8 Jenis Investasi Sukuk Pengertian dan Caranya

by Minsya
5 minutes read

Ingin daftar investasi syariah? Investasi sukuk bisa anda coba sebagai bentuk usaha sampingan dengan hasil yang sama seperti investasi. Setiap pembeliannya diikuti dengan pemberian ujrah, upah atau bagi hasil. Untuk mengetahui obligasi syariah lebih dalam, simak penjelasan di bawah ini.

Suka berinvestasi? Obligasi tentu sudah tidak terdengar asing dimana utang jangka panjang yang dikeluarkan oleh peminjam dengan kewajiban membayar sesuai jumlah bunga. Sementara itu, obligasi syariah ialah surat berharga jangka panjang sesuai prinsip syariah yang ditetapkan emiten untuk membayar pendapatan pada investor berupa bagi hasil.

Sesuai fatwa MUI, sukuk ialah surat berharga jangka panjang sesuai prinsip syariah yang dikeluarkan emiten kepada pemegang obligasi syariah dalam bentuk obligasi. Maka dari itu, sukuk termasuk Obligasi Ritel Indonesia. Pada dasarnya, sukuk hampir sama dengan obligasi konvensional tetapi konsep imbalan dan bagi hasilnya dijadikan pengganti bunga.

Jenis-jenis Investasi Sukuk di Indonesia

1. Sukuk Ijarah

Seperti yang diketahui bahwa investasi sukuk ialah sebuah jenis sertifikat yang mencantumkan nama pemilik atau investor. Investasi sukuk juga melambangkan kepemilikan akan sebuah aset untuk disewakan. Sementara itu, sukuk ijarah ialah sukuk yang dikeluarkan sesuai dengan perjanjian ijarah yang telah disepakati.

2. Obligasi Syariah Musyarakah

Obligasi syariah musyarakah dikeluarkan sesuai perjanjian atau kontrak musyarakah dimana terdapat dua atau lebih pihak yang bekerja sama dalam penggabungan modal untuk membiayai kegiatan bisnis. Jenis obligasi ini menanggung keuntungan dan kerugian yang terjadi bersama sesuai penyertaan modal kedua belah pihak.

investasi sukuk
freepik.com

3. Obligasi Syariah Istishna

Obligasi syariah istishna ialah investasi sukuk yang dikeluarkan sesuai kontrak atau perjanjian dimana para pihaknya menyetujui membeli dan menjual barang. Adapun waktu pengiriman, harga dan spesifikasi proyek telah ditentukan sebelumnya telah disesuaikan dengan perjanjian yang dibuat.

4. Obligasi Syariah Mudharabah

Jenis obligasi ini ialah investasi sukuk yang diterbitkan dari perjanjian sebagai bentuk kerja sama yang terdiri dari penyedia modal dan penyedia tenaga. Investasi sukuk ini membagi keuntungan sesuai perbandingan yang disepakati bersama. Adapun seluruh bentuk kerugian juga ditanggung sepenuhnya oleh penyedia modal.

5. Sukuk Wakalah

Investasi Sukuk wakalah ialah suuk yang mewakili berbagai jenis kegiatan usaha atau proyek yang diatur, dikembangkan dan dikelola sesuai dengan wakalah. Sukuk ini akan menunjuk perwakilan tertentu agar mampu mengelola bisnis tersebut atas nama pihak pemegang sukuk.

5. Sukuk Wakalah

Investasi Sukuk wakalah ialah suuk yang mewakili berbagai jenis kegiatan usaha atau proyek yang diatur, dikembangkan dan dikelola sesuai dengan wakalah. Sukuk ini akan menunjuk perwakilan tertentu agar mampu mengelola bisnis tersebut atas nama pihak pemegang sukuk.

6. Sukuk Muzara’ah

Investasi sukuk satu ini dikeluarkan untuk mendapatkan dana dalam membiayai kegiatan pertanian sesuai kontrak muzara’ah. Dalam sukuk muzara’ah, seseorang yang memegang sukuk atau pemegang sukuk memiliki hak atas sebagian hasil panen sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

7. Sukuk Korporasi

Jenis investasi sukuk selanjutnya yaitu sukuk korporasi atau salah satu jenis investasi syariah yang dikeluarkan perusahaan yang telah memegang prinsip syariah. Perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan boleh menggunakan jenis suuk ini khususnya bagi perusahaan yang masih bersifat konvensional.

8. Sukuk Berharga Syariah Negara

Surat Berharga Syariah Negara ialah sebuah jenis investasi sukuk yang dikeluarkan sesuai prinsip syariah dan sebagai barang bukti pembagian aset Surat Berharga Syariah Negara. Investasi sukuk ini wajib dijamin pembayarannya oleh negara. Emiten wajib membayar pendapatannya kepada pemegang obligasi berupa bagi hasil dan membayar dana kembali.

Cara Teraman Melakukan Obligasi Syariah

Tertarik membuat sukuk? Anda perlu memiliki rekening dana bank umum serta rekening surat berharga sebelum melakukannya. Siapkan juga dana yang sesuai dengan jumlah pesanan pembelian obligasi syariah. Selanjutnya, isilah formulir pemesanan serta lampiran fotokopi KTP maupun bukti penyetoran investasi.

Cara lain dalam mendaftarkan sukuk bisa dilakukan melalui mekanisme pasar sekunder, seperti bank atau bursa. Adapun proses pendaftaran di pasar sekunder memerlukan waktu sekitar 2 minggu sampai pembeli investasi sukuk memperoleh Surat Konfirmasi Kepemilikan Sukuk Ritel yang telah dikeluarkan pihak bursa atau perbankan.

Itulah hal-hal yang perlu diketahui sebelum melakukan investasi sukuk dengan cara mengajukannya. Bisa disimpulkan bahwa investasi sukuk ialah salah satu jenis investasi yang sangat aman dilakukan karena bebas dari riba. Dengan begitu, kegiatan investasi bisa dilakukan dengan tenang dan tidak perlu khawatir akan kerugian yang besar.

Atau kamu bisa pesan langsung di sini. Happy investing!

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00