Mengenal dan Memahami Sukuk Ritel Dalam Berinvestasi Syariah

by Minsya
4 minutes read

Berbicara soal investasi tidak lepas dengan yang namanya sukuk ritel. Pasalnya seseorang tentu akan menginginkan investasinya yang aman dan nyaman. Selain itu juga menguntungkan dan terjangkau digunakan. Penasaran mengenai informasi seputar sukuk ritel? Simak berikut penjelasan lebih detailnya.

Sukuk ritel merupakan salah satu instrumen dalam berinvestasi secara syariah yang sudah diperkenalkan untuk digunakan dalam kegiatan perdagangan mulai dari domestik hingga mancanegara atau internasional. Oleh karena itu, jenis investasi sendiri juga sudah dilakukan sejak tahun masehi abad ke-6.

Indonesia salah satunya negara yang telah menerapkan sukuk ritel sebagai salah satu instrumen keuangan syariah yang telah diterapkan oleh pemerintahan melalu beberapa perusahaan ataupun lembaga seperti perbankan syariah. Lembaga tersebut tentu berperan menawarkan SBSN kepada masyarakat.

Menjadi salah satu instrumen dalam berinvestasi secara syariah, sukuk ritel sendiri memiliki tujuan utama yaitu membiayai APBN dan proyek ataupun infrastruktur yang ada di Indonesia. Maka dalam hal tersebut sukuk ritel dikelola berdasarkan dengan prinsip syariah islam di Indonesia.

Dalam berinvestasi secara syariah tentu memiliki beberapa persyaratan diantarannya dalam berinvestasi dengan tidak menerapkan unsur-unsur yang bertolak belakang dengan prinsip syariah islam. Beberapa hal yang dilarang dalam investasi syariah adalah judi (maysir), ketidakjelasan (gharar) dan riba (usury).

Seseorang yang ingin berinvestasi harus menjauhi larangan tersebut, pasalnya keterangan telah ditetapkan oleh Dewan Syariah Nasional dari Majelis Ulama Indonesia. Oleh karena itu, pernyataan yang diberikan tidak boleh dilanggar bagi siapapun yang akan melakukan investasi didalamnnya.

Masih sama dengan jenis investasi lainnya, sukuk ritel juga menawarkan keuntungan bagi seseorang yang ingin berinvestasi dalam aspek finansial pada investor ataupun pemiliknya. Namun, hal ini berbeda dengan obligasi yang dimana obligasi berbagi keuntungan menggunakan kupon atau bunga. 

Pembagian dari keuntungan yang dihasilkan dari investasi secara syariah dilakukan sesuai berdasarkan hasil dari, uang sewa (margin), dan imbalan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu ketetapan yang diperoleh dilakukan ketika investor melakukan akad persetujuan secara sah dengan lembaga yang bersangkutan.

Sukuk Ritel
freepik.com

Investasi Sukuk Ritel Memberikan Kemudahan dan Keuntungan

Sukuk ritel memberikan alternatif kemudahan bagi seseorang yang berinvestasi dengan secara, mudah, aman, dan nyaman. Oleh karena itu Kementrian Keuangan Republik Indonesia menerbitkan surat sah secara syariah, bahwa jenis investasi ini dapat memberikan keuntungan dan terjangkau.

Jika ditinjau dari segi aspek terjangkau, investasi dalam sukuk ritel menjadikan salah satu investasi secara syariah yang cukup menarik banyak perhatian bagi masyarakatnya. Pasalnya terjangkau tersebut relatif dari segi finansial yang ingin melakukan investasi sesuai dengan prinsip syariah yang diberlakukan.

Investasi melalui sukuk ritel terbilang dapat menunjang untuk jangka cukup panjang, hingga 3 tahun lamanya. Sehingga dalam kurun waktu 3 tahun lamanya investor atau pemiliknya akan mendapatkan imbalan di setiap bulannya sesuai dengan kesepakatan yang telah dibeli melalui investasi syariah.

Keuntungan Melakukan Investasi Sukuk Ritel

Keuntungan tentu merupakan hal dasar yang menjadi sesuatu yang didambakan seseorang dalam berinvestasi. Terlebih hal tersebut terjadi dalam melakukan investasi syariah sukuk ritel. Namun, tidak semuanya keuntungan berbentuk uang, beberapa keuntungan yang didapatkan juga beragam.

1. Tingkat Imbalan Kompetitif

Melalukan investasi syariah tidak menutup kemungkinan untuk mendapat keuntungan yang tergolong kompetitif. Pasalnya imbalan yang diberikan bisa berupa uang sewa (ujrah). Sehingga presentase yang dihasilkan, ditetapkan jika sudah menyetujui pembelian dengan pihak lembaga yang bersangkutan.

Jika diperjelas imbalan yang diberikan cukup tinggi lebih dari rata-rata dari tingkat bunga pada deposito bank. Sehingga anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar melalui instrumen investasi syariah. Jangan khawatir juga investor akan tetap menerima imbalan disetiap bulannya juga.

2. Imbalan Bulanan

Seperti yang dibicarakan diatas, investor yang berinvestasi dalam instrumen sukuk ritel syariah dan memiliki niat menggunakan imbalan sebagai pemasukan bulanannya dipastikan menyukai cara kerja dari investasi jenis ini. Pasalnya mereka akan menerima imbalan disetiap bulannya dari investasi yang dilakukan.

3. Mendukung Pembangunan Nasional

Dana dari instrumen sukuk tentunya dapat mendukung pembangunan nasional mulai dari infrastruktur dan sarana prasarana fasilitas yang ada di Indonesia untuk memberi kemudahan dalam melakukan pembangunan secara merata. Itulah beberapa informasi menarik seputar sukuk ritel, semoga membantu.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00