7 Manfaat Mematuhi Syariat Islam: Supaya Tidak FOMO

by Minsya
4 minutes read

Islam, sebagai agama yang memiliki pedoman hidup yang lengkap, memberikan orientasi bagi umatnya dalam setiap aspek kehidupan. Salah satu cara untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mematuhi Syariat Islam. Ini bukan hanya kewajiban, tetapi juga membawa sejumlah manfaat yang signifikan bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan.

1. Keselarasan dengan Nilai Moral dan Etika

Hal ini bisa memberikan fondasi moral dan etika yang kuat dalam kehidupan seseorang. Syariat Islam dirancang untuk menciptakan masyarakat yang adil, jujur, dan penuh kasih sayang. Dengan mengikuti prinsip-prinsip ini, individu dapat hidup dengan integritas dan membangun hubungan yang berlandaskan pada kejujuran dan tanggung jawab.

2. Kesejahteraan Spiritual

Ini juga dapat memberikan pedoman untuk memperkuat hubungan individu dengan Tuhan. Melalui pelaksanaan ibadah, seperti salat, puasa, dan zakat, seseorang dapat mencapai kesejahteraan spiritual. Ini membantu mengembangkan kesadaran diri, ketenangan batin, dan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan.

Syariat Islam
freepik.com

3. Keseimbangan Hidup

Syariat ini mencakup aspek-aspek kehidupan yang beragam, termasuk sosial, ekonomi, dan pribadi. Dengan mematuhi Syariat Islam, seseorang dapat mencapai keseimbangan antara berbagai aspek kehidupan. Misalnya, dalam hal keuangan, praktik zakat membantu menciptakan distribusi kekayaan yang lebih adil dan mengurangi kesenjangan ekonomi. Sehingga prakek-praktek keserakahan dan monopoli di dunia ekonomi maupun keuangan seharusnya tidak mudah ditemukan.

4. Pelestarian Lingkungan

Syariat ini juga memuat ajaran-ajaran tentang pelestarian lingkungan. Melalui konsep-konsep menyayangi makhluk hidup lain seperti menyayangi diri sendiri, Islam mengajarkan tanggung jawab manusia untuk menjaga alam dan tidak merusaknya. Dengan mematuhi ajaran-ajaran ini, umat Islam dapat berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan menjaga keseimbangan ekosistem. Hal ini selaras dengan kampanye yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah maupun civil society yaitu gerakan hijau dan energi baru terbarukan.

5. Kesehatan Fisik dan Mental

Praktik-praktik seperti menjaga kebersihan, mengikuti pola makan sehat, dan menjauhi yang haram (dilarang) dalam Islam, seperti minuman keras dan narkotika, dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan fisik dan mental. Syariat ini mendorong gaya hidup sehat dan pencegahan penyakit melalui panduan-panduannya.

6. Keadilan Sosial

Salah satu nilai inti dalam Islam adalah keadilan sosial. Syariat Islam menuntut perlakuan yang adil terhadap semua individu, tanpa memandang suku, agama, atau status ekonomi. Dengan mematuhi prinsip-prinsip ini, masyarakat dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan mengurangi ketidaksetaraan.

7. Pengembangan Karakter

Syariat ini juga memberikan arahan tentang pengembangan karakter yang baik. Melalui nilai-nilai seperti kesabaran, kejujuran, berpikir rasional dan kasih sayang, individu dapat membentuk kepribadian yang kuat dan positif. Ini tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga untuk hubungan dengan orang lain di sekitarnya. Nilai-nilai ini bermanfaat khususnya untuk kita yang dikenal sebagai generasi FOMO.

Kesimpulan

Mematuhi Syariat Islam bukan sekadar ketaatan formal terhadap aturan; lebih dari itu, hal ini melibatkan penciptaan gaya hidup yang selaras dengan nilai-nilai Islam. Dengan mempraktikkan prinsip-prinsip ini, seseorang dapat mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam kehidupan mereka.

Pentingnya mematuhi Syariat Islam tidak hanya bersifat personal, melainkan memiliki dampak positif yang luas pada masyarakat. Ini menciptakan lingkungan yang adil, harmonis, dan berkelanjutan. Dengan demikian, mematuhi Syariat Islam bukan hanya tentang keuntungan pribadi, tetapi juga memberikan kontribusi positif pada kesejahteraan kolektif.

Menginternalisasi dan mempraktikkan Syariat Islam menjadi langkah penting dalam membentuk masyarakat yang lebih baik. Ini bukan hanya tentang kepatuhan kepada ajaran agama, tetapi juga tentang mengembangkan karakter yang menciptakan perubahan positif di sekitar kita. Semoga dengan mematuhi Syariat Islam, kita semua dapat meraih manfaat yang berkelanjutan dari kebijaksanaan agung ini, menciptakan masyarakat yang harmonis dan adil.

Nah jangan ada FOMO lagi ya, sesuaiin aja sama yang udah kamu pelajari.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Achmad Abdul Arifin: Seorang Trader Saham Syariah yang Mempunyai Motto "Menjadi Tak Terlihat dan Melampauinya"

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00