4 Hal Perlu Dipahami Sebelum Membeli Saham untuk Pemula

by adminsysa
4 mins read

Saham merupakan salah satu pilihan investasi yang banyak dilakukan orang. Namun, sebelum memutuskan suatu produk investasi, Anda perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang menentukan jenis produk investasi mana dan bagaimana cara berinvestasi. Jika Anda tertarik dengan dunia saham, simak tips belajar saham untuk pemula berikut ini.

Tips Memahami Saham Bagi Para Pemula

1. Tentukan Tujuan dari Mengikuti Investasi

Sama seperti ketika Anda pergi ke suatu tempat, pertama-tama jelaskan tujuan Anda datang ke tempat itu. Begitu juga investasi. Sebelum berinvestasi, tentukan terlebih dahulu tujuan yang ingin Anda kejar saat berinvestasi. Tujuan ini memengaruhi cakrawala waktu yang Anda harapkan dan inginkan dan memotivasi Anda untuk berinvestasi dengan tepat.

Memahami situasi keuangan Anda juga terbilang sangat penting. Jangan memaksakan keinginan Anda untuk berinvestasi jika situasi keuangan Anda tidak mendukungnya. Berinvestasilah dengan uang yang sudah Anda miliki. Oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak berinvestasi dengan menggunakan uang hasil dari melakukan pinjaman.

2. Mencari Pengetahuan Semaksimal Mungkin

Jika Anda memang ingin mengikuti saham sebagai wahana investasi, jangan ragu untuk belajar. Saat ini, informasi saham untuk pemula dapat diperoleh dari mana saja dan oleh siapa saja. Namun, pastikan bahwa sumber yang Anda rujuk dapat dipercaya. Nikmati percakapan dengan orang-orang dari latar belakang keuangan dan mereka yang telah lama berkecimpung di pasar saham. 

Pengalaman para profesional dan profesional yang berpengalaman akan memberi Anda ide tentang bagaimana berinvestasi dalam saham yang berkualitas dan menguntungkan. Nikmati prosesnya dan jangan terburu-buru untuk menghasilkan banyak uang dengan cepat. Jika Anda sudah memahami dasar-dasar, Anda dapat dengan mudah mendapatkan keuntungan.

Saham untuk pemula

3. Investasi di Perusahaan Terpercaya

Jangan tergiur dengan nominal saham yang murah. Perhatikan baik-baik perusahaan tempat Anda memilih saham. Pastikan bisnis Anda berjalan dengan lancar. Kami memiliki sistem yang terstruktur dan dikelola dengan baik. Jaga agar perusahaan Anda berjalan dengan lancar.

Perusahaan dengan tim manajemen yang kuat dan kepemimpinan oleh pakar materi pelajaran cenderung terus tumbuh dalam menanggapi perubahan prospek. Di sisi lain, perusahaan yang tidak memperhatikan perkembangan bisnis akan tertinggal oleh calon investor.

4. Pahami Keuntungan dan Resikonya

Jika menginginkan keuntungan yang tinggi, Anda harus membeli saham yang berisiko tinggi. Jika Anda tidak yakin untuk membeli saham berisiko, pilihlah saham perusahaan terkenal dengan rekam jejak yang terbukti. Pendapatan yang diperoleh investor melalui pembelian atau kepemilikan dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu dividen dan keuntungan modal. 

Dividen diartikan sebagai pembagian keuntungan yang diperoleh suatu perusahaan dari keuntungan yang dihasilkannya. Dividen akan dibayarkan kepada investor setelah mendapat persetujuan pemegang saham dalam RUPS. Capital gain di sisi lain diartikan sebagai suatu keuntungan yang diterima investor dari selisih pada harga beli dan juga harga jual saham.

Capital gain terbentuk sebagai akibat dari aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder. Keuntungan diperoleh dengan mengurangi harga jual dari harga jual. Terkadang Anda menang, terkadang Anda kalah. Risiko yang dihadapi investor antara lain kerugian modal dan risiko likuidasi. Capital loss adalah kebalikan dari capital gain, di mana investor menjual saham kurang dari harga beli. 

Ada risiko likuidasi jika perusahaan dinyatakan pailit oleh pengadilan atau jika perusahaan dibubarkan. Dalam hal ini, pemegang saham berhak atas tuntutan terakhir dari hasil penjualan kekayaan perseroan setelah seluruh kewajiban perseroan dilunasi. Sisa sisa penjualan kekayaan perseroan akan dibagikan kepada semua pemegang saham secara proporsional. 

Memahami setiap istilah yang ada dalam dunia saham merupakan hal mendasar yang perlu benar benar dikuasai. Dengan menguasa setiap istilah dan pengelolaannya dengan baik maka anda akan bisa mendapatkan keuntungan dengan jumlah yang besar. Jadi jangan terlalu terburu buru dalam mempelajari dan menguasai dasar dasar saham untuk pemula.

4 tips yang disebutkan diatas bisa dijadikan dasar sebelum anda benar benar terjun dalam bisnis saham. Bisnis yang satu ini terbilang cukup mudah namun juga sulit. Anda perlu memahaminya secara komplek jika memang tidak ingin rugi ketika menjalankan bisnis. Kuasai juga berbagai jenis istilah yang digunakan pada saham untuk pemaksimalan proses.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment