PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) Profil dan Sejarahnya

by Minsya
4 minutes read

Mitra Adiperkasa atau MAP ialah sebuah perusahaan ritel terkemuka untuk beberapa merk seperti olahraga, anak-anak serta gaya hidup. Berkantor pusat di Jakarta, perusahaan ini memiliki sekitar 3.701 titik penjualan yang tersebar di Indonesia, Vietnam, Thailand dan Filipina. Dibalik kesuksesannya, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) menyimpan sejarah menarik sebagai berikut.

Profil dari PT Mitra Adiperkasa Tbk

Sebagai perusahaan ritel dengan beberapa merk dagang terkenal di Indonesia, Mitra Adiperkasa atau MAP memiliki sebanyak 1395 gerai yang tersebar sekitar 50 kota di Indonesia. Perusahaan ini terdiri dari Department Store, Active, Supermarket, Lifestyle, Food and Beverage, dan Fashion. Hal ini termasuk pengembangan properti, holding investasi, penjualan kerajinan tangan dan operasi toko buku.

Adapun beberapa merk dagang makanan dan minuman yang berada dibawah naungan yakni Starbucks, Spice Garden, Burger King Cold Stone, Creamery, Domino’s Pizza, Chatterbox Café, Courtyard, Pizza Marzano. Untuk department store, perusahaan ini memiliki Debenhams, Sogo, Seibu dan Lotus.

Di bidang kids atau anak-anak, Mitra Adiperkasa atau MAP memiliki Barbie, Osh Kosh B’Gosh dan Kidz Station. Merk dagang fashion nya menaungi Calvin Klein, Giorgio Armani, Emporio Armani dan masih banyak lagi. Beberapa merk dagang sport yang dimilikinya yaitu Planet Station, Planet Sports, Adidas dan merk lainnya. Dari kesuksesannya, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) berhasil meraih beberapa penghargaan.

Beberapa penghargaannya yaitu masuk ke dalam ranking ke-23 dari daftar Indonesia’s Top 40 Companies A-List di majalah Forbes Indonesia tahun 2011, Top 20 Companies dari Indonesia’s Most Admired Companies pada tahun 2011, nominasi Top 20 Indonesia Stock Exchange’s Best Capital Award Companies pada tahun 2011, dan masih banyak lagi.

Mitra Adiperkasa
https://www.map.co.id/id/

Sejarah dari PT Mitra Adiperkasa Tbk

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) mulai membuka sejarahnya pada tahun 1995 dengan berbisnis di bidang distribusi olahraga. Kemudian, perusahaan melebarkan sayapnya di bidang produk mode serta gaya hidup. Perusahaan yang berekspansi ke bisnis perdagangan mainan anak-anak pada tahun 1997.

Di tahun 2002, Mitra Adiperkasa atau MAP mulai beroperasi di sektor makanan dan minuman dengan membuka gerai Starbucks Coffee. Perusahaan juga mulai menjalankan kegiatan bisnis garmennya di Gunung Putri, Bogor. Bisnis department store dirintis oleh perusahaan pada tahun 2003 dengan mengakuisisi PT Panen Lestari Internusa yang mengelola Sogo.

Mitra Adiperkasa (MAP) resmi melantai Bursa Efek Indonesia di tahun 2004. 10 tahun kemudian, perusahaan menjalin kerja sama dengan Everstone Capital untuk menjalankan gerai Domino’s Pizza serta Burger King. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kegiatan bisnisnya di bidang makanan dan minuman.

Tidak sampai situ, perusahaan menjalin kemitraan bersama CVC Capital Partners sebagai divisi Active. Perusahaan menghadirkan MAPEMALL.com, MAP (Mitra Adiperkasa) Retail School serta MAP Club di tahun 2016. Industri juga membuka gerai Zara pertamanya di Ho Chi Minh City, Vietnam. Di tahun yang sama, MAP (Mitra Adiperkasa) menjalin kemitraan strategisnya dengan General Atlantic untuk bisnis makanan dan minuman.

Setahun kemudian, MAP Boga Adiperkasa akhirnya resmi melantai Bursa Efek Indonesia. Anak perusahan ini turut membuka gerai Zara di Hanoi dan Massimo Dutti, Pull&Bear, serta Stradivarius di Ho Chi Minh City. Di tahun 2008, MAP Aktif Adiperkasa melantai BEI dan meluncurkan toko online yaitu Planetsports.asia dan Kidzstation.asia.

Digimap diluncurkan sebagai peritel premium dari produk Apple Inc pada tahun 2019. Hal ini dilakukan bersamaan dengan gerai Starbucks Dewata, gerai daring Zara.com.vn serta Zara.com/id. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) melakukan kegiatan ekspansi di Filipina pada tahun 2020.

Melalui anak perusahaannya yaitu PT MAP Zona Adiperkasa, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) membuka gerai Digiplus pada tanggal 9 Mei 2021 sebagai penjualan perangkat elektronik dari berbagai merk berkualitas tinggi, seperti laptop, speakers, aksesoris, smartphone, dan perangkat elektronik pintar lainnya.

Hingga tahun 2020, MAP memiliki kurang lebih 2.600 gerai ritel yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan 150 brand. Dengan brand yang beragam, seperti Sephora yang menyediakan bervariasi produk kosmetik, aksesoris, peralatan perawatan dan kecantikan serta wewangian.

Itulah ulasan mengenai profil dan sejarah PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang perlu diketahui. Perusahaan ritel ini menyediakan berbagai merk dagang terkenal dan terkemuka yang ada di Indonesia mulai dari fashion, makanan dan minuman, active, olahraga, gaya hidup dan kosmetik.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00