Inilah 6 Tips Beli Saham Untuk Pemula Agar Cuan!

by adminsysa

Saham merupakan salah satu cara yang bisa anda coba untuk memperoleh pendapatan pasif. Sukses dalam berinvestasi merupakan impian semua orang namun ternyata masih banyak yang merasa kesulitan dan bingung untuk mulai dari mana. Jika anda adalah salah satunya, yuk simak apa saja tips beli saham untuk pemula agar cuan. Sekarang ambil catatan dan mari belajar bersama! 

Tips Beli Saham Untuk Pemula

1. Pastikan Legalitas Saham

Hal pertama yang perlu anda jadikan perhatian saat membeli saham adalah memastikan jika saham tersebut sudah legal alias terdaftar dalam database Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia. Telisik pula latar belakang dari perusahaan yang anda pilih, cari tahu pula siapa pemegang saham dan status otoritasnya.

Disamping informasi yang tadi telah disebutkan, penting pula bagi anda untuk cek apakah perusahaan tersebut pernah terkena kasus atau tidak. Sepak terjang mereka cukup penting terutama di pasar modal sehingga tidak boleh anda abaikan. Jika memang track record nya buruk maka lebih baik ganti dengan yang lebih bersih.

2. Melihat Biaya Transaksi

Tips beli saham untuk pemula yang berikutnya berkaitan dengan Fee. Untuk anda yang belum tahu, Fee merupakan pendapatan sebuah sekuritas dari nasabah yang sedang bertransaksi saham. Besarnya fee ini tidak selalu sama sehingga perlu anda cek berkala. Berdasarkan update di bulan September 2022, diketahui bahwa fee jual-beli sekuritas berada di kisaran 0,15%-0,25%  hingga 0,25%-35%,

Sederhananya, anda akan mendapat beban fee beli sebesar 0,15 persen dari nilai saham yang diperoleh. Mekanisme fee jual juga sama, yaitu anda akan dibebankan fee sebesar 0,25 persen dari harga saham yang dijual. Jangan lupa untuk perhatikan pula apakah ada batas minimal fee transaksi atau tidak, pasalnya ada beberapa sekuritas yang mengenakan batasan tersebut. 

3. Sesuaikan Setoran Awal Dengan Kantong

Setiap sekuritas memiliki setoran awal yang berbeda beda. Anda perlu cek informasi terkait dengan hal ini dan menyesuaikannya dengan kondisi kantong. Usahakan untuk memakai dana pribadi dan tidak melakukan setoran awal dengan dana yang berasal dari hutang piutang. Jangan sampai anda melewatkan poin ini karena bisa fatal jika tidak diperhitungkan.

Penjelasan terkait setoran awal, bisa anda tanyakan langsung pada pihak sekuritas. Anda tidak boleh melewatkan sesi konsultasi karena tips beli saham untuk pemula ini sangat penting. Setelah mendapat penjelasan secara lengkap, barulah anda bisa menimbang keputusan dengan lebih bijaksana. 

tips beli saham

4. Lihat Fasilitas Yang Disediakan

Perkembangan teknologi dan komunikasi mendorong pihak jasa sekuritas untuk mengembangkan fasilitas transaksi yang disediakan untuk investor. Beberapa fasilitas yang dimaksud adalah berupa website, aplikasi online, dan aplikasi mobile. Masing masing dari mereka tidak sempurna dan memiliki kekurangannya masing masing.

Sejauh ini, versi aplikasi online masih menjadi versi yang paling lengkap jika dibandingkan dengan website. Dukungan aplikasi mobile nya juga memudahkan anda untuk memantau saham. Pada intinya, carilah pihak sekuritas yang menyediakan platform yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan gadget yang anda miliki.

5. Layanan Training dan Edukasi

Banyak sekali pemula saham yang sembrono dan langsung mulai transaksi tanpa tahu dasar dasar investasi. Anda sebagai pemula perlu yang namanya training dan edukasi. Setidaknya anda perlu mentor yang bisa membantu proses jual beli saham dengan aman. Jika sudah terbiasa, barulah anda bisa melakukan transaksi secara mandiri.

6. Hilangkan Sifat Fanatik

Tips beli saham untuk pemula yang terakhir adalah hindari sifat fanatik dari sebuah jasa sekuritas. Hingga saat ini masih banyak pemula dalam dunia saham yang fanatik dengan satu rekening sekuritas. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya salah, namun akan lebih baik jika anda buka di beberapa sekuritas sekaligus.  Alasannya agar anda bisa membandingkan mana yang paling menguntungkan. 

Hal tersebut juga memungkinkan anda untuk mengenal dunia investasi secara lebih luas. Perlu diingat pula bahwa belum tentu pihak sekuritas yang anda pilih di awal merupakan perusahaan yang terbaik. Jika dilihat dari beberapa tips tadi, dapat ditarik kesimpulan pemula jual beli saham harus mendalami info terkait dengan dunia investasi serta membuka diri dari berbagai masukan dan kesempatan.   

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment