4 Strategi Investasi Saham Modal Kecil dengan Keuntungan Besar

by Minsya
4 minutes read

Dengan berkembangnya peminat untuk melakukan investasi dalam bentuk saham membuat beberapa perusahaan menyediakan penjualan saham hanya dengan modal kecil. Awal mulanya, dalam 1 lot anda bisa mendapatkan 500. Namun sekarang 1 lot sudah menjadi 100 lembar saham sehingga harganya akan lebih terjangkau. Yuk simak tips strategi investasi saham modal kecil.

1. Pilih Jenis Saham Fundamental dengan Harga Terjangkau yang Bagus

Jika dipikirkan secara sederhana, pastinya banyak yang mengira bahwa modal yang kecil bagi para pemula justru menjadi kendala karena akan berpengaruh terhadap pilihan jenis saham yang semakin terbatas. Namun hal itu tidak akan menjadi kendala jika anda paham bagaimana strategi dalam menentukan pembelian saham yang tepat dan sesuai.

Berdasarkan fakta lapangan, sebenarnya saat ini investor saham didominasi oleh para pemula dan menengah atau dalam artian yang menggunakan modal kecil. Nah, untuk jenis strategi pertama yaitu pastikan anda memahami dengan benar jenis saham mana yang fundamental namun memiliki harga jual yang terjangkau untuk memperhitungkan keuntungan.

Jika anda lebih berusaha dalam menemukannya, pastinya akan banyak menemukan saham fundamental yang terbaik. Strategi investasi saham modal kecil yang satu ini akan membantu anda agar bisa tetap memperoleh keuntungan terjamin meskipun memilih jenis saham yang terjangkau. Anda perlu memilih saham fundamental mahal yang melakukan stock split seperti BBRI, UNVR, dan HMSP.

Untuk fokus pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan memprioritaskan kinerja saham dan jangan terlalu fokus pada diversifikasi ketika masih mengandalkan modal dengan jumlah sedikit. Pastikan bahwa jenis ham yang dijadikan pilihan memiliki kinerja yang mapan dan rajin salam membagikan dividen. Selain itu, pemilihan juga bisa diberikan pada jenis saham yang unggul di sektor industri.

Investasi Saham Modal Kecil
freepik.com

2. Melakukan Pembelian Secara Bertahap

Tips yang berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pembelian secara bertahap. Salah satu jenis anggapan yang salah yaitu dengan meyakini bahwa pembelian saham harus selalu dalam jumlah yang besar. Padahal pendapat tersebut dapat dikatakan sebagai suatu hal yang tidak benar. Pembelian saham bisa dilakukan dengan kesesuaian jumlah modal yang dimiliki.

Seperti contoh sederhananya, anggap saja anda memiliki modal dalam jumlah 1 juta, maka anda bisa melakukan pembelian saham pada bulan ini. Setelah itu, ketika sudah memiliki modal lagi anda bisa melakukan penambahan porsi saham. Jadi jangan terlalu memaksakan diri untuk bisa langsung membeli saham dalam jumlah besar. Perhatikan strategi investasi saham modal kecil satu ini.

3. Lakukan Pembelian Saham Saat Mengalami Penurunan Harga atau Diskon

Pemilihan saham yang akan dilakukan memang tidak bisa dilakukan secara mendadak atau tanpa persiapan jelas. Salah satu jenis persiapan yang perlu dilakukan yaitu dengan melakukan analisis terperinci terkait jenis saham yang akan dijadikan pilihan, mulai dari kapan dividen akan didapatkan, dan seberapa besar keuntungannya saat memulai investasi.

Selain itu, anda juga perlu melakukan perbandingan harga dengan jenis saham lainnya. Apakah harga tersebut sudah sesuai kriteria yang ditentukan. Anda juga bisa melakukan pembelian saham ketika harga saham mulai turun atau sedang ada diskon yang ditawarkan. Oleh karena itu, anda perlu memahami yang namanya analisis valuasi saham atau analisis teknikal.

Analisis tersebut dilakukan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan gambaran bagaimana grafik kenaikan serta penurunan dari harga saham. Namun pastikan bahwa saham yang dijadikan pilihan tidak turun secara drastis. Karena apabila perusahaan saham mengalami kerugian, maka anda juga akan mendapatkan resiko yang sama dari proses pembelian saham.

4. Mempersiapkan Jumlah Modal yang Layak

Strategi investasi saham modal kecil yang terakhir yaitu dilakukan dengan cara menyiapkan sejumlah modal yang layak untuk bisa mendapatkan saham fundamental yang terbaik. Jumlah modal yang perlu disiapkan umumnya sekitar Rp 1-3 juta. Ha tersebut perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan kualitas saham yang tepat untuk keuntungan terbaik.

4 strategi diatas perlu dilakukan agar anda bisa mendapatkan jenis saham yang tepat dan terbaik dalam memulai investasi. Pemaham yang menyeluruh terkait dunia saham perlu dikuasai untuk memahami alur dari proses awal investasi sampai dengan mendapatkan keuntungan. Menyiapkan sejumlah modal untuk investasi saham memang cukup menjanjikan.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00