PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) Profil dan Sejarah

by Minsya
4 minutes read

PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) merupakan perusahaan yang bergerak di sektor konsumen primer dengan fokus pada perdagangan ritel barang primer. Didirikan pada tahun 1995 di Tangerang, perusahaan ini telah berkembang menjadi salah satu pemasok produk makanan dan minuman terkemuka di Indonesia. Melalui anak perusahaannya, DMND memproduksi berbagai produk seperti susu, penganan, daging, makanan laut, buah-buahan, sayuran, dan produk turunannya. Produk-produk tersebut dijual melalui berbagai kanal distribusi, termasuk pasar modern, pasar tradisional, layanan makanan, toko ritel, dan platform e-commerce.

Profil Perusahaan PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND)

PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) dikenal dengan beberapa merek lokal populer seperti Diamond Ice Cream, Diamond Juice, Diamond Milk, yogurt Biokul, dan Jungle Juice. Selain itu, perusahaan juga mendistribusikan merek-merek internasional terkenal seperti Airborne, Kinder Joy, Nutella, Tic Tac, V-Soy, dan Hershey’s. Dengan kantor pusat yang berlokasi di Jakarta Utara, DMND telah menunjukkan komitmennya dalam menyediakan produk berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia.

Sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia, PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) tercatat resmi melantai pada tanggal 22 Januari 2020. Dengan kode saham DMND, perusahaan ini telah menunjukkan pertumbuhan yang stabil dan menjadi pilihan investasi yang menarik bagi para investor yang tertarik pada sektor makanan dan minuman. PT Diamond Food Indonesia Tbk terus berinovasi dan mengembangkan produk-produk baru untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di industri makanan dan minuman di Indonesia.

Diamond Food Indonesia

Sejarah DMND

PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) terus menunjukkan kinerja yang mengesankan di pasar. Pada tahun 2022, perusahaan mencatat penjualan yang meningkat sebesar 21% menjadi Rp 8,46 triliun dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 6,97 triliun. Kenaikan ini didorong oleh penjualan produk lokal yang mencapai Rp 8,44 triliun, naik 21,26% dari tahun sebelumnya. Selain itu, pendapatan dari ekspor juga memberikan kontribusi sebesar Rp 13,56 miliar.

Laba bersih PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) juga mengalami peningkatan sebesar 7,71% menjadi Rp 391 miliar. Peningkatan ini merupakan hasil dari strategi perusahaan yang fokus pada penetrasi pasar konsumen ritel, khususnya kalangan menengah ke bawah, dengan produk yang lebih relevan dan meningkatkan produktivitas serta penjualan.

Di kuartal pertama tahun 2023, PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) mencatat laba bersih sebesar Rp 86,91 miliar, meskipun turun sedikit sebesar 1,04% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Penjualan produsen es krim Diamond ini naik 12,43% menjadi Rp 2,26 triliun dari sebelumnya sebesar Rp 2,01 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) tetap berada pada jalur pertumbuhan yang positif meskipun dihadapkan pada tantangan pasar.

Perusahaan juga terus berinovasi dengan transformasi digital untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik kepada pelanggan. Dengan total aset yang tercatat sebesar Rp 6,91 triliun dan liabilitas sebesar Rp 1,41 triliun, DMND menunjukkan fondasi keuangan yang kuat untuk mendukung ekspansi dan pertumbuhan berkelanjutan di masa depan.

Kinerja DMND

PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) terus memperkuat posisinya di industri makanan dan minuman dengan mencatat pertumbuhan yang signifikan. Berikut adalah beberapa poin penting dari kinerja terbaru mereka:

– Peningkatan Laba Bersih: PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) mencatat peningkatan laba bersih sebesar 7,71% pada tahun 2022, mencapai **Rp 391 miliar.

  • Kenaikan Penjualan: Terjadi kenaikan penjualan sebesar 21% menjadi Rp 8,46 triliun pada tahun 2022, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
  • Kontribusi Segmen Lokal: Segmen penjualan barang lokal memberikan kontribusi besar dengan penjualan sebesar **Rp 8,44 triliun, naik 21,26% dari tahun sebelumnya.
  • Pendapatan dari Ekspor: Pendapatan dari ekspor juga memberikan kontribusi sebesar Rp 13,56 miliar.
  • Total Aset: Total aset PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) tercatat sebesar Rp 6,87 triliun, yang mencakup aset lancar dan aset tidak lancar.
  • Liabilitas: Posisi liabilitas PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) berjumlah Rp 1,46 triliun, dengan dominasi liabilitas jangka pendek.

PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) juga menargetkan pertumbuhan pendapatan dua digit hingga akhir tahun 2023, didukung oleh proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional dan inisiatif pemerintah dalam meningkatkan daya beli masyarakat. Dengan kinerja yang solid dan strategi bisnis yang efektif, DMND berpotensi menjadi pilihan investasi yang menarik di pasar modal Indonesia.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00