Mengenal Aksi Korporasi Perusahaan Terbuka

by adminsysa

Aksi Korporasi

Sebagai seorang investor saham, hendaknya mengetahui berbagai macam kondisi yang ada pada saham dari perusahaan yang dimiliki. Arah dari kebijakan perusahaan yang diambil akan menentukan apakah saham dari perusahaan yang dimiliki tersebut mempunyai prospek cukup baik untuk kedepannya atau malah akan berdampak kepada harga saham itu sendiri untuk waktu kedepan.

Namun apakah sekedar itu saja macam-macam aksi korporasi yang ada? Berikut penjelasan  secara ringkas  beberapa aksi korporasi yang sering terdengar pada perusahaan terbuka :

1. RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) atau General Meeting of Shareholders

Menurut UU Perseroan Terbatas, RUPS adalah organ perseroan yang mempunyai wewenang yang tidak diberikan kepada direksi atau dewan komisaris dalam batas yang ditentukan dalam undang-undang dan/atau anggaran dasar. Dalam hal lain juga dijelaskan bahwa RUPS adalah forum tertinggi yang diselenggarakan oleh perseroan terbatas. Tujuan dari RUPS sendiri adalah memutuskan berbagai kebijakan yang akan dijalankan oleh perusahaan untuk waktu yang akan datang, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

2. Dividen

Menurut KBBI, Dividen berasal dari kata Divide atau pembagian. Dividen adalah bagian laba atau pendapatan perusahaan yang besarnya ditetapkan oleh direksi serta disahkan oleh rapat pemegang saham untuk dibagikan kepada para pemegang saham. Artinya, Dividen akan dibagikan setelah satu tahun lamanya operasional perusahaan berjalan dan akan dilaporkan pada forum tertinggi perusahaan yaitu RUPS. Besaran dividen yang akan investor dapatkan biasanya tergantung dari jumlah lembar saham yang dimiliki dan tergantung pada nilai keuntungan yang disahkan pada RUPS.

3. Merger, Konsolidasi dan Akuisisi

Merger (penggabungan) adalah aksi yang dilakukan oleh perusahaan utuk menggabungkan diri dengan perusahaan lain yang sudah ada dan menyebabkan perusahaan tersebut Konsolidasi (peleburan) adalah aksi perusahaan dimana beberapa perusahaan sepakat untuk meleburkan diri menjadi satu perusahaan baru. Akuisisi adalah aksi perusahaan dimana suatu perusahaan mengambil alih perusahaan lain dan beralihnya pengendalian dari perusahaan tersebut.

aksi korporasi

4. Right Issue/HMETD

Right Issue atau Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) adalah suatu aksi perusahaan yang dimana para pemegang sahamnya diberikan hak istimewa untuk membeli saham perusahaan tersebut dalam waktu tertentu. Menurut POJK No. 14 /POJK.04/2019, adalah hak yang melekat pada saham yang memberikan kesempatan pemegang saham yang bersangkutan untuk membeli saham dan/atau Efek Bersifat Ekuitas lainnya baik yang dapat dikonversikan menjadi saham atau yang memberikan hak untuk membeli saham, sebelum ditawarkan kepada Pihak lain.

5. Warrant

Warrant atau waran adalah suatu hak yang diberikan oleh emiten kepada pemegang sahamnya untuk membeli lembaran saham pada harga yang telah ditentukan oleh emiten yang menerbitkannya dalam jangka waktu tertentu. Yang membedakan antara saham dengan warrant adalah pada warrant terdapat huruf “W” dibelakang kode suatu saham.

6. Stock Split dan Reverse Stock Split

Stock Split adalah aksi dimana emiten memecah nominal saham menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Umumnya, stock split dilakukan emiten guna mencapai likuiditas saham emiten tersebut. Dan adapun reverse stock split adalah suatu aksi dimana emiten menggabungkan kembali nilai saham yang sudah dipecah untuk disatukan kembali.

7. Buy Back

Secara sederhana, buyback saham adalah aksi yang dilakukan oleh perusahaan untuk membeli kembali saham yang telah beredar di umum. Dalam prosesnya, perusahaan menginvestasikan dana yang dimiliki untuk membeli saham perusahaannya sendiri dari publik

8. Konversi Saham

Konversi Saham adalah suatu aksi korporasi dimana emiten mengubah saham yang dikeluarkan dikonversi menjadi instrumen investasi lain seperti obligasi. Dalam beberapa kasus, emiten mengubah saham biasa yang dikeluarkan menjadi saham preferen atau saham istimewa.

PT Henan Putihrai Sekuritas (HP Sekuritas) adalah perusahaan perdagangan efek terdepan dalam transaksi online trading syariah. HP Sekuritas mengeluarkan produk unggulan berupa HPX Syariah yang memfasilitasi berbagai kebutuhan investasi syariah kamu. Dalam HPX Syariah tersedia berbagai fitur sedekah, zakat dan wakaf saham yang tersedia dalam satu aplikasi.  PT Henan Putihrai Sekuritas bekerjasama dengan berbagai stakeholder yang siap dalam mendistribusikan hasil dari sedekah, zakat dan wakaf saham, yaitu BAZNAS RI dan Global Wakaf.

Saat ini, HP Sekuritas memiliki produk unggulan berupa BERKAH (Berinvestasi Sambil Sedekah), dimana produk ini memfasilitasi nasabah yang hendak bersedekah dan menunaikan zakatnya dengan saham. Selain produk sedekah saham, HPX Syariah juga menyediakan produk lain berupa zakat saham yang disalurkan pada program ZCD (Zakat Community Development) BAZNAS RI. Lalu tersedia juga wakaf saham yang bekerjasama dengan Global Wakaf dalam penyaluran wakaf produktif ke seluruh Indonesia.  Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman HP Sekuritas.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment