3 Cara Nabung Saham Syariah Begini Caranya!

by adminsysa

Cara nabung saham syariah harus Anda pelajari jika Anda ingin memperoleh keuntungan dari investasi ini. Selain itu, jenis investasi ini sudah pasti halal dan sesuai dengan syariat Islam.

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak orang menganggap apabila investasi saham hanya untuk mereka yang punya banyak uang. Namun pemikiran tersebut kini sudah bisa terbantahkan. Sebab semua orang sekarang bisa berinvestasi dengan saham meski hanya memiliki modal yang tidak seberapa.

Apalagi investasi sekarang tidak terlalu sulit untuk siapa saja lakukan. Karena bisa Anda lakukan dengan online. Maka tidak heran jika pelaku investasi online banyak yang berasal dari generasi muda yang ingin mewujudkan tujuan keuangan di masa nanti.

Investasi saham sendiri terbilang sangat cocok untuk mewujudkan tujuan keuangan dalam jangka panjang. Dengan modal investasi saham yang kian hari kian lebih murah. Anda bahkan bisa berinvestasi hanya dengan modal awal sebesar Rp. 100 ribu.

Tapi untuk terjun ke bidang investasi pastikan jika Anda sudah paham betul mengenai investasi dan produk apa yang nantinya akan Anda pilih. Seperti saham syariah yang terbilang halal dan mudah untuk siapa saja jalankan. Meskipun jika Anda termasuk pemula.

Cara Nabung Saham Syariah

Berinvestasi dengan saham syariah terbilang cukup mudah dan tidak sulit meskipun Anda hanyalah pemula yang baru terjun ke bidang ini.

Apalagi kini Anda bisa melakukannya secara online dan bisa melakukan pendaftaran secara online. Anda hanya perlu memeriksa situs perusahaan sekuritas atau platform investasi resmi penjual saham.

Sebelum memulainya pastikan jika Anda sudah paham bagaimana cara nabung saham syariah atau cara membeli di bursa efek Indonesia. Pastinya langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat rekening efek atau saham terlebih dahulu jika ingin memulai untuk berinvestasi saham.

Jika Anda berhasil membuat rekening saham maka Anda bisa melakukan langkah investasi secara online. Untuk membuat rekening saham, Anda bisa melakukannya di perusahaan sekuritas. Maka Anda wajib memilih perusahaan yang cocok untuk Anda berinvestasi.

Meski Anda bisa berinvestasi secara online namun untuk melakukan investasi dan membeli saham syariah caranya tak semudah membeli barang di toko terdekat. Untuk memberikan informasi lebih lengkap, di sini kami akan memberikan caranya secara lengkap:

Cara Nabung Saham Syariah
freepik.com

1. Mengetahui Daftar Saham Syariah

Jika pada Akhirnya Anda memilih untuk membeli saham syariah maka Anda harus mengetahui daftar perusahaan apa saja yang menyediakan saham syariah. Sekaligus mengenal perusahaan tersebut apakah aman dan menguntungkan untuk berinvestasi.

Terdapat tiga jenis saham syariah yang ada pada Bursa Efek Indonesia yakni Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), lalu ada Jakarta Islamic Index 70 (JII 70 Index), juga ada Jakarta Islamic Index (JII) dan terakhir ada IDXMESBUMN-17.

Di sana Anda bisa melihat emiten saham syariah yang cocok dan aman untuk Anda miliki. Selain itu Anda tak perlu khawatir karena ada banyak sekali pilihan saham syariah. ISSI pernah mengkonfirmasi terdapat lebih dari 400 saham syariah yang kini tersedia untuk Anda beli.

2. Bebas dari Praktik yang Tidak Sesuai dengan Syariat Islam

Jika Anda sudah mengetahui daftar emiten yang dapat Anda beli untuk melakukan investasi saham. Maka selanjutnya Anda bisa memeriksa ketepatan emiten tersebut. Dan jangan lupa untuk memastikan jika saham yang sudah tercatat sudah bebas dari segala tindakan yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Jika berdasarkan OJK sendiri terdapat beberapa syarat yang wajib terpenuhi agar suatu emiten termasuk ke dalam jenis saham syariah. Berikut ini syarat-syaratnya:

  • Jenis usaha, jasa, produk barang hingga akad pengelolaan emiten harus menggunakan prinsip syariah.
  • Emiten harus memenuhi ketentuan akad dan menandatanganinya jika perusahaan mereka berpegang dengan prinsip syariah.
  • Harus mempunyai Syariah Compliance Officer (SCO) agar bisa menjelaskan prinsip syariah. SCO sendiri adalah petugas yang ada di sebuah perusahaan atau lembaga yang memiliki sertifikat dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia.

3. Memilih Saham yang Tepat, Memeriksa Fundamental dan Melakukan Analisa Teknikal

Pada saat melakukan investasi saham Anda harus memilih saham yang tepat dengan menggunakan strategi yang akan membantu Anda memperoleh saham yang menguntungkan. Strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat fundamental saham yang hendak Anda beli.

Lalu jangan lupa untuk melakukan analisa teknikal dengan melihat performa saham tersebut. Anda bisa melakukannya dengan cara memeriksanya secara langsung lewat menu Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat yang ada di situs resmi IDX.

Anda harus yakin jika saham tersebut mempunyai kinerja yang baik. Dan memiliki kapitalisasi pasar yang besar. Sehingga juga mempunyai prospek bisnis yang cemerlang.

Untuk itu Anda harus memiliki pengetahuan yang banyak mengenai saham. Dengan cara mencari informasi sebanyak-banyaknya dan jangan malas untuk belajar. Karena cara nabung saham syariah sangat mudah namun menentukan saham yang menguntungkan harus Anda lakukan dengan hati hati dan teliti.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment