Aplikasi Pluang: 4 Jenis Aset Digital Dalam Satu Aplikasi

by Minsya
8 minutes read

Aplikasi Pluang adalah wealth tech platform pertama di Asia Tenggara yang menawarkan beragam aset investasi dalam satu aplikasi. Sebagai investor kamu dapat memiliki empat aset digital sekaligus dalam satu platform. Aset itu antara lain Reksadana, Saham AS, Emas dan Kripto.

Pluang didirikan pada tahun 2015 ketika Claudia dan Richard bertemu di Harvard Business School dan berbagi minat dalam investasi, teknologi, dan kewirausahaan. Mereka melihat ada kesenjangan antara kesempatan berinvestasi di Indonesia dan Amerika Serikat.

Dimulai di Indonesia, misi Pluang adalah memberdayakan semua investor baru dengan menyediakan akses tanpa batas ke berbagai aset melalui produk investasi mikro. Aplikasi Pluang juga membantu pengguna untuk mengelola pengembalian dan risiko mereka secara pribadi melalui diversifikasi dalam satu aplikasi. Hanya saja sebagai investor syariah, kamu wajib mengetahui invetasi tersebut apakah termasuk investasi syariah. 

Mengapa Harus Aplikasi Pluang?

Seiring dengan semakin populer minat berinvestasi, jumlah instrumen investasi yang tersedia pun semakin meningkat dan semakin beragam. Aplikasi Pluang hadir sebagai platform investasi multi-aset yang menjawab kebutuhan para investor muda dengan optimisme pertumbuhan di berbagai kelas aset. 

Dengan satu aplikasi, pengguna dapat dengan mudah mengakses beragam produk investasi dengan biaya yang terjangkau. Inovasi teknologi di sektor keuangan digital seperti Pluang diharapkan dapat membuka banyak peluang untuk membangun ekosistem keuangan digital yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

Pluang adalah platform investasi yang terpercaya dan didukung oleh perusahaan-perusahaan berizin yang diawasi oleh BAPPEBTI atau OJK. Pengguna dapat mengakses platform ini dengan mudah melalui beberapa klik saja dan mendapatkan pengalaman UX yang sederhana dan mulus. Pluang juga menawarkan biaya terendah di pasar berkat operasi back-end kelas dunia yang dimilikinya. Selain itu, Pluang juga menyediakan pilihan kelas aset yang terdiversifikasi, sehingga pengguna dapat meningkatkan pengembalian yang sesuai dengan risiko yang diambil. Dengan Pluang, investasi menjadi lebih mudah, terjangkau, dan diversifikasi.

Visi Pluang
freepik.com

Macam Investasi di Aplikasi Pluang

1. Reksadana

Reksa Dana merupakan salah satu jenis investasi yang populer di Indonesia. Reksa Dana memberikan akses kepada investor untuk memiliki portofolio investasi yang terdiversifikasi dengan mudah dan terjangkau. Saat ini, banyak produk Reksa Dana yang tersedia dan investor dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko masing-masing.

Dalam investasi Reksa Dana, investor dapat mengakses produk-produk eksklusif, seperti alokasi untuk obligasi Indonesia dan deposito bank BUMN. Hal ini memberikan kepastian bagi investor dalam berinvestasi.

Di samping itu, investor juga bisa memilih jenis Reksa Dana yang sesuai dengan kebutuhan, seperti Reksa Dana Syariah, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Pasar Uang, dan Reksa Dana Campuran. Dengan berbagai pilihan jenis Reksa Dana, investor dapat memilih produk yang paling sesuai dengan tujuan investasinya.

Jadi, bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam Reksa Dana, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko Anda. Dengan berinvestasi dalam Reksa Dana, Anda dapat mengoptimalkan potensi keuntungan dengan risiko yang terkelola dengan baik.

Investasi Reksadana ini Pluang bermitra dengan PT Sarana Santosa Sejati, Perusahaan Agen Penjual Reksa Dana (APERD) yang diawasi dan memiliki izin dari OJK. (License ID: KEP-20/PM.21/2020)

2. Indeks dan Saham AS

Pluang menjadi aplikasi fintech pertama di Indonesia yang menawarkan investasi pada Index dan Saham AS. Dengan Pluang, kini membeli Indeks Saham AS semudah menggunakannya dengan mata uang IDR atau USD. Mulai dari nominal kecil untuk berinvestasi, Pluang menawarkan biaya terendah mulai dari 0,1 unit untuk Indeks Saham dan saham AS dimulai dari Rp5.000 saja untuk mendapatkan pecahan saham.

Tidak hanya itu, investasi melalui Pluang juga memberikan kesempatan untuk menghasilkan dividen. Pluang juga menyediakan fitur trading dengan leverage 2x dan order lanjutan seperti limit order, stop order/stop loss order, stop limit order, dan take profit order yang memudahkan pengguna dalam mengelola investasi mereka. Investasi pada Index dan Saham AS menjadi semakin mudah dan terjangkau dengan Pluang.

Pluang bermitra dengan PT PG Berjangka, yang telah diberi wewenang dan diawasi oleh BAPPEBTI untuk memperdagangkan US Single Stock dan Global Index di dalam negeri.

(License ID: 16/BAPPEBTI/SI/02/2014; 001/BAPPEBTI/KP/06/2019;  004/BAPPEBTI/SPA/10/2021)

3. Emas Digital

Investasi emas merupakan salah satu investasi yang populer dikalangan masyarakat. Emas memiliki nilai yang stabil dan cenderung meningkat seiring waktu. Namun, tidak semua orang bisa mengakses investasi emas karena biaya yang cukup mahal dan proses yang rumit. Namun kini, hadir sebuah inovasi investasi yang memudahkan akses ke emas, yaitu emas digital.

Emas digital memungkinkan kita untuk berinvestasi dalam emas dengan spread rendah sebesar 1,75%, tanpa biaya admin, dan biaya terendah di pasar. Selain itu, dengan emas digital kita juga bisa mendapatkan akses ke Investasi Otomatis, cicilan 0%, konversi emas fisik, dan menghadiahkan emas kepada orang terdekat sebagai bentuk investasi masa depan.

Investasi Emas (Pluang Gold) di aplikasi ini dikelola oleh PT Pluang Emas Sejahtera dengan lisensi emas digital dari BAPPEBTI. (License ID: 001/BAPPEBTI/P-ED/01/2022)

4. Aset Kripto

Berkembangnya teknologi dan perkembangan digital membuat aset kripto menjadi semakin populer di kalangan investor saat ini. Pluang menyediakan berbagai aset kripto terpopuler dengan mudah dan terjangkau, mulai dari hanya Rp 5.000. Selain itu, investor juga dapat memperoleh penghasilan pasif melalui Pluang Cuan dengan hasil hingga 3,5% per tahun untuk BTC dan ETH. Pluang juga memastikan bahwa pengguna dapat mengirim dan menerima aset kripto dengan aman dan aman hanya dalam beberapa ketukan. Investasi di aset kripto semakin mudah dan terjangkau dengan Pluang.

Pluang bermitra dengan PT Bumi Santosa Cemerlang yang telah disahkan dan diawasi oleh BAPPEBTI untuk memperdagangkan aset kripto.(License ID: 012/BAPPEBTI/CP-AK/4/2022)

Aplikasi Pluang
pluang.com

Investor Syariah Bisa Beli Apa Aja?

1. Reksadana Syariah

Reksa Dana Syariah adalah jenis Reksa Dana yang dikelola dengan prinsip-prinsip syariah. Prinsip-prinsip syariah mengacu pada hukum Islam, yang melarang praktik riba (bunga), maysir (spekulasi), dan gharar (ketidakpastian atau ketidakjelasan). Oleh karena itu, Reksa Dana Syariah hanya akan menginvestasikan dana pada instrumen investasi yang sesuai dengan prinsip syariah, seperti saham perusahaan yang halal, obligasi syariah, dan aset lainnya yang sesuai dengan prinsip syariah. Investasi dalam Reksa Dana Syariah cocok bagi investor yang ingin berinvestasi dengan cara yang sesuai dengan prinsip syariah dan juga mencari potensi keuntungan jangka panjang.

Di dalam Aplikasi Pluang, kamu bisa menemukan berbagai produk reksadana syariah dari berbagai Manajer Investasi terbaik di Indonesia.

2. Saham AS Syariah

Saham AS yang sesuai dengan kriteria AAOIFI (Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institutions) adalah saham yang diperoleh dan dikelola sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah Islam. Dalam hal ini, saham harus memenuhi kriteria kehalalan (Halal), yaitu tidak terlibat dalam bisnis haram seperti alkohol, perjudian, dan pornografi.

Selain itu, saham juga harus memenuhi kriteria transparansi (Shariah compliance), yaitu harus dikelola dan diinvestasikan sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah yang ditetapkan oleh AAOIFI. Beberapa prinsip tersebut antara lain tidak melibatkan bunga (riba), tidak terlibat dalam bisnis yang mengandung unsur spekulasi atau gharar, serta tidak terlibat dalam bisnis yang melibatkan kegiatan yang bertentangan dengan nilai-nilai Syariah.

Kriteria AAOIFI juga menetapkan batasan tertentu pada sektor-sektor yang dapat diinvestasikan oleh dana investasi Syariah, seperti industri perbankan dan keuangan, makanan halal, energi terbarukan, teknologi informasi, dan sektor kesehatan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa investasi dilakukan dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip Syariah.

Dalam konteks investasi saham AS, investor Syariah dapat memilih dari berbagai macam saham Syariah yang tersedia di pasar AS. Saat ini, banyak perusahaan investasi yang menawarkan portofolio saham Syariah AS, yang didesain untuk memenuhi kriteria AAOIFI dan memastikan bahwa investasi dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah Islam.

Nah di aplikasi Pluang ada beberapa saham AS yang termasuk kategori Syariah juga loh. Kamu bisa bisa cek langsung di MUSAFFA. Gimana? Tertarik buat punya koleksi investasi Syariah di Pluang? Kamu bisa langsung daftar gratis disini ya.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00