PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) : Cari Tahu Sejarahnya

by Minsya
6 minutes read

PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) ialah perusahaan gas terbesar di Indonesia. Pengusaha sekaligus komisaris utamanya ialah sosok yang berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan ini. Hal ini terbukti dari panjangnya sejarah dalam meraih kesuksesan hingga kini. Penasaran akan sejarah dan profil perusahaan ini? Berikut ulasan mengenai AGII yang perlu anda ketahui.

Perusahaan Samato atau disingkat sebagai AGII mulai mencetak sejarahnya pada tahun 1975. Pengusaha dan komisarisnya yaitu Arief Harsono membangun perusahaan ini dimulai dengan memproduksi asetilen. Bisa dibilang, perusahaan Aneka Gas Industri ini ialah perusahaan di bidang gas industry pertama Indonesia. Selain itu, jaringan distribusinya juga dinilai sebagai perusahaan yang terluas serta terbesar di negeri ini.

Berlokasi di Surabaya, perusahaan ini berkecimpung di bidang gas industri baik produk maupun layanannya. Lalu, perusahaan ini mencoba untuk memulai beberapa industry baru, seperti penawaran jasa atau pelayanan kesehatan konstruksi, petrokimia, elektronik, otomotif dan lain-lainnya. Dikarenakan terjun pada produk dan layanan gas, Samato lebih dikenal dengan perusahaan gas industri.

Sebagai upaya dalam mempertahankan posisi terdepan industry gas, AGII berkomitmen dan berusaha untuk terus menerus melakukan riset, inovasi hingga perkembangan produksi dan pelayanannya. Selain itu, perusahaan ini juga mempromosikan perkembangan IPTEK di Indonesia.

Agar mampu menghasilkan produk dan menawarkan pelayanan yang berpengaruh besar di kalangan industri-industri, AGII berupaya dalam memperluas kegiatan usahanya ke beberapa sektor bisnis, seperti property, otomotif, kimia, kesehatan, EPC, dan masih banyak lagi. Hal ini bertujuan untuk menawarkan solusi kepada para pelanggannya.

Samator percaya bahwa produk serta layanan yang diberikannya sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Sebagai produsen dari produk dan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat, perusahaan ini berupaya dalam mewujudkan kondisi kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik.

AGII telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan terhadap sumber daya manusia agar komitmen yang dicapai berhasil terwujud. Dengan begitu, ia dinilai sebagai salah satu perusahaan tingkat progresif tertinggi di Indonesia. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga menawarkan beberapa jenis tunjangan di luar sektor industri.

AGII
https://samatorgas.com/id/about/sekilas-perusahaan

Perkembangan Perusahaan Samator

Menariknya, PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) memiliki kepanjangan Samarinda-Toraja. Perusahaan ini memiliki jejak sejarah yang sangat panjang dengan pelajaran yang tidak ternilai. Hal inilah yang wajib diketahui agar bisa dijadikan sebagai acuan dalam mendirikan suatu perusahaan atau bisnis.

Perlu diketahui bahwa pembangunan perusahaan yang dimulai pada tahun 1975 mengalami perkembangan secara terus menerus hingga tahun 1993. Adapun pembangunannya pelayanan kebutuhan internal, seperti filling station atau pos pengisian dari gas industri, pabrik air separation plants atau ASP, dan pergudangan.

Kemudian, Grup Samator memutuskan untuk fokus pada bisnis di bidang industri konstruksi elektrikal, penjualan alat kesehatan dan mekanikal di tahun 1994. Pelanggan utama bisnis ini yaitu perusahaan gas industri swasta nasional atau asing dan BUMN. Contoh dari kliennya yaitu Pertamina.

Pada tahun 1996 hingga 1998, Samator mula terjun ke industri kimia dimana para kliennya dari pulp & paper, perusahaan tekstil, dan masih banyak lagi. Perusahaan ini juga ditunjuk sebagai agen distributor oleh perusahaan yang berasal dari Jepang. Perusahaan ini yaitu Central Uni yang menyediakan berbagai produk dan layanan di Indonesia, seperti operating theatre, gas related medical device, dan perencanaan dan pengaplikasian ICU.

Semua saham Samato yang dimiliki oleh Tira Austenite mengalami proses akuisisi di tahun 2004 hingga 2007. Dengan begitu, seluruh perusahaan beralih ke Keluarga Harsono. Di saat ini juga, perusahaan mulai terjun ke sektor otomotif dengan bisnis penjualan mobil, suku cadang kendaraan Mazda, dan jasa servis di Surabaya.

Memasuki tahun 2011, Grup Samato menjalin kerja sama dengan Universitas Gajah Mada. Hal ini diharapkan sebagai upaya pembangunan gedung UGM Samator Pendidikan yang berada di Jakarta. Di tahun ini juga, Samato menjadi agen distributor sepeda motor Vespa serta Piaggio dan layanan promosi produk sistem manajemen dan penyimpanan cryobiological.

Perusahaan ini juga menerbitkan obligasi dan Sukuk Ijarah II pada tahun berikutnya. Grup ini juga mengembangkan superblock, The Samator yang mencakup 3 menara, yaitu gedung perkantoran, Skysuites Soho, serta Hotel Novotel. Samator dengan Tomoe Shokai bekerja sama sebagai rangka pos pengisian dari gas sterilisasi dan air gas. Hal ini untuk melayani klien dari Jepang yang ada di Indonesia.

Pada tahun 2014, perusahaan ini menjadi agen distributor yang ditunjuk oleh Carecom dari Jepang serta Panasonic Healthcare dari Singapura. Perusahaan ini juga menjalin kerjasamanya dengan Taiyo Nippon Sanso Co mengenai pos pengisian air gas serta gas helium bagi pelanggan Jepang di Indonesia. Hingga kini, perusahaan ini sudah resmi menjadi agen distributor Honeywell yang memasarkan berbagai produk serta perlengkapan pelindung diri.

Tepatnya di 16 September 2016, Samator mendapatkan pernyataan dari Otoritas Jasa Keuangan untuk melakukan IPO kepada masyarakat sebesar Rp 766.660.000 dan saham nominal Rp 500 per sahamnya dengan tawaran Rp 1.100. Saham-saham inilah dicatat pada BEI pada 28 September 2016.

Produk dan Pelayanan Samator

Seperti yang diketahui bahwa PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) bergerak pada bidang industri gas. Bisa dibilang perusahaan ini merupakan industri kimia dasar anorganik gas industri, konstruksi, perdagangan, pengangkutan, jasa persewaan, kegiatan daur ulang sampah, serta sewa guna tanpa hak otopsi.

Kini, kegiatan usaha perusahaan ini bergerak pada bidang industri gas baik berupa gas, cair maupun padat. Selain itu, industri ini juga mendistribusikan produk gas dari produsen lain ke klien entitas sekaligus mendesain konstruksi serta pemasangan peralatan gas pada pabrik klien dan rumah sakit.

Adapun produk-produk gas dari Samator yaitu gas udara, gas medis gas campuran dan gas spesial, gas sintetis, gas hidrokarbon, dan gas lain-lainnya. Gas udara mencakup oksigen dan argon sedangkan gas medis yaitu oksigen medis, medical gas nitrogen, dinitrogen oksida, nitrogen, helium, karbon dioksida, gas kalibrasi, gas laser gas medis udara, gas campuran fungsi paru, serta gas cryopreservation.

Produk gas campuran yang dihasilkan oleh PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) yaitu helium, sulfur heksafluorida, karbondioksida dan high purity oxygen, gas campuran sebagai gas alam terkompresi, gas sterilisasi (etilen oksida),gas kalibrasi lingkungan serta mesin emisi untuk knalpot.

Gas-gas sintesis yang dihasilkan yaitu karbon monoksida, sulfur dioksida, serta hydrogen. Sementara itu, gas hidrokarbonnya yaitu gas petroleum, propane, gas alam serta asetilen. Tidak sampai situ, Samator juga menyediakan gas-gas lainnya yang bermanfaat bagi manusia seperti Kripton, Xenon, Neon, Ammonia, serta bahan bakar Samator.

Itulah informasi mengenai sejarah serta profil PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) yang perlu anda ketahui. Bisa disimpulkan bahwa perusahaan ini memiliki rekam jejak yang beragam dan kegiatan usaha yang aktif dalam mempertahankan posisinya sebagai industri gas terdepan sekaligus terbesar di Indonesia. 

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00