Jihad Literasi Investasi Syariah di Indonesia

by adminsysa

Selain momen untuk melatih kesabaran, bulan Ramadhan sebagai bulan diturunkannya Al-Qur’an juga bisa dijadikan momen bagi umat Islam untuk meningkatkan literasi. Literasi ini dapat meliputi berbagai bidang kajian, salah satunya adalah investasi dalam keuangan dan pasar modal syariah. 

Otoritas Jasa Keuangan (2013) menyebutkan bahwa seseorang dapat dikatakan sebagai well literate dalam hal keuangan jika ia memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga, produk dan layanan jasa keuangan, serta keterampilan dalam mengetahui fitur, manfaat, risiko, hak dan kewajiban produk, serta layanan jasa keuangan tersebut.

Literasi Investasi Syariah

Dari survey Otoritas Jasa Keuangan (2019), tingkat literasi pasar modal masyarakat di Indonesia masih berada di bawah 5%. Jika dikaji lebih mendalam tentang literasi dan inklusi pasar modal syariah, maka angkanya sangat mengkhawatirkan. Dari hasil Survei Nasional Literasi Keuangan tahun 2016, tingkat literasi masyarakat terhadap pasar modal syariah berada di kisaran 0,02%. Angka ini masih jauh di bawah tingkat literasi perbankan syariah yang mencapai 8,1% atau asuransi syariah di sekitar 2,5%.

Meski demikian, secara kuantitatif, jumlah investor saham syariah terus mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak tahun 2015. Dalam enam tahun terakhir, jumlah investor saham syariah menorehkan pertumbuhan 1.813%, dari 4.908 orang pada tahun 2015 menjadi 93.870 orang pada akhir Maret 2021.

Literasi Investasi Syariah
freepik.com

Ini merupakan capaian yang fantastis bagi perkembangan pasar modal syariah Indonesia, meskipun secara jumlah masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan total penduduk. Untuk Cianjur sendiri, data Bursa Efek Indonesia Jawa Barat menunjukkan jumlah investor saham sebanyak 5.457 orang atau sekitar 1,51% dari total investor Jawa Barat.

Kondisi ini memotivasi kita untuk lebih mensyiarkan ekonomi syariah di tatar Sugih Mukti tur Islami. Dengan potensi Cianjur sebagai basis kaum santri, sudah selayaknya jika jihad literasi ekonomi syariah khususnya dalam bidang pasar modal menjadi tugas dan misi kita bersama, demi terciptanya masyarakat yang sejahtera duniawi, bahagia ukhrawi.

*Artikel ini telah terbit di Radar Cianjur 23 April 2021 ditulis oleh Asep M. Saepul Islam (Founder Syariah Saham & Sekretaris Umum MES Kabupaten Cianjur)

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment