4 Cara Mudah Melihat Harga Saham, Pemula Wajib Tahu!

by Minsya
5 minutes read

Dewasa ini, minat masyarakat Indonesia untuk melakukan investasi saham terus meningkat. Jika anda pun tertarik investasi saham untuk pemula, maka akan lebih baik apabila mengetahui daftar harga saham perusahaan yang telah terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Bagaimana cara melihat harga saham? Yuk simak ulasannya berikut.

1. Cara Melihat Harga Saham Hari Ini di IDX

BEI atau IDX (Indonesia Stock Exchange) merupakan pihak yang menyelenggarakan sekaligus menyediakan sistem penawaran jual dan beli efek. BEI pun mengeluarkan laporan keuangan IDX yang berkaitan dengan informasi para emiten, termasuk harga saham. Akan tetapi, harga saham yang ditampilkan dalam laporan keuangan tersebut bukanlah harga saham harian, melainkan kuartal atau tiga bulan.

Meskipun begitu, anda tetap bisa melihat harga saham harian, harga tertinggi, harga terendah, maupun harga penutupan yang tercatat selama kuartal tersebut. Caranya yaitu dengan masuk ke laman resmi IDX, kemudian pilih menu Data Pasar dan klik Ringkasan Saham. Silahkan tentukan tanggal laporan dan filter yang diinginkan.

Seperti kode saham, nama perusahaan, nilai tertinggi, terendah, dan penutupan. Selanjutnya klik Cari dan unduh data yang keluar dalam file PDF. Karena update di website Bursa Efek Indonesia secara real time, memang cara ini bisa dibilang yang paling mudah. Namun cara melihat harga saham untuk pemula juga bisa dilakukan melalui sumber lain, seperti aplikasi trading yang telah terdaftar di OJK.

2. Cara Melihat Harga Saham Melalui Google

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa anda bisa juga melihat harga saham melalui sumber lain selain IDX. Sebab di area modern dimana perkembangan teknologi begitu pesat seperti sekarang, berbagai informasi bisa diakses dengan langkah yang mudah. Jika ingin mencari cara melihat harga saham yang tidak kalah praktis, maka Google adalah jawabannya.

Bahkan hampir semua orang selalu mengakses Google ketika membutuhkan sebuah informasi tertentu. Sebab caranya mudah dan tentunya gratis. Hanya saja, kekurangannya adalah anda harus puas dengan melihat satu per satu indeks saham. Karena data yang tersaji adalah data mendetail untuk satu kode saham, bukan berbentuk tabel beberapa saham sekaligus.

Adapun caranya yaitu anda cukup mengetik keyword saham yang ingin dicari tahu harganya. Google nantinya akan menampilkan informasi lengkap mengenai saham yang anda cari pada halaman teratas. Bahkan anda juga bisa melihat histori harga saham yang cukup lengkap dari emiten yang dicari. Ketika mencari saham untuk pemula, keyword yang digunakan bisa diolah kembali asalkan memiliki korelasi.

Melihat Harga Saham

3. Cara Mengetahui Naik atau Turunnya Harga Saham

Ketika ingin membeli saham, anda tidak boleh hanya terpaku pada harga harian di tanggal tertentu saja. Melainkan anda juga perlu mengetahui apakah harga saham tersebut naik atau turun dari waktu ke waktu. Cara mengetahui dan menganalisisnya yaitu bisa melalui IDX, atau bahkan dari mesin pencari seperti Google.

Namun jika menggunakan Google, perubahan harga yang ditampilkan bukan untuk keseluruhan emiten yang terdaftar di BEI, melainkan hanya ditampilkan untuk satu emiten tertentu. Jika memilih menganalisis melalui website IDX, anda bisa pilih perusahaan di kolom yang terletak di bagian atas.

Pada sub-bagian, jangan lupa memilih profil perusahaan tercatat. Berikutnya anda bisa melakukan pencarian berdasarkan saham dengan cara mengetik kode nama emiten yang diinginkan. Klik cari, dan coba klik nama perusahaan di bagian bawah. Terakhir, pilih info perdagangan supaya harga beberapa hari ke belakang ditampilkan sampai hari pengecekan. Sehingga anda bisa melihat naik turunnya harga saham.

4. Cara Melihat Indeks Harga Saham Gabungan

Bagi yang sedang mempelajari saham untuk pemula, penting pula untuk mengetahui cara melihat indeks harga saham gabungan. Indeks harga saham gabungan atau IHSG merupakan pergerakan rata rata harga saham seluruh perusahaan yang tercatat di IDX. Dan ditandai dengan nama Composite pada laman resmi IDX.

Jika IHSG meningkat maka dapat disimpulkan bahwa rata rata harga saham perusahaan yang terdaftar di IDX sedang mengalami kenaikan, begitu pun sebaliknya. Untuk melihat harga saham gabungan, anda bisa langsung melihatnya pada tampilan depan dari laman IDX. Tepatnya yaitu di bagian paling atas pada kolom Ikhtisar Pasar. Pilih indeks gabungan atau composite yang ada di kolom pertama.

Sampai sini, sudah tahu cara melihat harga saham ? Tentunya bukan hanya sekadar melihat harga hari ini. Namun anda juga perlu mengetahui cara melihat naik turunnya harga sampai harga saham gabungan. Dengan begitu, anda bisa melakukan analisis untuk mengetahui apakah ini waktu yang pas untuk membeli atau menjual. 

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00