PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) ialah perusahaan yang beroperasi di bidang toko swalayan. Dirintis oleh sepasang suami istri bernama Paulus Tumewu serta Tan Lee Chuan, perusahaan terkenal ini berdiri pada tahun 1978 di Indonesia. Berbagai upaya dilakukan hingga berhasil mencapai kesuksesannya sebagai berikut.
Profil Ramayana Lestari Sentosa
Selama 40 tahun, Ramayana Lestari Sentosa beroperasi di bidang pakaian, makanan serta berbagai kebutuhan rumah tangga untuk tiga generasi konsumen di Indonesia. Sebagai salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, Ramayana Lestari Sentosa memiliki sekitar 100 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.
PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) pertama berdiri di tengah pusat kota Serang dengan lokasi strategis. Lokasinya cukup mudah diakses oleh kendaraan pribadi serta angkutan umum. Selain itu, wilayahnya terkenal dengan berbagai destinasi wisata yang ramai akan para wisatawan.
Ramayana Lestari Sentosa juga menyediakan tenant yang cukup lengkap, seperti Pizza Hut, KFC, hiburan café café dan billiard. Tidak hanya fasilitas hiburan, Ramayana Lestari Sentosa juga menyediakan berbagai stand makanan ringan serta kuliner khas daerah di Indonesia. Dengan begitu, konsumen juga dapat menikmati makanan atau wahana setelah berbelanja.
Sebagai strategi marketing atau pemasaran, Ramayana Lestari Sentosa menggunakan jasa figure yang terkenal dan sering tampil di TV yaitu Raffi Ahmad. Wajah segarnya membantu membangun reputasi ceria Ramayana khususnya bagi pemuda yang baru saja masuk sekolah dengan menghadirkan event Back to School. Sehingga, popularitas merknya meraih seantero nusantara.
Sejarah Ramayana Lestari Sentosa
PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) mulai membuka sejarahnya pada tanggal 14 Desember 1983. Dua tahun berikutnya, Ramayana menghadirkan berbagai produk sepatu, aksesoris dan tas. Di waktu yang sama, Department Store ini membuka toko pertamanya di luar Jakarta yakni Bandung dengan memperkenalkan berbagai produk yang tidak hanya pakaian.
Pada tahun 1989, Ramayana berubah menjadi jaringan ritel yang memiliki 13 gerai serta telah mempekerjakan 2.500 pekerja dengan produk yang lebih luas. Produknya meliputi kebutuhan rumah rangga, alat tulis serta mainan anak-anak. Sejak saat itu, Ramayana Lestari Sentosa sudah mulai dikenal banyak orang.
Berdasarkan Pasal 3 Anggaran Dasar Perusahaan, kegiatan utamanya yakni perdagangan umum barang-barang mencakup pakaian, sepatu, tas, kosmetik dan produk keseharian lainnya yang tersedia di gerai serba ada miliki perusahaan. Berbagai inovasi telah dilakukan dengan mengembangkan konsep belanja satu atap.
Dengan berbagai konsepnya, perusahaan ini semakin tumbuh hingga berhasil menjadi jaringan ritel terbesar di Indonesia. Kegiatan operasional 2 gerainya diberhentikan dan membuka 11 gerai baru di tahun 2007. Sebanyak 95 gerai dioperasikan dengan nama Ramayana, Robinson, Cahaya dan Orangemart.
Kini, perusahaan telah menjalankan sejumlah gerainya di 42 kota di Indonesia dengan mempekerjakan sekitar 17.687 pegawai yang berdedikasi tinggi pada perusahaan. Terlebih lagi, perusahaan telah mengoperasikan toko pertamanya di Papua. Hal ini sebagai salah satu upaya dalam memanjakan para konsumen dengan produk berkualitas tinggi dan harga terjangkau.
Pada tahun 2015, industri merencanakan cara menghadapi perekonomian yang tidak stabil di tingkat domestic serta global. Sebab, konsumen tengah menghadapi berbagai masalah inflasi, pengangguran dan lainnya. Selera masyarakat pun juga berubah-ubah dan tidak dapat ditebak sehingga Ramayana perlu melakukan berbagai upaya menghadapinya.
Dalam hal ini, perusahaan selalu melakukan ekspansi, promosi serta upaya meraih pangsa pasar untuk menarik perhatian pembeli. Pada tahun 2014, pengelolaan keuangannya tidak berhasil karena jumlah pengunjung serta penjualan mengalami kenaikan yang tidak dapat mengganti biaya pengeluaran.
Dengan begitu, keputusan yang dibuat tidak membuahkan hasil dan perencanaan pembukaan toko ditunda. Di tahun yang sama, hanya satu gerai yang baru saja dibuka yaitu di kota Malang. Bisa dibilang bahwa sepanjang tahun ini, Ramayana Lestari Sentosa menghadapi konflik musiman. Dalam hal ini, perusahaan mengupayakan yang terbaik dalam mengatasi faktor-faktor negative meski target gagal dicapai.
Itulah penjelasan mengenai PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) dan sejarahnya yang menarik diketahui. Dapat disimpulkan bahwa department store ini menjalankan kegiatan bisnisnya di bidang pakaian, aksesoris, tas dan kebutuhan rumah tangga lainnya dalam satu atap. Ramayana Lestari Sentosa juga terus melakukan strategi marketing dan upaya lainnya dalam menghadapi tantangan bisnis.
Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!