Kenalan Dengan Saham IPO dan 3 Keuntungannya

by Minsya
5 minutes read

Banyak jenis saham yang bisa menjadi salah satu investasi yang menjanjikan. Jenis saham tersebut salah satunya adalah IPO yang punya banyak kelebihan dan peluang besar dan investasi. Inilah beberapa fakta menarik tentang Saham IPO yang penting untuk anda ketahui khususnya untuk investor pemula.

IPO atau Initial Public Offering adalah suatu kondisi saham yang akan dijual ke publik atau ke masyarakat umum. Banyak alasan mengapa investor menggunakan cara IPO ini, salah satunya adalah untuk mendapatkan tambahan penghasilan yang akan membantu untuk kepentingan biaya operasional hingga melancarkan perkembangan.

Kegunaan IPO sendiri ini

Bagi perusahaan, initial public offering (IPO) merupakan kesempatan bagus untuk mendapatkan pendanaan dari masyarakat luas. Namun bagaimana untuk investor? Apa keuntungan dan kerugian yang akan diperoleh investor jika mereka membeli saham IPO? Simak ulasannya berikut ini:

3 Keuntungan Mempunyai Saham Jenis IPO

1. Peluang mendapatkan saham pada harga rendah

Keuntungan pertama membeli saham IPO adalah potensi membeli sebuah saham yang bagus pada harga terendah. Menurut Joice Tauris Santi, dalam tulisannya di Kompas pada bulan Maret 2022, diantara 11 saham yang melantai di Bursa Efek Indonesia hingga Maret 2022, hanya sebagian kecil yang harganya turun di bawah harga penawarannya. Bahkan surat berharga yang dirilis oleh beberapa perusahaan, seperti PT Net Visi Media Tbk, naik hingga 74,49% ketika tulisan tersebut dirilis.

saham IPO
freepik.com

2. Peluang mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek

Saham  yang baru IPO memiliki kelonggaran auto rejection atas (ARA) dan auto rejection bawah (ARB). Akibatnya, harga bisa naik dan turun cukup tajam dengan tanpa gangguan dalam satu hari. Hal ini karena pergerakan harga instrumen yang baru melantai di bursa ini masih belum pasti, sehingga BEI melonggarkan ketentuan ARA dan ARB.

Bagi trader harian, ini adalah kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek. Trader saham harian bisa masuk ke dalam posisi short atau posisi long tergantung dengan potensi pergerakan harga saham yang dipilih.

Lalu bagaimana dengan keuntungan jangka panjang? Well, keuntungan jangka panjang investasi saham yang baru IPO relatif tidak pasti, tergantung bagaimana kinerja perusahaan kedepannya dan banyak hal lainnya. 

3. Membeli dengan harga yang relatif pasti

Saham adalah aset keuangan yang harganya terus berubah-ubah seiring waktu. Oleh sebab itu, seringkali investor harus benar-benar jeli dalam menentukan harga untuk membeli instrumen ini supaya dia bisa menentukan budget yang pas dan menghitung target price yang pas pula. 

Pada saham yang baru IPO, investor diberi harga pasti. Harga pasti ini berasal dari agregasi harga saham yang diajukan oleh investor saat proses bookbuilding. Akibatnya dengan membeli saham IPO, investor dapat menentukan budget yang tepat untuk membeli aset tersebut dan menentukan harga jual yang lebih presisi juga.

Analisis Peluang Menggunakan Saham Jenis IPO

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwasanya, saham IPO tetap layak dibeli, namun harus dibeli dengan hati-hati sebab memiliki risiko ketidakpastian yang tinggi. Hal ini khususnya untuk investor jangka panjang. 

Sebelum Anda membeli saham IPO, ada baiknya Anda mempertanyakan beberapa hal berikut:

  • Untuk apa uang yang terkumpul dari proses IPO tersebut?
  • Bagaimana kondisi fundamental keuangan perusahaan?
  • Bagaimana potensi bisnis perusahaan tersebut dalam jangka menengah dan jangka panjang?
  • Apakah harga saham saat IPO sesuai dengan kondisi bisnis dan keuangan perusahaan saat ini?
  • Jika harga saham tersebut turun hingga 50% dalam jangka waktu dekat ini apakah Anda merasa nyaman?
  • Apakah Anda nyaman memiliki saham perusahaan ini dalam 10 atau 20 tahun kedepan?
  • Singkatnya, seberapa tinggikah kepercayaan Anda terhadap perusahaan yang menerbitkan saham tersebut?

Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, tentunya Anda harus melakukan analisis fundamental terhadap perusahaan terkait. Pasalnya, ketika saham baru IPO, tidak ada analisis teknikal yang bisa Anda gunakan. 

Analisis fundamental ini dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Menghitung berbagai rasio keuangan sesuai dengan data yang ada dalam laporan keuangan perusahaan. 
  • Mengetahui tujuan pengumpulan dana investasi. 

Membaca prospektus untuk mengetahui lini bisnis perusahaan dan bagaimana potensi jangka panjangnya, serta:

  • Mengikuti paparan publik yang dilakukan perusahaan. Saat ini paparan publik dilaksanakan secara online, sehingga investor dari manapun dapat mengikutinya.
  • Membeli saham IPO memang sangat menarik. Khususnya, apabila perusahaan yang akan melantai di bursa tersebut merupakan perusahaan terkenal. Namun, investor perlu berhati-hati, sebab membeli saham yang baru IPO berisiko tinggi.

Itu dia beberapa hal penting yang bisa anda ketahui tentang saham IPO. Jenis saham ini akan mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri sehingga akan menjadi bahan pertimbangan untuk anda yang pemula dalam saham. Informasi diatas akan menambah pengetahuan anda tentang saham. 

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00