Ada Nih! 9 Saham Syariah Tanpa Utang Ke Bank

by adminsysa

Saham Syariah Tanpa Utang

Tulisan kali akan membahas tentang saham-saham Syariah apa saja yang tidak memiliki utang ke bank. Saham syariah yang dibahas adalah saham yang likuid artinya saham yang sering ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia. Oleh karena itu, kita ambil datanya dari saham-saham syariah yang masuk ke indeks JII70 atau Jakarta Islamic Index 70. JII70 adalah indeks saham yang berisi saham-saham syariah yang paling likuid dalam 6 bulan terakhir dan memiliki kapitalisasi terbesar. Yuk kita simak!

1. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS)

Pertama, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) ini memiliki aset sekitar Rp 271 triliun dengan liabilitas sebesar Rp 245 triliun. Ini artinya simpanan dari nasabah BRIS ada sekitar 245 triliun bisa berupa tabungan giro wadiah, mudharabah atau dari simpanan dana lainnya. Hal ini menggambarkan 90% berasal dari simpanan. Kemudian kapitalisasi pasarnya sekitar Rp 57,38 triliun, Dari sisi laporan keuangan tidak ditemukan utang berbasis bunga.

2. PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS)

Selanjutnya, ada PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS) yang merupakan saham Syariah dengan total aset sekitar Rp 19 triliun dan liabilitasnya sekitar Rp 11,7 triliun. Debt to asset ratio-nya sekitar 60,9%. Kapitalisasi pasar BTPS sekitar Rp 22 triliun. Dari liabilitasnya, tidak ditemukan hutang berbasis bunga ke bank.

3. PT Ramayana Lestari SentosaTbk (RALS)

Berikutnya ada Ramayana Lestari SentosaTbk, total aset Rp 5,4 triliun dan liabilitas totalnya Rp 1,8 triliun atau sekitar 0,33 kali. Kapitalisasi pasar yang terbaru sekitar Rp 4,15 triliun. Ketika dicek di liabilitasnya tidak ditemukan utang ke bank.

saham syariah tanpa utang
freepik.com

4. PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO)

Di peringkat keenam ada PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) dimana total asetnya sekitar Rp 4,29 triliun, kemudian liabilitasnya Rp 1,2 triliun. Ini menggambarkan 28% atau 0,28 kali rasio debt to asset dan total kapitalisasinya sebesar 28,8 triliun. Kemudian ketika melihat liabilitas, kita bisa cek ternyata tidak ada utang ke bank, kecuali mungkin liabilitas sewa tapi kalau ke bank memang sudah tidak punya hutang.

5. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP)

Berikutnya ada Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) yang terkenal dengan produk Semen Tiga Roda. Asetnya hampir Rp 26 triliun, liabilitasnya Rp 5,63 triliun. Ini menggambarkan 0,21 kali atau 20,7% rasio utang dibanding total aset dan kapitalisasi nya sebesar Rp 34 triliun. Ketika dicek di bagian liabilitas, tidak ditemukan utang bunga ke bank.

6. PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP)

Berikutnya ada PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) yang merupakan emiten sawit dibawah Salim Group. Total asetnya sekitar Rp 12,2 triliun, total liabilitas Rp 1,7 triliun kemudian debt to asset-nya 0,14 kali. Kapitalisasi pasarnya sebesar Rp 7,98 triliun. Ketika dicek liabilitasnya pun tidak ditemukan utang ke bank

7. PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA)

Kemudian di tiga besar ada saham PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA), saham rumah sakit ini asetnya Rp 6,8 triliun, liabilitasnya Rp 966 miliar. Ini menggambarkan 0,14 kali atau 14% rasio debt to asset. Kapitalisasinya sekitar Rp 39 triliun dan ketika dicek di liabilitasnya pun tidak ditemukan utang yang berbasis bunga ke bank.

8. PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS)

Selanjutnya, ada PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) yang asetnya sebesar Rp 6,6 triliun, liabilitasnya hanya Rp 856 miliar yang menggambarkan rasio debt to asset sebesar 0,3 kali atau 13% dan kapitalisasi nya sebesar Rp 7,9 triliun dengan tidak ada utang berbasis bunga ke bank.

9. PT Vale Indonesia Tbk (INCO)

Juaranya adalah Vale Indonesia Tbk (INCO) yang bergerak di bidang nikel. Total asetnya Rp 36,5 triliun, kemudian liabilitasnya Rp 4,6 triliun. Ini menggambarkan 12,6% saja liabilitas dibanding aset atau sekitar 0,2 kali. Kapitalisasinya sekitar Rp 68,6 triliun dan ketika dicek liabilitasnya tidak ditemukan utang berbasis bunga ke bank.

Nah menarik bukan? Ternyata ada saham syariah yang tidak memiliki utang ke bank. Bagaimana? Masih ragu untuk memilih saham syariah sebagai salah satu instrument investasi syariah?

Artikel ini kamu bisa simak dalam video youtube berikut ini : INILAH 9 SAHAM SYARIAH TANPA HUTANG BANK DI AWAL TAHUN 2022

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment