Untung Dan Rugi Berinvestasi Saham Syariah

by adminsysa
4 mins read

Untung dan Rugi Saham

Beberapa waktu lalu, kalangan investor dikejutkan dengan adanya berita PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang tersandung kasus PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang) perusahaan. Akhir-akhir ini juga terdapat pemberitaan terbaru mengenai perusahaan tersebut juga didenda oleh MA sebesar Rp 1 Miliar. Informasi ini menjadi pemberitaan yang serius mengingat bahwa PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk adalah salah satu maskapai milik negara.

Bangkrutnya perusahaan menjadi salah satu kerugian yang dapat dialami oleh investor di pasar modal. Banyak faktor yang mengakibatkan suatu perusahaan harus menutup usaha yang telah dijalankannya. Disamping kerugian yang ada dalam berinvestasi di pasar modal, terdapat juga berbagai keuntungan yang bakal diperoleh. Tapi apakah kerugian di pasar modal hanya sekedar bangkrutnya perusahaan? Berikut berbagai keuntungan dan kerugian yang ada saat berinvestasi di pasar modal :

KEUNTUNGAN

1. Gain dari selisih harga

Singkatnya, gain adalah keuntungan yang diraih dari aksi investor ketika menjual saham yang dimiliki dalam rentang waktu tertentu. Investor saham mengerti betul bahwa saham cenderung memiliki volatilitas yang tinggi, sehingga tak jarang saham akan berada pada harga tertentu dan investor melakukan aksi jual atau beli saham tertentu yang membuat investor akan mendapatkan keuntungan atau bahkan mengalami kerugian. Gain bisa diperoleh dalam jangka waktu tertentu, baik itu jangka waktu yang singkat bahkan cenderung singkat.

2. Bagi hasil laba perusahaan atau dividen

Dalam kepemilikan saham, tentunya investor sudah memberikan sebagian hartanya untuk membeli kepemilikan suatu perusahaan. Tentunya perusahaan juga akan memberikan sebagian keuntungannya untuk diberikan kepada para pemilik sahamnya sebagai timbal balik dari kepemilikan saham. Keputusan pembagian laba perusahaan ini diumumkan secara detail, mulai dari total laba yang didapatkan perusahaan hingga laba yang akan disebar kepada para pemilik saham pada RUPS yang diadakan oleh perusahaan satu tahun sekali.

3. Berkesempatan untuk bertemu dengan direksi perusahaan

Mungkin tak terbayangkan bahwa bertemu dengan orang yang cukup terkenal atau bahkan terpandang dan memiliki jabatan strategis di suatu perusahaan dapat dijumpai oleh investor dari kalangan masyarakat biasa. Hal ini bisa ditemukan ketika investor dari kalangan masyarakat biasa yang memiliki sejumlah saham perusahaan mengikuti RUPS.

4. Mendapatkan souvenir dari perusahaan

Selain berkesempatan bertemu dengan jajaran direksi perusahaan, masyarakat yang menjadi investor juga mendapatkan souvenir yang beragam. Tak jarang perusahaan yang menyelenggarakan RUPS juga memberikan produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut, mulai dari keperluan rumah tangga hingga peralatan elektronik yang dapat digunakan sehari-hari seperti earphone.

untung dan rugi

KERUGIAN

1. Bangkrutnya perusahaan

Sebagaimana pemaparan di awal,  bahwa bangkrutnya perusahaan merupakan salah satu risiko yang ada sebagai seorang investor saham. Setiap perusahaan memiliki peluang untuk bangkrut namun hal tersebut dapat diatasi jika perusahaan memiliki kebijakan yang cukup baik untuk keberlangsungan perusahaan.

Selain kebijakan internal perusahaan, kebijakan ekonomi suatu negara juga dapat mempengaruhi kinerja dari perusahaan tersebut sehingga manajemen perusahaan harus membuat kebijakan yang sekiranya dapat membuat perusahaan dapat bertahan dan tetap memiliki kinerja yang baik.

2. Loss dari selisih harga

Jika tadi sudah dijelaskan bahwa gain adalah kenaikan dari selisih harga, maka loss adalah kebalikannya. Loss merupakan suatu kerugian yang dialami oleh investor saham ketika membeli atau menjual saham yang dimiliki. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kerugian dalam jual beli saham, diantaranya terdapat dalam artikel berikut Menghindari Risiko Saham Syariah Dengan Analisa

3. Terganggunya psikologis investor

Dalam bertransaksi saham, hendaknya investor menyiapkan diri ketika dalam keadaan yang sedang tidak menguntungkan. Pasalnya, pergerakan market yang sangat fluktuatif menyebabkan investor harus mempersiapkan diri dalam berbagai keadaan, khususnya soal psikologis. Banyak dari kalangan investor saham yang belum siap dengan keadaan tersebut sehingga hal ini dapat mempengaruhi aspek psikologis. Tak heran jika kita mendapati banyak investor yang terjebak FOMO (Fear Of Missing Out).

FOMO adalah situasi dimana investor yang merasa takut ketinggalan kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang besar dan cepat dari kenaikan harga saham tertentu. Maka dari itu, fenomena FOMO akan menyebabkan seorang investor dapat melakukan tindakan panic buying (pembelian dalam keadaan panic) dikarenakan takut saham yang belum di beli akan naik tinggi atau saham yang belum dijual akan turun drastis.

Berbicara mengenai untung rugi, berinvestasi saham syariah juga terdapat keuntungan dan kerugian yang pasti akan investor rasakan. Dalam hal investasi syariah, salah satu platform yang terpercaya dalam pengalaman berinvestasi syariah yaitu dengan berinvestasi di HP Sekuritas.

PT Henan Putihrai Sekuritas (HP Sekuritas) adalah perusahaan perdagangan efek terdepan dalam transaksi online trading syariah. HP Sekuritas mengeluarkan produk unggulan berupa HPX Syariah yang memfasilitasi berbagai kebutuhan investasi syariah kamu. Dalam HPX Syariah tersedia berbagai fitur sedekah, zakat dan wakaf saham yang tersedia dalam satu aplikasi.  PT Henan Putihrai Sekuritas bekerjasama dengan berbagai stakeholder yang siap dalam mendistribusikan hasil dari sedekah, zakat dan wakaf saham, yaitu BAZNAS RI dan Global Wakaf.

Saat ini, HP Sekuritas memiliki produk unggulan berupa BERKAH (Berinvestasi Sambil Sedekah), dimana produk ini memfasilitasi nasabah yang hendak bersedekah dan menunaikan zakatnya dengan saham. Selain produk sedekah saham, HPX Syariah juga menyediakan produk lain berupa zakat saham yang disalurkan pada program ZCD (Zakat Community Development) BAZNAS RI. Lalu tersedia juga wakaf saham yang bekerjasama dengan Global Wakaf dalam penyaluran wakaf produktif ke seluruh Indonesia.  Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman HP Sekuritas.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment