6 Keuntungan Investasi Saham Yang Harus Kamu Ketahui

by Minsya
4 minutes read

Investasi dalam bentuk saham memang belakangan tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Hal tersebut mungkin membuat anda juga tertarik untuk melakukannya. Namun akan lebih baik jika anda tidak hanya sekadar ikut ikutan terjun ke pasar modal. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu keuntungan investasi saham untuk pemula berikut ini.

1. Mendapatkan Dividen Saham

Keuntungan berinvestasi dalam bentuk saham adalah anda bisa memperoleh dividen. Dividen yaitu pembagian laba yang diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham sesuai banyaknya saham yang dimiliki. Saat melakukan investasi lain seperti emas, anda tentu tidak akan memperoleh dividen seperti itu.

Dividen umumnya dibagi dalam bentuk uang tunai kepada para investor. Meski begitu, ada pula perusahaan yang membagikan dividen dalam bentuk lain. Ini tergantung kebijakan masing masing perusahaan. Ada yang membagikan dividen berupa saham tambahan, properti, janji utang, dan lain sebagainya.

2. Mendapatkan Potensi Capital Gain

Keuntungan investasi saham berikutnya yaitu anda akan mendapatkan potensi capital gain. Capital gain merupakan keuntungan yang dapat diperoleh investor dari hasil selisih antara harga beli dan harga jual saham. Capital gain tersebut ada lantaran aktivitas perdagangan yang terjadi di bursa efek. 

Apabila anda bisa menjual saham yang telah dibeli dengan harga lebih tinggi, maka anda pun akan memperoleh keuntungan dari sana. Inilah yang acap kali menarik minat investor dalam membeli saham untuk pemula. Karena keuntungannya bisa cukup menggiurkan. Bayangkan saja, di awal anda membeli saham per lembar seharga Rp. 4.000.

Ternyata harga saham tersebut naik di pasar modal, sehingga anda bisa menjualnya kembali di harga Rp. 5.000 per lembar. Dengan minimal pembelian 1 lot yang berisikan 100 lembar saham, maka sekali transaksi saja anda sudah dapat untung sekitar Rp. 100.000. Oleh sebab itu, capital gain umumnya jauh lebih disenangi oleh investor.

Keuntungan Investasi Saham

3. Mempunyai Akses Mudah

Selain mendapat dividen dan capital gain, ada keuntungan tersendiri apabila memilih untuk investasi saham. Sebab melakukan investasi pada saham menawarkan kemudahan pada masyarakat. Terlebih dengan perkembangan teknologi di era sekarang yang mampu menunjang kegiatan investasi dengan efektif dan efisien.

Sehingga siapapun bisa mulai investasi dengan mudah. Ditambah anda tidak perlu bingung dalam melakukan analisis. Karena Bursa Efek Indonesia (BEI) dapat menjadi salah satu sumber yang akurat apabila ingin melakukan investasi. Banyaknya manajer investasi pun akan semakin memudahkan anda dalam membeli saham.

4. Bisa Melakukan Diversifikasi Investasi

Keuntungan membeli saham untuk pemula lainnya yaitu anda dapat melakukan diversifikasi investasi. Dimana jumlah perusahaan yang go public di Indonesia saat ini cukup banyak. Sehingga anda dapat melakukan diversifikasi portofolio investasi dengan membeli saham di beberapa perusahaan yang berbeda. Hal itu dapat mengoptimalkan aset, sekaligus mengurangi risiko kerugian dalam investasi.

5. Modalnya Relatif Kecil

Siapa bilang investasi saham harus menyiapkan modal besar ? Nyatanya kemudahan investasi di zaman sekarang membuat siapapun dapat melakukannya untuk memperoleh keuntungan. Dimana modal minimal untuk melakukan investasi saham umumnya adalah Rp. 100.000 saja.

Dan anda tidak diwajibkan langsung membeli saham dalam jumlah banyak. Jadi anda bisa mulai dengan membeli sebanyak 1 lot saham terlebih dahulu. Lalu di kemudian hari bisa mencicilnya agar jumlah saham bertambah. Bahkan setiap bulannya tidak ada batasan nominal tertentu dalam berinvestasi.

6. Sifatnya Likuid dan Transparan

Investasi saham bersifat likuid dan transparan. Karena saham mudah dijual atau dicairkan dengan cepat ketika anda mendesak membutuhkan uang, meskipun tingkat likuiditas setiap saham tentu tidak dapat berbeda antara satu sama lain. Saham yang ramai diperjualbelikan umumnya jauh lebih likuid. Dengan proses transaksi paling lama adalah 3 hari kerja setelah anda menjual saham.

Perihal sifat transparannya, anda memang dapat mengetahui dengan pasti mengenai harga permintaan dan penawaran saham tertentu. Termasuk pula hasil laporan keuangan perusahaan yang terbuka untuk dilihat para investor. Sehingga membeli saham untuk pemula pun tidak akan kesulitan, sebab laporan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan setelah dianalisis.

Itu dia sederet keuntungan investasi saham yang perlu diketahui. Dengan keuntungan keuntungan yang dapat diperoleh, tidak heran jika peminatnya pun semakin banyak. Namun perlu diingat pula bahwa saham termasuk investasi yang bersifat high risk high return. Sehingga anda harus menyiapkan strategi yang tepat agar tidak merugi.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00