5 Cara Investasi Saham yang Baik dan Tepat

by Minsya
4 minutes read

Melakukan investasi saham menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sebelum terjun ke dunia saham, anda harus paham dengan benar bagaimana cara investasi saham. Hal tersebut perlu dilakukan dengan tujuan untuk menghindari kemungkinan buruk atau resiko yang terjadi seperti kerugian atau kehilangan modal.

1. Memutuskan Cara Terbaik untuk Memulai Investasi

Cara terbaik untuk memulai yaitu dengan memahami karakter diri sendiri terlebih dahulu. Anda lebih suka mengambil keputusan seorang diri atau justru menggunakan jasa atau bantuan dari orang lain untuk mengaturnya. Jika anda ingin mengambil setiap keputusan investasi sendiri maka perlu banyak membaca dan memahami informasi tentang saham.

Selain itu, temukan artikel pendukung yang menyertakan gerak grafik saham yang ada di bursa efek. Anda perlu mencari tahu terkait dengan segala hal yang perlu dipersiapkan sebagai investor di perusahaan pilihan. Sedangkan jika anda lebih suka mempercayakan proses investasi kepada orang lain maka perlu menyiapkan manajer investasi yang murah dan terpercaya.

Hampir seluruh perusahaan besar menyediakan layanan sejenis tersebut. Dengan begitu maka anda bisa menginvestasikan dana untuk sebuah tujuan yang lebih spesifik. Hal ini memang perlu menjadi pertimbangan khusus bagi setiap calon investor. Pemahaman yang tepat akan memberikan jalan serta kemudahan bagi setiap orang untuk mendapatkan keuntungan.

2. Menyiapkan Dana untuk Membuka Akun Investasi

Rekening efek atau rekening investasi menjadi salah satu hal yang ditawarkan oleh perusahaan sekuritas untuk bisa digunakan berinvestasi. Cara investasi saham selanjutnya bisa mulai memilih dan menentukan situs broker saham pilihan yang bisa membantu trading. Jika tidak ingin melakukannya sendiri dan dikelola orang lain maka perlu mencari sekuritas yang murah.

Perusahaan investasi atau pialang saham biasanya membebankan biaya transaksi kepada investor. Setelah akun terbuka, Anda dapat menambahkan dana ke akun itu. Uang ini berfungsi seperti uang elektronik yang bisa digunakan untuk membeli saham yang sesuai dengan keinginan. Biaya transaksi yang dikenakan dalam transaksi yaitu berupa biaya pembelian dan penjualan saham.

Beberapa sekuritas umumnya akan mengenakan biaya sebesar 0,19 persen untuk pembelian dan 0,29 persen untuk penjualan. Terdapat 5 sekuritas yang sering melakukan transaksi jual beli seperti Mandiri Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Phillip Sekuritas Indonesia, Indo Premier Sekuritas dan terakhir terdapat UBS Securities Indonesia.

investasi
freepik.com

3. Pilih Saham yang tergabung di IDX30 dan LQ45

Indeks saham BEI akan menampilkan statistik terkait perubahan pergerakan harga dari banyak saham. Diantara perusahaan tersebut, terdapat beberapa perusahaan yang memiliki indeks blue sehingga diartikan memiliki reputasi perusahaan yang baik. Saham saham tersebut juga biasanya memiliki likuiditas tinggi dan nilai fundamental cukup bagus.

Melakukan pembelian saham di 2 sektor tersebut sebagai saham pertama dapat diartikan sebagai suatu keputusan yang bijak. Kedua industri ini dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga secara otomatis mampu memperoleh keuntungan yang signifikan dalam setahun. Jadi anda bisa menerapkan strategi ini untuk mendapatkan keuntungan besar.

4. Melakukan Pembelian Saham Saat Sedang Turun

Cara yang satu ini dianggap sebagai strategi investasi yang valid dalam manajemen saham. Anda bisa melakukan pembelian sedikit demi sedikit saat harga sedang turun di pasaran. Hal ini bisa dilakukan ketika pasar modal sedang dalam keadaan yang buruk. Ketika keadaannya mulai membaik maka anda akan memperoleh return saham yang menguntungkan dari saham yang turun.

Teknik atau trik average down ini mampu membantu pergerakan serta menyeimbangkan posisi saham dalam portofolio. Selain melakukan perhitungan rata rata, anda juga bisa melakukan diversifikasi dengan melakukan pembelian saham pada beberapa industri untuk menghindari krisis keuangan yang terkadang hanya terjadi pada satu industri saja.

5. Menambah Pengetahuan

Cara investasi saham terakhir yang tidak bisa diabaikan yaitu dengan selalu belajar dan memperdalam ilmu serta pengetahuan terkait perkembangan pasar modal. Hal ini perlu dilakukan untuk bisa menganalisis kemungkinan yang akan terjadi. Anda bisa melakukan sebuah analisis dengan menggunakan teknik analisis fundamental maupun teknikal.

5 hal yang disebutkan diatas merupakan langkah yang perlu dikuasai dan dipahami ketika memilih melakukan investasi saham. Hal ini memang terbilang cukup menjanjikan untuk menghasilkan dana tambahan dalam jumlah banyak. Pastikan bahwa strategi yang digunakan merupakan strategi paling ampuh dan teruji untuk memperoleh keuntungan.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00