5 Keuntungan Membeli Saham IPO Untuk Pemula

by adminsysa
4 mins read

IPO atau initial public offering merupakan salah satu aksi korporasi yang banyak dilakukan oleh perusahaan. Biasanya ini dilakukan sebagai cara untuk memperoleh dana segar dari masyarakat untuk ekspansi usaha maupun membiayai operasional bisnis. Para investor umumnya banyak yang tertarik membeli saham IPO. Sehingga anda yang belajar saham untuk pemula sebaiknya memahaminya.

Apa Itu Saham IPO?

Karena investasi saham sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat modern, sepertinya istilah IPO cukup tidak asing di telinga. Namun beberapa dari anda mungkin belum sepenuhnya paham apa sebenarnya yang dimaksud dengan IPO tersebut. IPO atau initial public offering merupakan penawaran saham perdana yang dilakukan oleh suatu perusahaan di BEI.

Jadi bedanya dengan penawaran saham lainnya yaitu IPO adalah penawaran pertama, ketika perusahaan secara resmi menjadi emiten di bursa efek. Sehingga IPO ini pun dapat menjadi penanda bahwa perusahaan tersebut sudah menjadi PT (Perusahaan Terbuka). Dimana data keuangannya berarti dapat diakses oleh publik tempat perusahaan mendaftarkan sahamnya.

Keuntungan Membeli Saham IPO

1. Harga Saham Telah Ditetapkan

Bagi yang ingin membeli saham untuk pemula, sebaiknya mengetahui keuntungan apa saja yang akan diperoleh jika membeli saham IPO. Adapun salah satunya yaitu harga saham telah ditetapkan di awal penasaran. Jadi anda sebagai investor tidak perlu khawatir ketinggalan dan membeli saham di harga mahal apabila mengalami kenaikan.

2. Memperoleh Saham di Harga Murah

Anda akan sangat diuntungkan dari adanya saham IPO apabila ingin mengoleksi saham saham di harga yang murah. Sebab aktivitas go public ini umumnya memberikan kesempatan bagi para investor untuk memperoleh saham di harga terjangkau. Tentunya anda tetap perlu mempertimbangkan fundamental perusahaan. Sebab ada pula emiten yang kinerjanya merosot setelah go public.

3. Berpotensi Profit pada Hari Pertama Listing

Pergerakan saham IPO pada hari pertama listing di bursa umumnya berpotensi meningkat signifikan. Itu karena banyak investor yang tertarik mendapatkan saham dengan harga murah, khususnya untuk perusahaan yang memang namanya sudah terkenal dengan kinerja apik. Oleh karena itu, saham ini pun berpotensi profit besar di hari pertama listing. Cocok sekali sebagai saham untuk pemula.

membeli saham IPO

4. Menikmati Pertumbuhan Dividen Sejak Dini

Banyak perusahaan yang melakukan IPO guna memperoleh pendanaan untuk melakukan ekspansi bisnis. Apabila ekspansi yang dilakukan sukses, tentunya laba perusahaan pun akan semakin besar. Alhasil anda yang telah membeli saham IPO pun akan ikut merasakan dividen sejak dini berkat hal tersebut. Apalagi bukan tidak mungkin jika dividen ini bertambah besar seiring laba yang tinggi.

5. Saham dapat Dijual dengan Cepat

Melihat minat investor yang tinggi terhadap saham IPO, anda pun bisa menjual saham ini dengan cepat setelah membelinya. Bahkan di hari pertama listing ketika nilai saham melejit, anda sudah bisa menjual saham tersebut untuk mendapat keuntungan. Saham IPO ini bisa dijual kapan saja.

Cara Membeli Saham IPO

Tertarik membeli saham IPO ? Anda bisa melakukannya paling mudah melalui situs e-IPO. Dan untuk membelinya, maka anda perlu memiliki rekening saham dan melakukan registrasi akun terlebih dahulu di e-IPO tersebut. Syarat mendaftar di e-IPO sendiri yaitu melengkapi KTP/paspor, mengisi data pribadi, dan SID.

Anda bisa langsung melakukan pendaftaran melalui menu registrasi, dan gunakan alamat email untuk registrasi ini. Isi tipe investor, apakah individual atau institusi. Kemudian isi semua data anda dengan benar dan lanjutkan melakukan autentikasi melalui email yang didaftarkan.

Klik link tautan autentikasi email dan masukkan OTP. Buat password anda, klik +Broker dan pilih SID. Nomor SID ini umumnya dapat dilihat di akun profil platform online trading yang anda gunakan. Setelah itu isi kolom participant dengan nama sekuritas tempat anda terdaftar. Tunggu verifikasi dari broker, dan jika sudah approval maka anda bisa melakukan order saham untuk pemula.

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, tidak heran apabila banyak investor yang tertarik membeli saham IPO. Sehingga saham IPO seperti ini cocok sekali untuk para pemula. Meskipun begitu, sebaiknya anda juga harus mencari tahu terlebih dahulu bagaimana kinerja perusahaan sejauh ini sebelum memutuskan untuk membeli saham.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment