Inilah 2 Cara Buka Rekening Saham di Indonesia

by adminsysa

Belum banyak yang tahu bagaimana cara buka rekening saham di Indonesia. Aktifitas jual beli saham hanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau melalui broker (Anggota Bursa) yang ditunjuk resmi oleh Bursa Efek Indonesia. Jadi bukan langsung membeli saham di perusahaan tersebut.

Calon investor harus terlebih dahulu membuka rekening efek di salah satu sekuritas yang disediakan oleh pihak bursa. Secara resmi, hingga artikel ini diterbitkan sudah ada 98 sekuritas dibawah naungan Bursa Efek.

Sharia Online Trading System (SOTS)

SHARIAH ONLINE TRADING SYSTEM (SOTS) adalah sistem transaksi saham syariah secara online yang memenuhi prinsip-prinsip syariah di pasar modal.

SOTS sendiri merupakan produk online trading yang dimiliki oleh Anggota Bursa yang sudah disertifikasi oleh DSN MUI sebagai bagian dari Fatwa No. 80. Fungsi dari SOTS sendiri adalah untuk mempermudah investor dalam bertransaksi saham secara prinsip syariah.

Adapun fitur-fitur Shariah Online Trading System (SOTS) antara lain :

  1. Hanya dapat digunakan untuk membeli saham syariah. Selain saham syariah maka transaksi akan ditolak secara otomatis oleh system.
  2. Hanya bisa menggunakan dana (cash-basis) sesuai dengan modal yang disetor untuk membeli saham. Misalkan modal 1juta, membeli saham juga hanya bisa senilai maksimal 1 juta.
  3. Tidak mendapat fasilitas margin , jadi aman jika ga sengaja beli melebihi modal akan ditolak secara otomatis.
  4. Tidak dapat melakukan transaksi jual saham yang belum dimiliki (short selling).
  5. Laporan kepemilikan saham syariah dipisah dengan kepemilikan modal sehingga saham syariah yang dimiliki tidak dihitung sebagai modal (uang).

Sistem online trading syariah yang dikembangkan di Indonesia saat ini merupakan satu-satunya di dunia. Beberapa negara sudah menyatakan minat mereka untuk mempelajari sistem online trading syariah yang kita kembangkan saat ini. 

Untuk bertransaksi saham syariah, telah ada 14 sekuritas yang menyediakan fasilitas Sharia Online Trading System (SOTS) yang bersertifikat DSN-MUI. (data per tahun 2022)

Cara Buka Rekening Saham

Kamu bisa melakukan pembukaan akun melalui 2 (dua) cara, yaitu secara ONLINE maupun OFFLINE. Cara buka rekening saham tidak serumit beberapa tahun yang lalu. Saat ini proses pembukaan akun juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Bagaimana prosesnya? Yuk kita simak.

Pembukaan Rekening Secara Online

Sebelum mendaftar secara online, kamu harus mempersiapkan dokumen seperti foto KTP/Paspor, foto Buku Tabungan (cover bagian depan yang memuat nomor rekening) dan foto NPWP (jika ada). Setelah itu kamu bisa lakukan langkah-langkah seperti dibawah ini :

  1. Kunjungi website resmi perusahaan sekuritas terkait yang kamu bisa cek di halaman ini.
  2. Isi formulir secara Online.
  3. Cek email dan unduh data yang dikirimkan dari pihak sekuritas.
  4. Cetak dokumen terlampir.
  5. Isi dokumen yang dikirimkan jika masih ada data yang menurut kamu kosong/tidak sesuai.
  6. Kirim dokumen beserta syarat-syarat yang diminta ke alamat kantor sekuritas yang dituju.
  7. Cek email secara berkala. Semua informasi akan dikirimkan melalui email kamu.
  8. Jika sudah mendapat notifikasi akun dan nomor RDN (rekening dana nasabah), kamu bisa mulai deposit / isi RDN sesuai yang kamu mau.
  9. Kamu langsung bisa membeli saham pertama kamu melalui aplikasi dari sekuritas tempat kamu mendaftar.
  10. Selamat! Kamu sudah menjadi investor pasar modal.
cara buka rekening saham
freepik.com

Pembukaan Rekening Secara Offline

Cara ini lebih simple dan mudah buat kamu yang masih lebih nyaman dengan proses bertatap muka. Selain bisa melihat langsung kantor sekuritas tempat kamu membuka rekening saham, kamu juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pihak sekuritas terkait. Nah, ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan jika kamu ingin membuka rekening saham secara manual atau offline.

  1. Persiapkan dokumen-dokumen seperti yang dijelaskan diawal. Bawa fotokopi juga boleh.
  2. Datangi kantor sekuritas yang mau kamu tuju.
  3. Isi formulir yang diberikan pihak sekuritas.
  4. Cek secara berkala email kamu. Karena semua update informasi mengenai akun akan melalui email.
  5. Jika sudah mendapat notifikasi akun dan nomor RDN (rekening dana nasabah), kamu bisa mulai deposit / isi RDN sesuai yang kamu mau.
  6. Kamu langsung bisa membeli saham pertama kamu melalui aplikasi dari sekuritas tempat kamu mendaftar.
  7. Selamat! Kamu sudah menjadi investor pasar modal.

Untuk saat ini mayoritas pembukaan rekening efek syariah di beberapa sekuritas hanya bisa melalui cara offline. Namun hal ini jangan sampai mengahalangi semangat kamu untuk berinvestasi ya.

Tim Syariah Saham sudah bekerja sama dengan beberapa sekuritas untuk membantu kamu dalam memiliki akun SOTS, antara lain :

Jika kamu butuh bantuan, kamu bisa klik www.mulaisaham.com. Tim kami akan siap membantu kamu untuk membuka rekening efek syariah.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment