Sejarah dan Profil PT AKR Corporindo Tbk (AKRA)

by Minsya
6 minutes read

Perusahaan AKR Corporindo Tbk PT (AKRA) ialah perusahaan yang menyediakan jasa solusi rantai yang terintegrasi. Perusahaan ini termasuk ke dalam deretan perusahaan swasta terbesar di Indonesia pada bidang bahan kimia dasar serta bahan bakar. Untuk mengetahui sejarah dan profil dari perusahaan AKRA, simak informasi di bawah ini.

AKR Corporindo Tbk atau disingkat sebagai AKRA didirikan pada tanggal 28 November 1977 di Surabaya. Namun, sebelumnya, perusahaan ini sudah memulai sejarahnya sebagai kegiatan bisnis perdagangan kimia dasar pada 1960. Diberi nama PT Aneka Kimia Raya, perusahaan tersebut sudah memulai kegiatan usaha komersialnya pada Juni 1978.

AKRA membuat tangki penyimpanan kimia dasar beserta gudang di beberapa pelabuhan Indonesia pada 1980. Kemudian, perusahaan ini resmi menguasai Bursa Efek Indonesia pada 3 Oktober 1994. Tidak sampai situ, perusahaan ini semakin mengepakkan sayapnya dengan mengubah namanya menjadi seperti sekarang yaitu AKR Corporindo dan tidak hanya berbisnis di bidang perdagangan bahan kimia pada 23 September 2004.

Sayap AKRA semakin terbuka lebar ditandai dengan mengakuisisi sebagian besar saham pabrik sorbitol yang dimiliki oleh Khalista dan Sorini. Kemudian, perusahaan ini berhasil ditetapkan sebagai perusahaan swasta nasional pertama yang mendistribusikan Bahan Bakar Minyak (BBM) non-subsidi di Indonesia tepatnya pada tahun 2005.

AKRA terus mencetak sejarahnya dengan mengakuisisi beberapa pelabungan sungai di Tiongkok di tahun 2006. Perusahaan ini membeli kapal pengangkut BBM pertamanya yaitu SPOB AKRA-10. Di tahun 2010, perusahaan tersebut dinobatkan sebagai perusahaan swasta nasional pertama yang memperdagangkan BBM bersubsidi di Indonesia.

Disebut sebagai pertama yang mendistribusikan BBM bersubsidi di Indonesia, karena perusahaan ini mengoperasikan SPBKB arau Stasiun Pengisian BBM Kendaraan Bermotor serta SPBN atau Stasiun Pengisian BBM Nelayan. Berlanjut pada bulan April 2010, perusahaan ini mulai mengoperasikan fase 1 dari terminal tangki BBM.

Pengoperasian fase 1 dari terminal tangki penyimpanan BBM dilakukan melalui PT Jakarta Tank atau JTT yang didirikan dengan Vopak. Kegiatan ini dilakukan tepatnya di Tanjung Priok. Kemudian, pada 2013, AKRA mengembangkan JIIPE atau Java Integrated Industrial and Port Estate dengan Pelindo III.

akr corporindo
https://www.akr.co.id/akr-retail-petroleum

Perlu diketahui, JIIPE ialah yang mengintegrasikan wilayah industri dengan pelabuhan laut dalam tepatnya di Gresik. AKRA membuat perjanjian joint venture di tahun 2016 untuk memperdagangkan avtur. Di 2017, BP plc bekerja sama dengan AKRA untuk mendistribusikan BBM di Indonesia.

AKRA juga memperdagangkan pelumas dari Castrol dan mendivestasi Pelabuhan Guigang, Tiongkok. Tidak sampai situ, perusahaan ini telah ditetapkan sebagai P3JBT yaitu Pelaksana Penyediaan dan Pendistribusian Jenis BBM Tertentu selama 5 tahun lamanya. AKR Corporindo Tbk PT juga melelang lahan pabrik sorbitol milik Khalista di Tiongkok dan menjalankan proyek pengembangan fase 2A.

AKR Corporindo Tbk PT diresmikan sebagai SPBU BP AKR pertama di Indonesia tepatnya di Delatinos, Serpong. Perusahaan ini juga menyerahkan sejumlah lahan 103 hektar di JIIPE kepada perusahaan Freeport Indonesia untuk digunakan sebagai lokasi smelter. Melalui PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera, AKRA dan PT Waskita Bumi Wira membuat nota kesepahaman tentang pembangunan jalan tol akses JIIPE.

AKR Corporindo Tbk PT (AKRA) membuka terminal avtur Air BP-AKR pertama yang ada di Indonesia tepatnya di Morowali. BP-AKR serta Citinine membuat kesepakatan untuk mendirikan SPBU DODO di Jawa Timur. Dengan Petronas Chemicals Group, AKRA membangun sebuah perusahaan patungan untuk digunakan sebagai tempat mendistribusikan bahan kimia di Indonesia.

Induk usaha terakhir serta induk usanya ialah PT Arthakencana Rayatama. Perusahaan ini ialah bagian dari kelompok usaha milik keluarga Soegiarto serta haryanto Adikoesoemo. Perusahaan inilah yang memegang saham sebesar 5% atau lebih dari AKR Corporindo Tbk. Di akhir 2020 perusahaan ini memiliki 13 kantor cabang dengan 20 fasilitas penyimpanan yang tersebar di penjuru Indonesia.

Bisa disimpulkan bahwa AKR Corporindo Tbk PT (AKRA) berkecimpung di sektor perdagangan, pelayanan, dan penanaman modal. Adapun sub sektornya yaitu pendistribusian barang tahan lama dan tidak tahan lama atau Wholesale (Durable and Nondurable Goods), seperti bahan bakar minyak, bahan bakar kimia, pelumas, dan logistik.

Perdagangan AKRA

Dua produk utama yang didistribusikan oleh AKRA ialah bahan bakar minyak serta bahan-bahan kimia dasar. Seperti yang telah dijelaskan bahwa perusahaan ini dinyatakan sebagai perusahaan swasta nasional pertama yang mendistribusikan bahan bakar non-subsidi. Hal ini tepatnya setelah pemerintah Indonesia meregulasikan sektor minyak dan gas.

AKR Corporindo Tbk PT meningkatkan jaringan logistiknya guna mendukung pendistribusian bahan bakar kepada para konsumennya khususnya di bidang industri bunker, listrik, serta pertambangan. Adapun fasilitas-fasilitas yang dimilikinya berupa terminal tank berkapasitas lebih dari 450,000 kiloliter yang tersebar di Indonesia. Lokasi-lokasi tersebut yaitu Kalimantan, Medan, Lampung, Surabaya, Jakarta, serta Semarang.

Perusahaan ini juga memperdagangkan bahan-bahan kimia dasar yakni bahan-bahan kimia pelarut, chloro-alkali, kimia organik maupun anorganik. Bahan-bahan kimia dasar ini digunakan oleh mayoritas perusahaan khususnya consumer goods, kaca dan tekstil. Jaringan ritelnya juga berkembang menjadi 31 SPBKB serta SBPN di 6 provinsi.

Adapun 6 lokasi SPBN dan SPBKB berada di Lampung, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur serta Sulawesi Selatan. Alokasi yang diberikan kepada perusahaan ini yaitu 267.892 kiloliter pada tahun 2013. Hal inilah yang meningkatkan volume bahan bakar bersubsidi menjadi 160% dari tahun 2012.

Jasa Logistik AKRA

AKR Corporindo Tbk PT (AKRA) juga menyediakan infrastruktur serta distribusi logistik di Indonesia maupun Republik Rakyat Tiongkok. Hal ini ditawarkan kepada pihak ketiga penyedia jasa dan manajemen kargo massal di berbagai pelabuhan besar Indonesia. Perusahaan ini juga menyediakan tangki-tangki penyimpanan, truk-truk, serta gudang bagi pihak ketiganya yang ada di Indonesia.

Melalui UEPN atau PT Usaha Era Pratama Nusantara, AKR Corporindo telah menanamkan modalnya pada peralatan-peralatan pelabuhan, yakni rubber Tyred Gantry dan Harbor Mobile Cranes di Pelabuhan Surabaya. Hal ini untuk menyediakan jasa buruh pelabuhan kepada pihak ketiga konsumennya.

Manufaktur AKRA

Anak perusahaan AKRA, Khalista memanufaktur sorbitol dari kanji. Sorbitol ialah bahan mentah yang digunakan untuk membuat pasta gigi, pemanis rendah kalori, dan obat-obatan di berbagai produk makanan. Kapasitas produksi totalnya ialah 120.000 MT per tahunnya. Produk-produk derivatif lain yang diproduksi yaitu glukosa, maltitol, dan hydrogenated maltose.

Pertambangan dan Perdagangan Batu Bara

AKR Corporindo juga memiliki saham dari Anugrah di Barito Utama, Kalimantan Tengah yang bergerak di bidang pertambangan batubara. Perusahaan ini memproduksi batubara kalori menengan yang dipasarkan kepada para konsumen wilayah Asia. AKR (Guangxi) Coal Trading Co Ltd (AGCT), anak perusahaannya menjalankan usaha pertambangan batu baranya, seperti pengangkutan serta pelabuhan sungai di Kalimantan.

Itulah informasi mengenai sejarah dan profil dari AKR Corporindo Tbk PT (AKRA). Dapat diketahui bahwa perusahaan ini berasal dari perusahaan kecil yang terus mengalami perkembangan hingga kini. Adapun sektor bisnisnya berkecimpung pada bahan bakar minyak, pelumas, bahan bakar kimia, batu bara, logistik, dan pengelolaan kawasan industri.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00