SBSN Seri SR020: Simak 7 Keuntungan Investasi Syariah Disini

by Minsya
5 minutes read

SBSN Seri SR020? Produk Apa sih Ini?
Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan instrumen keuangan yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia dengan prinsip-prinsip syariah. SBSN merupakan salah satu produk investasi yang memungkinkan investor untuk berpartisipasi dalam pengembangan ekonomi negara sambil mematuhi prinsip-prinsip agama Islam. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang SBSN, mulai dari definisi hingga manfaatnya bagi investor.

SBSN adalah surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia dengan mematuhi prinsip-prinsip syariah. Instrumen ini sering disebut juga sebagai obligasi syariah atau sukuk negara. SBSN memiliki struktur yang sesuai dengan hukum Islam dan memberikan keuntungan kepada investor tanpa melanggar prinsip-prinsip syariah seperti larangan riba (bunga), maysir (judi), dan gharar (ketidakjelasan).

SR020
https://www.djppr.kemenkeu.go.id/sukukritel

Jenis SBSN

Ada beberapa jenis SBSN yang dapat diterbitkan oleh pemerintah Indonesia, antara lain:

  1. Sukuk Tabungan: SBSN ini diterbitkan untuk membiayai proyek-proyek pembangunan nasional dan kebutuhan anggaran pemerintah.

  2. Sukuk Wakaf: Diterbitkan untuk membiayai proyek-proyek yang berkaitan dengan wakaf dan kegiatan amal lainnya.

  3. Sukuk Investasi Infrastruktur: Diterbitkan untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan bandara.

SBSN Seri SR020

Dalam perkembangan terkini, pemerintah telah memperkenalkan peluang investasi syariah terbaru melalui peluncuran Surat Berharga Syariah Negara seri SR020, yang berlangsung dari tanggal 1 Maret hingga 27 Maret 2024. Saatnya kita merasa bangga akan kontribusi investasi untuk kemajuan Tanah Air.

Pemerintah Indonesia menerbitkan SR020 dengan masa penawaran dari 1 hingga 27 Maret 2024, dengan dua pilihan tenor:

  • SR020-T3: tenor 3 tahun dengan imbal hasil fixed rate 6,30% per tahun.
  • SR020-T5: tenor 5 tahun dengan imbal hasil fixed rate 6,40% per tahun.

Keuntungan dari Kupon Fixed Rate SR020 adalah bahwa imbal hasil yang diterima oleh investor tetap stabil hingga jatuh tempo, baik untuk tenor 3 maupun 5 tahun. Anda tidak perlu khawatir akan fluktuasi pasar atau penurunan suku bunga.

Kupon akan ditransfer langsung setiap tanggal 10 setiap bulannya, memberikan Anda sumber passive income yang dapat diandalkan.

SBSN Seri SR020

Mari kita telaah 7 keuntungan investasi syariah dengan memilih untuk berinvestasi dalam SR020!

Berikut adalah alasan mengapa produk ini menjadi investasi yang menarik:

  1. Momentum Kunci Imbal Hasil Tinggi SBN Saat Suku Bunga Diproyeksi Sudah di Puncak Saat suku bunga diproyeksikan turun, kupon SR020 tetap stabil untuk 3 dan 5 tahun ke depan karena bersifat fixed rate / tetap.

  2. 100% Aman & Dijamin Negara Pembayaran pokok dan imbal hasil dijamin negara, memberikan keamanan bagi investasi Anda.

  3. Imbal Hasil Tetap di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Kupon tetap dan dibayar tiap bulan, menjadikan investasi Anda tetap stabil meskipun kondisi ekonomi fluktuatif.

  4. Dikelola Secara Syariah SR020 merupakan Surat Berharga Negara berbasis syariah sesuai fatwa Dewan Syariah Nasional MUI, cocok bagi Anda yang mencari investasi sesuai prinsip syariah.

  5. Imbal Hasil Lebih Tinggi dari Deposito dengan Pajak Lebih Rendah Dengan pajak hanya 10%, imbal hasil lebih tinggi dari deposito bank BUMN yang pajaknya mencapai 20%, memberikan keuntungan yang lebih besar bagi investor.

  6. Ada Pilihan 2 Tenor: 3 Tahun & 5 Tahun Anda dapat memilih tenor sesuai dengan tujuan investasi Anda, baik jangka menengah maupun jangka panjang hingga 5 tahun.

  7. Tradeable / Dapat Diperjualbelikan SR020 dapat diperjualbelikan di pasar sekunder sebelum jatuh tempo mulai 11 Juli 2024. Namun, perlu diingat bahwa penjualan sebelum jatuh tempo akan tergantung pada ketersediaan pembeli di pasar sekunder dan harga jualnya mengikuti harga pasar yang bisa naik atau turun.

Sudah tahu, kan, keuntungan apa saja yang akan kita dapatkan jika membeli SR020? Anda bisa ikut berpartisipasi membangun Indonesia, karena dana yang terkumpul akan digunakan untuk mendanai program-program prioritas pemerintah dalam pembangunan negara.

Mulai investasi Anda bersama MOST dan raih kesempatan memenangkan 1 lot saham BRIS dengan memilih RDN Bank Syariah Indonesia.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00