Mengenal 6 Strategi Profit Lebih Tinggi Dalam Window Dressing Saham

by Minsya
4 minutes read

Window Dressing Saham adalah suatu kondisi dimana banyak saham dengan kategori blue chip mengalami kenaikan. Kenaikan harga saham ini biasanya terjadi pada akhir tahun. Namun kondisi ini dipercaya bisa terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Ingin mendapatkan keuntungan dari kondisi? Tentu bisa saja dengan mengikuti tips berikut ini.

Sebelum mengetahui lebih lanjut, paling tidak anda harus mengetahui sekilas ap aitu pengertian Window Dressing. Kondisi Window Dressing adalah suatu kondisi saat harga sahan blue chip mengalami kenaikan di akhir tahun. Kenaikan harga saham ini seringkali akan dikaitkan dengan kegiatan manager investasi.

Kondisi saham Window Dressing ini biasanya dilakukan dengan cara  menjual saham yang mengalami kerugian dan akan membeli saham yang mengalami kenaikan. Sehingga dengan hal ini akan membuat portofolio kinerja perusahaan tahun ini memberikan return yang tinggi. Hal inilah yang disebut dengan kondisi window dressing. 

Window Dressing Saham
freepik.com

5 Strategi Dapat Untung Dari Window Dressing

1. Memperhatikan Saham yang Sedang Uptrend

Salah satu indikasi terjadinya Window Dressing Saham adalah dengan cara mengetahui jenis saham apa saja saat ini yang sedang trend mengalami kenaikan. Dengan mengetahui harga saham yang mengalami kenaikan ini maka anda akan bisa juga mengetahui jenis saham apa saja yang bisa dibeli untuk melengkapi portofolio perusahaan. 

Selain itu, momen saat membeli saham ini juga harus tepat karena pembelian saham harus dilakukan sebelum saham naik terlalu tinggi. Sehingga momen untuk melakukan pembelian saham ini harus dilakukan dengan waktu yang tepat. Sehingga kondisi Window Dressing ini akan bisa diciptakan dengan momen yang menguntungkan. 

2. Memperhatikan Likuiditas Perdagangan Saham

Bila pasar saham sudah memasuki masa Window Dressing, maka kondisi saham akan mengalami kenaikan. Namun walaupun banyak saham yang mengalami kenaikan, tidak semua saham tersebut merupakan jenis saham yang potensial untuk dibeli. Sehingga untuk melakukan pembelian saham harus mengetahui potensinya terlebih dahulu. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui bila harga saham yang naik punya potensi keuntungan adalah dengan memperhatikan tingkat likuiditas sahamnya. Saham yang umum dibeli untuk kebutuhan window dressing saham yang memiliki likuiditas tinggi. Jenis saham ini biasanya akan masuk golongan saham blue chip atau middle cap.

3. Memperhatikan Harga Atau Valuasinya

Hal berikutnya yang bisa diperhatikan untuk mengetahui kondisi Window Dressing dalam saham adalah dengan memperhatikan harga salam atau valuasinya. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan investor di momen window dressing adalah membeli saham saat harganya sudah ada di puncak. 

Sehingga dengan cara ini maka investor bukannya mendapat laba namun malah akan berpotensi mengalami kerugian. Sehingga hal ini penting untuk diperhatikan dan akan membutuhkan analisa terlebih dahulu tentang harga pasar apakah masuk dalam kategori overvalued atau undervalued. Dan pastikan anda membeli saham yang undervalued.

4. Memperhatikan Prospek Perusahaan

Hal lainnya yang bisa diperhatikan Window Dressing Saham adalah dengan melihat prospek perusahaannya. Hal ini penting dilakukan karena akan mempengaruhi potensi keuntungan yang bisa anda dapatkan. Hal ini juga bisa menjadi salah satu Langkah aman yang bisa dilakukan agar tidak salah memilih saham yang akan dibeli. 

Sesuai dengan hasil analisis saham yang dilakukan, maka potensi keuntungan saham yang paling besar adalah dari perusahaan yang sedang bertumbuh. Hal ini karena perusahaan yang punyai nilai growth yang tinggi biasanya akan mempunyai saham yang lebih stabil dan masuk dalam golongan saham blue chip. 

5. Memperhatikan Saham yang Dikelola Manajer Investasi

Hal penting berikutnya tentang Window Dressing Saham berikutnya adalah dengan memperhatikan saham yang dikelola oleh manajer investasi. Hal ini karena pada dasarnya kondisi Window Dressing Saham adalah kondisi pasar saham yang dibuat bertujuan untuk meningkatkan kualitas portofolio perusahaan. 

Itulah beberapa hal penting yang bisa diketahui tentang cara mendapatkan keuntungan dari kondisi Window Dressing pada saham. Kondisi kenaikan saham yang sering terjadi pada akhir tahun ini dianggap sebagai satu kesempatan bagus baik untuk saham pribadi maupun saham yang dimiliki perusahaan. Informasi diatas akan membantu anda untuk memahaminya. 

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00