Afiliasi Itu Apa? Ini Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya

by Minsya
6 minutes read

Afiliasi (affiliate) merupakan salah satu strategi untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sosialisasi yang dilakukan secara terarah oleh individu, badan usaha, atau organisasi. Dalam kemitraan affiliate , kedua belah pihak akan saling mendapatkan keuntungan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Interaksi sosial yang terjalin dalam proses ini menciptakan hubungan yang penting dalam dunia bisnis. Istilah “affiliate” juga dapat merujuk pada dorongan atau motif yang menjadi tenaga penggerak bagi manusia dan bersifat universal.

Afiliasi merupakan upaya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mendaftarkan diri pada suatu perusahaan yang menawarkan peluang untuk memasarkan produknya kepada konsumen melalui affiliate, dengan tujuan mendapatkan keuntungan sesuai kesepakatan yang telah disepakati bersama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), affiliate merujuk pada hubungan antara anggota atau cabang suatu organisasi. Contohnya adalah kerjasama antara perusahaan dalam negeri dengan perusahaan asing di luar negeri.

Bisnis affiliate merupakan bentuk kerjasama antara individu dan perusahaan dengan tujuan memperoleh keuntungan melalui strategi pemasaran yang melibatkan penambahan tautan atau promosi di situs media sosial atau blog.

Secara sederhana, bisnis affiliate adalah cara untuk menghasilkan pendapatan dengan menjual produk atau jasa dari sebuah perusahaan yang memiliki program affiliate. Sebagai affiliate marketer, Anda akan mendapatkan komisi setelah berhasil menjual produk tersebut.

Dalam konteks pasar modal, affiliate mengacu pada hubungan antara pemegang saham utama dengan perusahaan, serta hubungan perusahaan dengan semua pihak yang memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap kegiatan usahanya.

Afiliasi
freepik.com

Cara Kerja Afiliasi

Biasanya, cara kerja program afiliasi hampir serupa dengan broker, di mana Anda tidak perlu memiliki produk atau jasa terlebih dahulu untuk menjualnya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  1. Mendaftar Program Afiliasi Langkah pertama sebelum memulai affiliate adalah mendaftar melalui situs web perusahaan. Setiap affiliate akan diberikan kode referral unik yang berbeda-beda. Kode ini berguna sebagai tanda bahwa pembeli menggunakan layanan affiliate tertentu.

  2. Promosi Produk Afiliasi Salah satu strategi untuk memperoleh komisi besar dari affiliate adalah dengan mempromosikan kode referral Anda agar banyak pembeli menggunakan kode tersebut. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai platform, seperti menulis review produk di blog, berpartisipasi dalam forum online, atau memanfaatkan media sosial.

  3. Penggunaan Kode Referral Tujuan utama dari affiliate adalah agar pembeli menggunakan kode referral Anda. Dengan menggunakan kode tersebut, pembeli dapat memperoleh diskon tambahan, sementara Anda akan menerima komisi atas penjualan tersebut.

  4. Memperoleh Komisi Biasanya, komisi affiliate diberikan setelah pembeli menggunakan kode referral Anda untuk membeli produk. Beberapa perusahaan memberikan komisi berdasarkan tindakan tertentu, seperti mengisi formulir, meningkatkan lalu lintas situs web, mengunduh aplikasi, atau berlangganan newsletter perusahaan.

Keuntungan Bisnis Afiliasi

Banyak perusahaan di Indonesia menawarkan jasa promosi produk dan layanan melalui affiliate. Berikut adalah beberapa contoh bisnis affiliate yang umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan affiliate:

  1. Program Afiliasi Bukalapak Bukalapak menggunakan sistem cost per sale (CPS) dalam program affiliate-nya. Artinya, Anda akan mendapatkan komisi berdasarkan persentase dari harga produk setiap kali konsumen membeli melalui tautan affiliate Anda. Bukalapak juga menyediakan beragam fitur seperti kotak pencarian produk, banner dinamis, dan pembuat tautan.

  2. Afiliasi Tokopedia Program affiliate Tokopedia memungkinkan Anda mempromosikan berbagai produk yang tersedia di platform Tokopedia. Anda akan mendapatkan komisi jika produk tersebut terjual melalui tautan affiliate Anda, dengan pembayaran komisi dilakukan dalam waktu 24 jam setelah penjualan.

  3. Mitra Afiliasi Tiket.com Bagi mereka yang suka bepergian, program affiliate Tiket.com dapat menjadi pilihan yang menguntungkan. Anda dapat menggunakan antarmuka pemrograman aplikasi (API) Tiket.com untuk memesan kamar hotel dan mendapatkan komisi hingga 40%-60% dari setiap pemesanan yang menggunakan kode affiliate Anda.

  4. Program Afiliasi ZALORA Sistem affiliate ZALORA mirip dengan yang lainnya, di mana Anda akan menerima komisi setiap kali pembeli menggunakan tautan atau kode affiliate Anda. Komisi yang diberikan berkisar antara 4%-6% dari harga setiap produk.

  5. Program Afiliasi Amazon Amazon, sebagai salah satu e-commerce terbesar di dunia, menawarkan program affiliate yang memungkinkan Anda mempromosikan produk-produk mereka dan menerima komisi hingga 10% dari setiap penjualan yang dilakukan melalui tautan affiliate Anda.

Contoh Afiliasi

Setelah memahami konsep affiliate dan contoh programnya di berbagai perusahaan affiliate di Indonesia, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh sebagai seorang afiliator. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Modal Kecil Salah satu keuntungan utama menjadi seorang afiliator adalah modal yang diperlukan sangat kecil, bahkan seringkali tanpa harus mengeluarkan uang sama sekali. Anda bisa memasarkan produk atau layanan perusahaan tanpa perlu membelinya terlebih dahulu, cukup dengan melakukan promosi untuk menarik minat konsumen.

  2. Penghasilan Pasif Sebagai afiliator, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan pasif, artinya Anda dapat menghasilkan uang tanpa harus bekerja secara langsung. Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, cukup dengan melakukan promosi secara efektif, uang akan terus mengalir kepada Anda.

  3. Jam Kerja Fleksibel Sistem kerja dalam affiliate sangatlah fleksibel dan tidak mengikat seperti kontrak kerja karyawan kantor. Anda memiliki kebebasan untuk menentukan kapan dan di mana Anda ingin melakukan promosi produk atau layanan afiliasi.

  4. Penghasilan Berdasarkan Kerja Keras Pendapatan yang Anda peroleh dari bisnis affiliate sepenuhnya tergantung pada seberapa keras Anda bekerja dalam melakukan promosi. Semakin Anda berusaha dan fokus, semakin besar pula potensi pendapatan bulanan Anda.

  5. Kerja dari Rumah Salah satu keuntungan besar menjadi afiliator adalah Anda dapat melakukan promosi dari mana saja, baik itu dari kantor, kafe, atau bahkan dari rumah Anda sendiri. Anda hanya memerlukan koneksi internet dan perangkat seperti smartphone atau laptop. Dengan begitu, affiliate merupakan pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan fleksibilitas dalam bekerja.

Dengan demikian, menjadi seorang afiliator memberikan banyak keuntungan yang menarik, namun sebelum memilih program affiliate yang tepat, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai sistem kerja dan persyaratan di setiap perusahaan. Tetap semangat dalam mengembangkan bisnis affiliate Anda!

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00