5 Istilah Penting yang Perlu Dipahami Saat Belajar Saham

by adminsysa
4 mins read

Dunia saham memang bukan hal yang baru dan banyak diminati berbagai kalangan untuk melebarkan bisnis. Bahkan tidak jarang banyak kalangan muda yang ingin belajar tentang teori saham sejak dini. Ingin belajar saham untuk pemula? Berikut adalah beberapa istilah dalam dunia saham untuk para pemula yang wajib diketahui, apa saja istilah tersebut?

Istilah Wajib yang Harus Diketahui Dalam Belajar Saham

1. Bursa efek

Ingin masuk dan belajar tentang saham? Sebelum terjun ke pasar saham maka anda harus mengetahui beberapa istilah penting tentang saham agar tahu fungsinya. Salah satunya adalah bursa efek. Bursa efek atau bursa saham ini bisa dikatakan sebagai lokasi pasar yang akan membantu menemukan antara penjual dan pembeli saham nantinya. 

Sehingga bursa efek ini akan mempunyai peran yang sangat penting untuk menunjang proses jual beli saham yang akan dilakukan. Belajar saham bisa dilakukan bahkan sejak dini. Peluang bisnis dalam investasi saham cukup menjanjikan sehingga banyak orang yang tertarik untuk belajar saham dan mengenali istilah pentingnya terlebih dahulu.

2. Rekening Dana Nasabah

Istilah lainnya yang harus anda pahami saat ingin main saham untuk pemula adalah Rekening Dana Nasabah atau RDN. Pada dasarnya RDN ini mempunyai fungsi yang hampir sama seperti rekening nasabah pada umumnya. RDN akan menjadi lokasi tempat melakukan transaksi jual beli yang akan terjadi di pasar modal. 

RDN ini kemudian akan dibantu dibuka oleh perantara pedagang efek atau pihak lain yang ditunjuk. Sehingga bila anda menjadi nasabah RDN maka anda akan bisa lebih mudah dalam malakukan monitor saldo dengan langsung. Hal ini karena pada proses pencatatan dana milik nasabah akan dilakukan secara terpisah dengan dana yang ada di perusahaan efek

Belajar saham

3. Sekuritas

Istilah dalam dunia saham yang sering ditemukan dan harus dipahami lainnya adalah sekuritas. Sekuritas atau perusahaan sekuritas ini merupakan sebuah instrumen keuangan yang menjadi milik sesorang yang akan melakukan investasi saham. Mudahnya, bila bursa efek adalah pasar maka perusahaan sekuritas ini adalah tokonya. 

Sehingga peran dari perusahaan sekuritas ini akan menjadi seperti toko yang akan menyediakan berbagai macam pilihan produk yang bisa dipilih. Produk tersebut akan berkaitan dengan saham. Untuk menjadi perusahaan sekuritas ini juga tidak mudah dan harus mendapatkan ijin dan sertifikasi langsung dari OJK. 

4. Initial Public Offering (IPO)

Istilah saham untuk pemula lainnya yang harus anda pahami lainnya adalah Initial Public Offering atau sering dikenal dengan IPO. IPO merupakan suatu bentuk penawaran umum yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan. Perusahaan tersebut akan bertugas untuk menawarkan atau menjual saham kepada masyarakat luas dengan lebih aman. 

Pada dasarnya IPO adalah sebuat masa atau waktu yang akan dilakukan oleh perusahaan yang akan masuk ke bursa saham pertama kali, baik bursa saham yang dilakukan di Indonesia atau BEI. Dengan adanya IPO ini akan menjadi suatu penanda bahwa sebuah perusahaan swasta tersebut akan menjadi perusahaan publik. Sehingga istilah IPO disebut juga go public.

5. Dividen

Istilah berikutnya yang harus anda pahami dalam dunia saham adalah dividen. Istilah ini merupakan salah satu istilah penting dalam dunia saham karena berkaitan dengan keuntungan. Dividen bisa dikatakan sebagai suatu sitem pembagian keuntungan yang diperuntukkan bagi pemegang saham dan jumlah keuntungannya akan tergantung besar investasi masing masing.

Bila anda berinvestasi saham untuk pemula, maka secara tidak langsung anda juga salah satu pemegang saham perusahaan tersebut. Sehingga bila perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan atau laba, maka keuntungan tersebut akan dibagi ke pemegang sahamnya. Nominal laba tersebut akan disesuaikan dengan besaran investasi saham yang dilakukan. 

Itu dia beberapa istilah dalam saham yang harus anda ketahui. Dunia saham memang menarik dan menjadi peluang tersendiri untuk anda mendapatkan pemasukan alternatif. Dengan belajar tentang saham sejak dini maka anda juga tidak akan ketinggalan tentang bagaimana jalannya saham di era modern saat ini, dan bisa membaca peluang saham lebih baik. 

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment