Perusahaan Ultrajaya Milk Industry (ULTJ) ialah perusahaan produksi minuman yang berdiri sejak tahun 1971. Tentunya, warga Indonesia tidak asing lagi dengan perusahaan ini karena terkenal akan minuman susunya yang segar dan tersedia di toko-toko sekitar. Perlu diketahui bahwa perusahaan ULTJ ini memiliki sejarah yang panjang dan unik diketahui.
Profil Perusahaan Ultrajaya Milk Industry
Industri Ultrajaya Milk Industry ialah perusahaan yang menghasilkan berbagai varian produk minuman terkenal di Indonesia. Pada awalnya, perusahaan ini hanyalah sebuah industri rumah tangga yang sederhana dan kemudian dirintis oleh seorang pengusaha. Produk yang dikembangkan pun hanyalah sebatas susu. Akan tetapi, perusahaan ini kini mengembangkan berbagai varian minuman lain.
Dalam perkembanganya, Ultrajaya Milk telah menjadi yang terdepan sebagai industri susu cair di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan kapasitas produksi yang menyentuh angka 1 juta liter per harinya. Maka dari itu, total produknya mampu menguasai setidaknya lebih dari 90% di pasar domestic. Ternyata, produk-produk yang dihasilkan tidak hanya memenuhi permintaan pasar tapi juga merambah hingga pasar internasional.
Dalam jangka panjang, ULTJ berencana memperluas jaringan distribusinya. Hal ini ditunjukkan dengan kapasitas produksi sebanyak 125.000 toko ritel melalui 50 distributor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini didukung dengan adanya pabrik baru yang beroperasi. Pabrik ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas produksi hingga mencapai 80%-90%. Bisa dibilang, angka tersebut melebihi 360 juta hingga 390 juta liter susu cair per tahunnya.
Perusahaan ini juga menghasilkan produk yang bertahan lama dan memiliki pabrik besar di Indonesia yang mengelola keju. PT Ultrajaya Milk Industry Tbk (ULTJ) mempunyai lokasi strategis karena berada di pusat daerah pedalaman Bandung. Disamping itu, tempat yang tanahnya subur ini juga menyediakan suatu sumber yang terjamin kualitasnya.
Daerah ini menyediakan bahan-bahan segar yang berlimpah mulai dari susu, teh, hingga buah-buahan khas. Bahan-bahan yang diolah perusahaan dinilai segar karena telah melalui proses temperature amat sangat tinggi atau UHT yang kemudian menggunakan teknologi kemasan aseptic.
Salah satu alasan utama mengapa perusahaan ini sangatlah sukses yaitu karena kemampuannya dalam mengantisipasi perusahaan pasar serta memenuhi permintaan suatu populasi makmur yang lebih dari 200 juta orang. Disamping itu, perusahaan juga mampu memberikan tanggapan yang tepat terhadap permintaan pelanggan dengan keterampilan dalam mengembangkan produk sekaligus strateginya.
Kesuksesan PT Ultrajaya Milk Industry Tbk (ULTJ) tercermin dari lebih dari 60 minuman dan produk makanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Adapun produk-produk yang ditawarkan yaitu jus buah, susu UHT, teh minuman kesehatan, keju, mentega, sari jus buah, susu bubuk full cream serta susu kental manis.
Kini, 90% dari volume produksi perusahaan telah dijual di dalam negeri sedangkan sisanya diekspor ke negara-negara terbatas, seperti Asia, Eropa, Timur Tengah, Amerika Serikat, dan Australia. Tidak heran jika perusahaan ini sangat besar. Hal ini berkat strategi pemasaran dan kemampuannya dalam menghadapi kebutuhan pasar.
Perseroan ini memprioritaskan kesehatan dan keamanan produk makanan dan minumannya. Hal ini didukung dengan adanya serangkaian uji laboratorium yang ketat dan lengkap mulai dari bahan baku, proses, alat, hingga produknya. Dengan begitu, standar kualitas telah ditetapkan dan diterapkan pada setiap produk yang dihasilkannya. Sehingga kualitas kesehatan pelanggan tercapai secara konsisten.
Sejarah dari Perusahaan Ultrajaya Milk Industry
Seperti yang diketahui bahwa pada awalnya, perusahaan ini hanyalah memproduksi susu. Adapun susu yang dikembangkan oleh perusahaan keluarga ini hanyalah susu yang dipasteurisasi. Seiring berjalannya waktu, pemilik perusahaan memperbaiki profil perusahaan dengan mengubah status dari perusahaan perseorangan menjadi perusahaan berbadan hukum atau persekutuan komanditer.
Tepatnya pada tanggal 22 Oktober 1968, perusahaan ini berganti nama menjadi CV Djaja Murni Trading and Industry Company secara resmi. Memasuki tahap perkembangan, perusahaan ini akhirnya mengganti namanya menjadi PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company sebagai perusahaan perseroan.
Pada saat inilah, perusahaan mempelopori pengembangan minuman yang bebas dari hama atau aseptic. Hal ini bertujuan untuk memenuhi banyaknya permintaan pasar pada minuman refrigeration free yang ada Indonesia. Kini, ULTJ telah menjadi perusahaan terkenal di Indonesia yang menghasilkan berbagai varian minuman bebas hama atau aseptik.
Perlu diketahui bahwa perusahaan ini memulai sejarahnya sebagai sebuah bisnis keluarga dari Ahmad Prawirawidjaja pada tahun 1960an. Pada pertengahan 1970 an, teknologi pengolahan Ultra high Temperature serta teknologi pengemasan karton antiseptic mulai dimanfaatkan. Lima tahun tahun kemudian, ULTJ mulai melakukan kegiatan produksi susu cair bermerk “Ultra Milk”.
Pada tahun 1978, perusahaan ini memproduksi sari buah UHT yang bermerk “Buavita”. Pada tahun 1980an, perusahaan mulai memproduksi sari kacang ijo, minuman kola bermerk “Cola Pack”, sari buah asam dengan merek “Asem Asli”, serta teh UHT yang bermerk “Teh Kotak”. Di tahun yang sama, perusahaan membuat perjanjian berlisensi dengan Kraft General Food Ltd yang berasal dari USA.
Penekenan perjanjian tersebut bertujuan untuk memproduksi sekaligus memasarkan keju yang bermerk “Kraft”. Hal ini juga berlaku sama pada Nestle dalam menghasilkan produk Milo RTD, Mead Johnson untuk produk isotonic Lytren dan Carlsberg yang bermerk Pripps. Kemudian, ULT melakukan patungan dengan perusahaan Kraft Heinz.
Pada tahun 1990an, PT Ultrajaya Milk Industry Tbk (ULTJ) resmi terdaftar di BEI atau Bursa Efek Indonesia. Di tahun yang sama, perusahaan mulai memproduksi susu kental manis. Di tahun yang sama, perusahaan telah melakukan 3 kali penawaran umum dengan HMETD yaitu tahun 1994, 1999, dan 2004. Sejak saat itulah, perusahaan terus tumbuh dan berkemang pesat hingga mejadi produsen susu cair segar terdepan.
Di tahun berikutnya, susu bubuk mulai diproduksi dengan mitra Meiji Dairies. Memasuki tahun 2000an, perusahaan menjalin bersamanya (toll packaging) dengan PT Sanghiang Perkasa yang telah memperoleh lisensi dari Morinaga Milk Industry. Kerjasama tersebut dilakukan untuk memproduksi sekaligus mengemas susu bubuk bagi bagi.
Pada tahun 1994, perseroan berusaha mengembangkan usahanya dengan memproduksi susu kental manis atau Sweetened Condensed Milk. Setahun kemudian, perusahaan mencoba memproduksi Powder Milk atau susu bubuk. Mulai 2002, perseroan mulai fokus pada pemasaran produk dan tidak lagi menjadi distributor PT Kraft Ultrajaya Indonesia.
Pada tahun 2008, ULTJ menjual minuman sari buah bermerk “Buavita” dan “Gogo” ke perusahaan Unilever Indonesia. Kemudian, perusahaan mengadakan perjanjian produksi dengan Unilever Indonesia agar dapat melakukan kegiatan produksi dan pengemasannya. Pada tahun 2020, PT Ultrajaya Milk Industry Tbk (ULTJ) mulai membangun gudang serta pabrik baru yang berada di Kawasan Industri MM2100.
Itulah sekilas informasi mengenai profil dan sejarah dari PT Ultrajaya Milk Industry Tbk (ULTJ). Perusahaan ini selalu mengedepankan kualitas produk dan kebutuhan konsumen. Apalagi, perusahaan ini memiliki strategi pemasaran yang unik. Tidak heran jika perusahaan ini menjadi industri susu terdepan yang ada di Indonesia.
Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!