PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) Profil dan Sejarahnya

by Minsya
4 minutes read

PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) ialah perusahaan berkantor pusat di Jakarta yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang properti. Adapun properti utamanya yakni Kota Deltamas yang berada di Bekasi. Untuk mengetahui sepak terjang perusahaan dari Sinarmas Group ini, simak penjelasan di bawah ini.

Profil dari Perusahaan Puradelta Lestari

Perusahaan ini ialah hasil dari patungan antara Sinar Mas Land serta Sojitz Corporation. DMAS bergerak pada bisnis pengembangan real estate, seperti hotel, perumahan, komersial dan penyewaan dengan produknya yang dijual berupa kavling, produk komersial, ruko, dan produk residential.

Disamping itu, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) juga mengelola properti investasi persewaan pabrik, hotel, dan fasilitas penunjang lainnya mulai dari penyediaan air bersih, pengelolaan air limbah dan pengelolaan kawasan yang termasuk jasa pembersihan, perbaikan, pemeliharaan, pengamanan dan lainnya.

Salah satu properti utamanya yakni Kota Deltamas dibangun sebagai kota mandiri seluas 3.200 hektar di Cikarang, Jawa Barat. Properti ini memiliki 19 cluster perumahan, 1 hotel dan 7 unit pabrik sewa. Properti lainnya yaitu Greenland Square sebagai komplek commercial lot yang memiliki lahan seluas 17 hektar di boulevard utama Kota Deltamas.

Adapun 2 perumahan yang dikembangkan oleh perseroan ini yaitu Naraya Park serta Woodchester dengan 19 cluster di kota Deltamas. Satu kawasan industri juga dimiliki dengan nama Greenland International Industrial Center dengan luas kurang lebih 2.000 hektar dan berada di kota Deltamas. Di kawasannya, ada juga 7 area bangunan pabrik yang disewakan kepada perusahaan.

Puradelta

Sejarah Singkat dari Perusahaan Puradelta Lestari

PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) mulai mencetak sejarahnya pada tahun 1993 tepatnya pada tanggal 12 November 1993. Satu tahun berikutnya, DMAS memperoleh izin untuk mengelola lahan yang memiliki luas lebih dari 3.000 hektar di Kabupaten Bekasi. 25% saham dari DMAS kemudian diambil alih oleh Nissho Iwai pada tahun 1996.

Pada tahun 2001, PT Puradelta Lestari Tbk membuka akses secara langsung dari jalan tol arah Jakarta ke Cikampek untuk menuju Kota Deltamas. Di tahun 2002, DMAS akhirnya meluncurkan proyek perumahan pertamanya yang bernama Kota Deltamas. Hal ini diikuti pada peresmian pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi ke Kota Deltamas di tahun 2004.

Tidak sempat situ, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) mulai membangun kawasan industri ringan dengan nama Greenland Standard Factory Building. Empat tahun kemudian, perusahaan mulai menyiapkan lahan untuk kawasan industri yang berada di Zona A. Kawasan industri ini yaitu Greenland International Industrial Center atau GIIC.

Pada tahun 2008, PT Pembangunan Deltamas telah resmi menjadi anak perusahaan dari PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS). Lima tahun berikutnya, lahan untuk GIIC Zona C mulai dipersiapkan. Perusahaan juga mendapatkan pernyataan efektif dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan pada 20 Mei 2012. Hal ini dilakukan untuk melakukan IPO kepada public sebesar 4.819.811.100 saham dengan nilai Rp 100 per saham dan harga penawaran Rp 210 per sahamnya.

Perusahaan kemudian resmi terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 29 Mei 2015 dengan kode saham DMAS. Adapun dana yang berhasil dihimpun yakni sebesar Rp 1,01 triliun. Sesuai Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan usahanya berfokus pada bidang real estate yang disewa atau dimiliki sendiri serta kawasan industri.

Setahun kemudian, apartemen pertamanya di Kota Deltamas diluncurkan. Bersama Panasonic Homes, perusahaan menyiapkan lahan untuk GIIC Zona E di tahun 2021. Sebagai bagian dari upaya mengurangi emisi karbon, Puradelta Lestari memanfaatkan 10 unit sepeda motor listrik untuk mendukung kegiatan operasionalnya di bulan Agustus 2022.

Emiten lahan industri dan properti mencatatkan bahwa laba bersih yang dimilikinya yakni sebesar Rp 660 miliar di semester pertama tahun 2022. Pencapaian ini akhirnya meningkat hingga 128,7% dari laba bersih semester pertama tahun 2021 yang hanya mencapai Rp 289 miliar. Sementara itu, pendapatan usahanya meningkat 84% dari periode tahun sebelumnya.

Itulah penjelasan mengenai profil dan sejarah dari PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) yang menarik diketahui. Bisa disimpulkan bahwa DMAS ialah perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang real estate dengan berbagai properti terkenal yang dimilikinya. Bahkan, salah satu propertinya telah dipercayai oleh pemerintah setempat.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00