Cum Date dan Ex Date: Istilah Wajib Investor Saham

by Minsya
4 minutes read

Apabila anda baru belajar saham untuk pemula, maka terdapat cukup banyak istilah yang sebaiknya diketahui sebelum terjun ke pasar modal. Di antaranya yaitu cum date dan ex date, yang menjadi tanggal penting bagi para investor. Sebab tanggal tanggal ini menjadi penentu untuk aksi korporasi rights issue, sampai pembagian dividen dan stock split. Lantas, apa artinya ? Yuk simak.

1. Cum Date

Cum date atau cumulative date merupakan tanggal terakhir bagi investor untuk mendaftarkan dirinya, agar memperoleh dividen atas kepemilikan saham suatu perusahaan. Jadi apabila anda ingin memperoleh dividen (keuntungan yang dibagikan kepada para pemegang saham), maka cum date adalah waktu terakhir anda dapat membeli saham perusahaan.

Sebagai contoh, perusahaan dengan kode saham KNY telah mengumumkan akan membagikan dividen kepada para pemegang saham sebesar Rp. 100 per lembar. Dimana cum date dijadwalkan pada tanggal 1 Agustus 2022. Itu berarti 1 Agustus 2022 merupakan hari terakhir seorang investor membeli saham KNY agar berhak memperoleh dividen Rp. 100 per lembarnya.

Tambahan informasi bagi yang belajar saham untuk pemula, cum date tersebut tidak sama dengan announcement date atau declaration date. Karena declaration date umumnya jatuh beberapa hari sebelum cum date. Dan menawarkan informasi lengkap seperti apakah perusahaan akan membagikan dividen, berapa jumlah dividen per lembar saham, kapan jadwal cum date, jadwal ex date, dan lain sebagainya.

2. Ex Date

Ex date atau expired date merupakan tanggal kedaluwarsa dari pencatatan kepemilikan saham perusahaan tertentu. Sehingga investor yang membeli saham di tanggal ini sudah tidak lagi berhak memperoleh dividen. Dihitung dari hari kerja, jadwal ex date biasanya adalah sehari setelah jadwal cum date.

Dilanjutkan dari contoh sebelumnya, perusahaan dengan kode saham KNY dijadwalkan cum date pada tanggal 1 Agustus 2022. Maka jadwal ex date saham KNY umumnya akan jatuh di tanggal 2 Agustus 2022. Di sini semua investor yang membeli saham KNY pada tanggal tersebut tidak berhak menerima dividen senilai Rp. 100 per lembarnya.

cum date
freepik.com

Pengertian Recording Date dan Payment Date

Selain cum date dan ex date, ada tanggal lain yang tidak kalah penting diketahui ketika hendak membeli saham untuk pemula. Tanggal yang dimaksud yaitu recording date dan payment date. Dimana jadwal untuk kedua tanggal ini pun biasanya akan diinformasikan kepada para investor saat  announcement date atau declaration date.

1. Recording Date

Recording date merupakan tanggal sebuah perusahaan melihat dan mencatat siapa saja pemegang saham yang akan memperoleh pembagian dividen. Jadi perusahaan akan merekap para investor setelah mereka membeli saham sebelum atau ketika cum date. Biasanya recording date dilakukan pada T + 2 setelah ex date atau T + 3 setelah cum date.

Contohnya perusahaan dengan kode saham KNY mengumumkan cum date tanggal 1 Agustus 2022 dan ex date tanggal 2 Agustus 2022. Apabila anda membeli saham perusahaan pada tanggal 1 Agustus atau sebelumnya, maka anda pun akan tercatat sebagai penerima dividen perusahaan pada tanggal 4 Agustus.

Di pasar tunai, recording date jatuh ketika cum date. Pembagian dividen pasar sendiri memang umumnya dibagi menjadi dua, yaitu pasar reguler dan tunai. Penyelesaian transaksi di pasar reguler biasanya dilakukan 2 hari setelah transaksi. Sementara itu, pembayaran transaksi di pasar tunai dilakukan di hari yang sama.

2. Payment Date

Satu lagi tanggal penting yang perlu diketahui ketika membeli saham untuk pemula, yakni payment date. Ini merupakan tanggal pembayaran dividen kepada pemegang saham suatu perusahaan. Adapun jadwal pembayaran biasanya ditetapkan sekitar 10 hari sampai dengan 2 hingga 3 minggu setelah ex date. Misalnya ex date jatuh di tanggal 2 Agustus, bisa saja anda baru mendapatkan dividen tanggal 21 Agustus.

Demikian penjelasan mengenai cum date dan ex date. Di atas juga dijelaskan terkait recording date serta payment date yang tidak kalah penting. Tanggal tanggal ini sebaiknya diketahui apabila anda ingin menjadi investor saham. Khususnya jika anda mengincar dividen sebagai keuntungan dari investasi tersebut.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

2 comments

Indra March 15, 2024 - 12:20 pm

Mohon penjelasannya.
Deviden nanti akan dibayarkan berapa saham atau di transfer ke rekening investor?

Terimakasih

Reply
Minsya March 17, 2024 - 8:00 pm

langsung ditransfer ke rekening RDN nasabah pemegang saham

Reply

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00