3 Manfaat Pasar Modal Bagi Investor di Indonesia

by Minsya
5 minutes read

Saat ini, obrolan mengenai pasar saham sudah bukan menjadi hal yang aneh terutama di kalangan investor profesional. Bahkan anak muda dan masyarakat luas saat ini mulai mempelajari cara investasi di pasar modal. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari investasi ini. Untuk lebih jelasnya, yuk simak manfaat pasar modal bagi perusahaan, pemerintah dan masyarakat

1. Menerima Keuntungan dalam Jumlah Besar

Dalam hal ini, masyarakat diartikan sebagai bagian dari investor yang menginvestasikan sebagian dana untuk membeli instrumen pasar modal. Siapapun dapat berkesempatan untuk menjadi seorang investor di pasar modal. Manfaat pertama yang bisa diperoleh ketika bergabung ke pasar modal yaitu berupa keuntungan besar dalam beberapa periode tertentu.

Tujuan dari investasi ini sebenarnya sudah sangat jelas yaitu memperoleh keuntungan untuk bisa terus terus tergerak melakukan tanam modal. Keuntungan yang diperoleh ketika melakukan investasi saham yaitu berupa dividen dalam bentuk saham. Berinvestasi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena anda perlu memiliki ketelitian dan kesabaran.

2. Memperoleh Pilihan Investasi Baru

Keuntungan yang diperoleh saat melakukan investasi tidak bisa diperoleh dengan jangka waktu singkat sehingga anda perlu memperhitungkan tujuan dari melakukan investasi ini. Jenis investasi sebenarnya sangat beragam mulai dari beli emas, buka deposito, membeli properti atau lainnya. Pasar modal ini dapat memberikan banyak pilihan alternatif untuk berinvestasi

Manfaat Pasar Modal
freepik.com

Manfaat Pasar Modal untuk Perusahaan

1. Memperoleh Modal atau Dana Tambahan

Perusahaan yang menjual saham dibawah bursa efek Indonesia bisa disebut sebagai Emiten. Tanpa adanya emiten ini pastinya investasi pasar modal tidak akan pernah bisa berjalan. Manfaat pertama yang diperoleh perusahaan ketika menjual saham yaitu mendapatkan modal tambahan. Jenis saham yang dijual tersebut dapat dibeli oleh masyarakat, pemerintah maupun perusahaan lain.

Dari hasil penjualan saham ini, perusahaan mampu memperoleh modal tambahan  yang bisa digunakan untuk memutar roda produksi. Dengan begitu maka perusahaan tidak perlu melakukan pinjaman pada pihak ketiga. Penjualan saham ini akan bisa memberikan beberapa dana untuk dikelola dalam proses produksi barang atau jasa suatu perusahaan.

2. Menambah Jumlah Lapangan Pekerjaan

Keuntungan berikutnya yang didapatkan oleh pemerintah yaitu dapat menambah sumber daya manusia ketika pergerakan pasar modal terus mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat terjadi karena terpengaruh oleh produktivitas yang meningkat sehingga membutuhkan tenaga ahli dalam jumlah yang banyak atau sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Pasar Modal Untuk Pemerintah Indonesia

1. Meningkatkan Jumlah Pendapatan Negara

Keberadaan dari pasar modal ini secara tidak langsung akan memberikan dampak terhadap pemerintah dna kondisi ekonomi negara. Salah satu manfaat yang bisa diperoleh pemerintah yaitu berupa jumlah pendapatan Negara semakin meningkat. Pendapatan Negara yang bisa diperoleh dari pasar modal ini dapat berupa pajak yang dikenakan di setiap transaksi.

2. Membantu Menjalankan Roda Perekonomian

Manfaat berikutnya yang bisa dirasakan pemerintah ketika pasar modal terus mengalami perkembangan yaitu peningkatan perekonomian negara. Dengan bertambahnya jumlah investor yang membeli saham pada Emiten di pasar modal pastinya akan membuat perusahaan mendapatkan pendapatan atau modal untuk bisa memperluas bisnisnya.

Semakin berkembangnya suatu perusahaan, akan memberikan dampak yangs ebanding dengan kemajuan perekonomian negara. Kemudian, ketika perusahaan mengalami perkembangan bisnis pastinya akan membutuhkan banyak tenaga kerja dan membutuhkan tenaga kerja yang baru. Hal ini akan mendukung dibukanya lapangan kerja bagi masyarakat luas.

3. Menarik banyak Investor Asing

Manfaat pasar modal berikutnya yang bisa diketahui yaitu dapat menarik investor asing untuk melakukan investasi dalam negeri. Ketika perusahaan berhasil melakukan pengelolaan dengan sangat baik pastinya akan mampu menarik banyak investor asing untuk menanamkan modal di Indonesia. Hal ini akan memberikan banyak keuntungan bagi negara dan kemajuan perekonomiannya.

Manfaat yang disebutkan diatas bisa diperoleh ketika pasar modal bisa berjalan dengan aman dan lancar. Keuntungan yang diperoleh cukup merata dan tidak merugikan salah satu pihak baik pemerintah, investor dan perusahaan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda melakukan investasi melalui pasar modal dengan mencari perusahaan atau emiten terbaik dengan menggunakan strategi penentuan khusus.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00