk fee jual dibebankan 0,25% dari nilai saham yang dijual. Jadi sebaiknya anda memperhatikan hal ini terlebih dahulu. Akan lebih baik apabila memilih sekuritas dengan menyesuaikannya terhadap kebutuhan anda. Bagi saham untuk pemula, ada baiknya cari yang membebankan biaya paling murah dalam rangka belajar investasi.

4. Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan

Fasilitas transaksi sekuritas saat ini ada banyak sekali macamnya. Jadi tidak ada salahnya memperhatikan hal tersebut sebelum membeli saham. Dengan begitu, anda akan merasa lebih nyaman dan mudah saat harus berinvestasi ke depannya. Dalam hal ini, beberapa sekuritas telah menghadirkan fasilitas seperti aplikasi online, web, dan mobile.

Dimana masing masing mempunyai kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Secara umum, aplikasi web adalah yang paling standar dari setiap versi, aplikasi mobile cenderung lebih sederhana, dan aplikasi online biasanya adalah versi yang paling lengkap. Anda bisa memilih platform yang paling sering digunakan atau pilih sekuritas yang mempunyai seluruh fasilitas transaksi tersebut.

5. Pilih Saham dengan Indeks IDX30 dan LQ45

Pada BEI (Bursa Efek Indonesia) ada yang namanya indeks saham. Indeks saham tersebut berguna sebagai ukuran statik perubahan gerak saham, yang mana pengelompokannya dilakukan dengan kriteria tertentu. Jika ingin memperoleh keuntungan yang menjanjikan, maka disarankan memilih saham dengan indeks IDX30 dan LQ45.

Kedua indeks saham tersebut mempunyai fundamental perusahaan yang baik serta likuiditas cukup tinggi. Biasanya saham yang termasuk pada indeks unggulan ini disebut dengan istilah blue chip. Bagi anda yang mencari saham untuk pemula berbasis syariah, bisa juga dengan mengecek JII (Jakarta Islamic Index) yang merupakan indeks saham syariah.

6. Hindari Hutang (Margin)

Maraknya masyarakat yang berbondong bondong melakukan investasi saham mungkin membuat anda ingin segera ikut melakukannya. Namun sebaiknya jangan terlena untuk melakukan investasi apabila sedang tidak memiliki modal.

Dan jangan jadikan hutang sebagai solusi supaya dapat bermain saham. Karena ini justru akan menimbulkan risiko dan membuat anda tidak kunjung memperoleh keuntungan.

Demikian beberapa tips beli saham yang dapat diberikan apabila anda berencana terjun ke pasar modal dan melakukan investasi saham. Sebagai pemula, sebaiknya jangan membeli saham secara asal. Namun penting untuk mempelajari bagaimana cara investasi yang baik terlebih dahulu. Kemudian mulai dengan investasi yang ringan dan saham yang sudah terjamin potensinya.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00