Apa Sih Arti Istilah Boncos dan Cuan Dalam Saham?

by Minsya
4 minutes read

Dalam dunia investasi saham, ada istilah terkenal yang sering digunakan yaitu Istilah boncos dan cuan. Namun walaupun begitu masih banyak investor yang masih belum memahami apa sih arti istilah tersebut. Hal ini karena istilah ini memang diambil dari Bahasa gaul Indonesia yang membuatnya kekinian. Yuk simak penjelasan arti dan info penting lainnya disini. 

Dalam dunia investasi, naik dan turunnya harga saham adalah hal yang biasa. Bahkan istilah high risk high return pun kerap di berikan karena seimbang dengan laba yang didapatkan maka akan ada risiko yang dilakukan. Sehingga munculah sebuah istilah seperti boncos dan cuan yang bisa diartikan sebagai kerugian dan keuntungan dalam investasi saham.

Boncos adalah kondisi kerugian yang bisa dialami oleh investor atas investasi saham yang dilakukannya. Jenis kerugian ini bisa berbentuk banyak hal, salah satunya adalah seperti adanya penurunan harga komoditas aset, hingga kondisi dimana harga jual lebih rendah daripada harga beli saham yang dulu. Hal ini tentu akan memicu kondisi rugi investor. 

Berbeda dengan Istilah Boncos dan Cuan, cuan adalah kondisi kebalikannya yang mencerminkan berapa laba yang bisa didapatkan. Laba yang bisa di dapatkan oleh investor ini adalah hasil dari trading atau investasi yang sudah dilakukannya. Salah satunya adalah dari kondisi harga penjualan aset yang lebih tinggi daripada harga saat belinya. 

Boncos dan Cuan
freepik.com

Tips Investasi Anti Boncos Untuk Pemula

1. Pilih Jenis Investasi Yang Akan Dilakukan

Saat melakukan investasi tentu tidak hanya faktor berapa keuntungan yang akan didapatkan saja yang jadi pertimbangan. Namun investor juga bisa mempertimbangkan apa saja jenis investasi yang bisa dipilih. Banyak jenis investasi yang menawarkan keuntungan dan keunggulannya masing masing. Sehingga hal ini bisa jadi pertimbangan nvestasi yang tepat. 

2. Melakukan Analisis Sebelum Melakukan Investasi

Istilah Boncos dan Cuan juga harus dipahami oleh para investor pemula. Hal ini karena akan berkaitan dengan kondisi untung dan rugi yang bisa terjadi saat melakukan investasi. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi adanya kerugian yang bisa saja terjadi adalah dengan melakukan analisis kondisi ekonomi atau investasi sebelum memutuskan. 

Sebelum memutuskan melakukan investasi, maka akan disarankan untuk investor melakukan analisis untuk menimbang keuntungan dan kerugian yang akan di dapatkan bila melakukan suatu investasi. Sehingga hal ini bisa menjadi pertimbangan dan pandangan investor untuk mmeilih jenis investasi yang tepat dengan berdasarkan data yang valid. 

3. Hindari Ikut-Ikutan Saat Melakukan Investasi

Masih banyak orang yang melakukan investasi karena tergiur dengan keuntungan yang akan di dapatkannya. Hal ini memang tidak salah namun tetap saja dalam melakukan investasi harus juga mempertimbangkan tentang kemungkinan risiko yang bisa terjadi juga. Sehingga sangat disarankan untuk melakukan investasi secara asal asalan dan karena ikut ikutan. 

Mengapa hal ini bisa berbahaya? Karena investasi yang dilakukan tanpa dasar pengetahuan dan ilmu yang tepat maka akan membuat risiko kerugian yang akan terjadi akan semakin besar. Sehingga sebelum terjun dan masuk ke pasar saham, anda sebagai investor juga harus lebih memahami ilmu dasar investasi terlebih dahulu seperti Istilah Boncos dan Cuan.

4. Memahami Kondisi Perkembangan Ekonomi Terkini

Tips berikutnya yang bisa anda gunakan untuk meminimalisir terjadinya boncos dan meningkatkan cuan adalah dengan terus melakukan pemantauan kondisi ekonomi. Ada banyak hal yang akan mempengaruhi kondisi naik turunnya harga saham. Sehingga hal ini menjadi salah satu fajtor penting yang menentukan agar boncos tidak banyak terjadi. 

Situasi ekonomi hingga situasi politik di negara juga bisa mempengaruhi harga saham. Sehingga bila anda ingin jadi investor yang handal, hal hal seperti ini harus bisa lebih anda perhatikan dan pahami. Mengetahui kondisi keunagan dan ekonomi sekitar adalah langah pencegahan agar anda bisa mengantisipasi Istilah Boncos dan Cuan

Itulah beberapa pembahasan penting tentang boncos dan cuan dalam dunia investasi. Dalam melakukan investasi saham, maka istilah seperti ini menjadi penting karena bisa saja akan membantu untuk meningkatkan keberhasilan investasi anda. Walaupun bukan istilah baru, namun kedua istilah ini masih banyak orang yang mengetahui.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00