5 Istilah Penting Belajar Saham Untuk Pemula

by Minsya
4 minutes read

Belajar saham untuk pemula sudah banyak dilakukan saat ini. Bahkan memulai belajar saham tidak harus langsung menggunakan modal besar namun bisa dengan menggunakan modal kecil saja. Namun sebelum terjun ke dunia saham, akan lebih baik bila kamu memahami terlebih dahulu 5 istilah penting dalam dunia saham berikut. Yuk simak penjelasan lengkapnya disini.

1. Bursa efek atau Bursa Saham

Belajar terjun ke dunia saham saat ini bisa dilakukan sejak dini. Tidak perlu menggunakan modal yang besar namun juga kamu bisa memulainya dengan modal yang sedikit saja. Namun akan ada beberapa istilah dalam dunia saham yang harus dipahami terlebih dahulu. Salah satunya adalah bursa efek yang sering terdengar namun mungkin belum paham betul maknanya.

Bursa efek atau disebut juga dengan bursa saham adalah diibaratkan sebuah pasar yang akan mempertemukan antara penjual dan pembeli saham. Sehingga memang bursa efek ini akan berbentuk seperti pasar dalam dunia saham dimana kamu bisa mencari jenis saham yang akan dibeli atau bila ingin menjual saham yang sudah kamu dapatkan kepada yang lainnya. 

2. Rekening Dana Nasabah / RDN

Istilah lainnya yang perlu dipahami saat belajar saham untuk pemula adalah RDN atau Rekening Dana Nasabah. RDN ini pada dasarnya akan mempunyai fungsi yang hampir sama seperti saat kamu menggunakan rekening bank pada umumnya. RDN akan berfungsi sebagai tempat menampung segala jenis transaksi jual beli saham yang akan terjadi di pasar modal. 

RDN ini akan dibuka oleh perantara pedagang efek atau pihak lain yang sudah ditunjuk sesuai peraturan yang berlaku. Sehingga bila kamu mempunyai RDN maka kamu akan bisa dengan lebih leluasa untuk melakukan kontrol terhadap saldo dana dan juga kamu akan dikirimi rekening koran elektronik setiap bulannya yang akan menjadi laporan keuangan secara rutin.

saham untuk pemula
freepik.com

3. Instrumen keuangan Sekuritas

Istilah penting lainnya yang wajib untuk kamu ketahui adalah sekuritas. Sekuritas adalah suatu instrumen keuangan yang menunjukkan kepemilikan seseorang atau badan usaha terhadap aset. Sekuritas atau yang disebut juga sebagai efek ini akan wajin disertai dengan retur bagi yang memilikinya. Jumlahnya akan disesuaikan dengan persentase kepemilikan aset.

Istilah penting yang harus dipahami saat belajar saham untuk pemula ini wajib dipahami. Hal ini karena sekuritas adalah suatu objek yang bisa dengan mudah dipindahkan dengan melalui transaksi jual beli. Istilah ini sangat penting untuk dipahami sebelum terjun langsung ke pasar saham karena akan menjadi bekal agar lebih mengerti bagaimana alur yang akan terjadi.

4. Initial Public Offering / IPO

Istilah penting dalam dunia saham lainnya yang harus dipahami adalah IPO atau Initial Public Offering. IPO adalah istilah yang merujuk pada sebuah penawaran umum. Disini, perusahaan saham akan menawarkan dan juga menjual saham yang telah diterbitkannya kepada masyarakat secara luas. Sehingga transaksi jual beli saham akan bisa terjadi lebih kondusif.

IPO juga seringkali dijadikan sebagai salah satu penanda saat perusahaan swasta berubah menjadi perusahaan publik. Sehingga istilah ini juga sering disebut juga dengan go public/ Pada dasarnya, istilah IPO ini akan digunakan untuk perusahaan yang akan masuk ke bursa saham Indonesia atau ke BEI (Bursa Efek Indonesia) untuk yang pertama kalinya secara resmi.

5. Jenis keuntungan Dividen

Istilah lainnya yang penting untuk diketahui saat belajar saham untuk pemula adalah deviden. Istilah ini akan merujuk pada keuntungan yang akan didapatkan. Jenis keuntungan ini akan didapatkan dari perolehan laba perusahaan saham yang akan dibagikan kepada seluruh pemegang saham dengan presentasi yang sesuai dengan jumlah investasinya.

Itulah beberapa jenis istilah penting dalam dunia saham yang harus kamu pahami terlebih dahulu sebelum terjun langsung kedalamnya. Jangan sampai ketika ingin terjun langsung kedalam dunia saham, kamu tidak mengerti dasarnya. Walau saat ini transaksi jual beli saham bisa dilakukan dengan mudah namun tetap harus mengerti tentang aturannya.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00