PT Samindo Resources Tbk (MYOH) Profil dan Sejarahnya

by Minsya
4 minutes read

Sektor pertambangan dan batu bara di Indonesia memang sangat menggiurkan. Banyak perusahaan yang bergelut di sektor tersebut, salah satu yang terkemuka adalah PT Samindo Resources Tbk (MYOH). Yaitu sebuah perusahaan yang dikenal fokus pada jasa pertambangan yang berhasil membantu banyak klien dari awal masa berdirinya. Inilah gambaran singkat profil dan sejarah dari perusahaan ini!

Profil Samindo Resources

Samindo Resources merupakan induk dari empat anak perusahaan yang telah lama berkecimpung di sektor pertambangan Indonesia, yaitu PT Mintec Abadi, PT Trasindo Murni Perkasa, PT Samindo Utama Kaltim, dan PT SIMS Jaya Kaltim. Keempat anak perusahaan tersebut menawarkan jasa pertambangan yang bervariasi. 

Mulai dari pemindahan batuan penutup, produksi batubara, pengangkutan batubara, hingga pengeboran dan eksplorasi. Dengan variasi jasa yang ditawarkan tersebut, maka wajar jika perusahaan ini menjadi salah satu yang terkemuka dan terintegrasi. Menjadikan banyak pihak yang melakukan kerjasama. 

Salah satu pihak yang mempercayakan pengelolaan tambang ke perusahaan ini adalah PT KIDECO Jaya Agung, yang telah bekerja sama selama lebih dari dua windu. Dimana lokasi tambangnya ada di Kalimantan Timur. Dengan standar operasional yang terintegrasi, PT Samindo Resources Tbk ini punya komitmen kuat untuk terus memberikan yang terbaik bagi semua pihak yang bekerja sama. 

Samindo Resources

Sejarah Berdirinya Samindo Resources

PT Samindo Utama Kaltim didirikan pada tahun 1996, yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Samindo Resources di kemudian hari. Melanjutkan hal itu, tahun 2001 anak perusahaan yang lain, PT SIMS Jaya Kaltim mulai beroperasi. Yang mana fokus usahanya ada di jasa pemindahan batuan penutup, saat itu beroperasi di Pit Roto North.

Masih di tahun 2001, PT Trasindo Murni Perkasa ikut berdiri. Kemudian, di tahun 2004 PT Samindo Utama Kaltim dan PT Trasindo Murni Perkasa mendapatkan sertifikasi ISO 9001. Operasional ketiga anak perusahaan tersebut terus berjalan dan berkembang, hingga lima tahun setelahnya, anak perusahaan yang terakhir berdiri. Yaitu PT Mintec Abadi yang muncul pada tahun 2006.

Setahun setelahnya, pada tahun 2007, PT SIMS Jaya Kaltim mendapatkan kepercayaan untuk mengelola proses produksi batubara di Pit Roto North. Tidak hanya itu, PT Samindo Utama Kaltim dan PT Trasindo Murni Perkasa berhasil menyabet sertifikasi ISO 140001 di tahun 2008. Sebuah pencapaian yang sangat bagus untuk perusahaan jasa pertambangan. 

Anak perusahaan PT Samindo Resources Tbk tampaknya punya perkembangan yang pesat. Karena di tahun 2009 PT SIMS Jaya Kaltim berhasil dipercaya untuk mengelola proses pemindahan batuan penutup dan produksi batubara di Pit Samarangau. Selain itu, anak perusahaan ini juga berhasil mendirikan fasilitas pelatihan.

Setahun setelahnya, PT SIMS Jaya Kaltim juga selesai membangun fasilitas perumahan bagi para karyawan dan berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001 dan 140001 sekaligus. Namun, diluar perkembangan para anak perusahaan tersebut, ada ST International Corporation yang mengakuisisi PT MYOH Technology di tahun 2011.

Proses akuisisi tersebut yang kemudian berpengaruh pada keempat anak perusahaan tersebut. Karena PT MYOH Technology melakukan akuisisi pada PT SIMS Jaya Kaltim dan kemudian mendirikan Samindo Resources. Selanjutnya, PT Samindo Utama Kaltim, PT Trasindo Murni Perkasa, dan PT Mintec Abadi diakuisisi juga. Dengan begitu, empat anak perusahaan itu resmi bernaung di dalam Samindo Resources.

Setelah proses akuisisi dan merger tersebut, keempatnya berjalan beriringan. Hingga di tahun 2014, PT SIMS Jaya Kaltim berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 50001. PT Samindo Utama Kaltim dan PT Trasindo Murni Perkasa mendapatkan sertifikasi SMK3. Dengan capaian tersebut, Samindo Resources kemudian bertransformasi menjadi energy related company.

Tahun 2016, PT Samindo Resources Tbk berhasil mengukir prestasi dalam Investor Award, penghargaan dari majalah investor sektor industri dasar dan primer. Tidak hanya itu, di tahun 2018 PT SIMS Jaya Kaltim juga berhasil naik status dari IUJP lokal di Kalimantan Timur menjadi nasional. Prestasi yang juga tidak boleh dilupakan dari perusahaan ini.

Dengan semua anak perusahaan yang punya prestasi dan produk jasa terintegrasi, Samindo Resources punya reputasi bagus dalam industri jasa pertambangan di Indonesia. Hal itu tidak terlepas dari proses panjang dan juga banyaknya penghargaan serta sertifikasi yang diraih oleh perusahaan ini.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00