Jangan Sampai Salah! Pahami Pengertian dan Fungsi Indeks Saham

by Minsya
5 minutes read

Hingga saat ini, perusahaan Bursa Efek Indonesia masih berperan penting dalam proses pengembangan kegiatan inovatif dan penyedia indeks saham yang tersedia bagi seluruh investor yang ada di pasar saham. Hingga saat ini kemungkinan telah terdapat 40 daftar indeks saham yang ada di Indonesia. Yuk simak pengertian dan fungsi indeks saham.

Indeks saham dapat diartikan sebagai suatu ukuran yang digunakan untuk bisa menunjukkan semua pergerakan harga saham dari kelompok tertentu yang telah dipilih sesuai dengan kriteria dan metode yang tepat dan kemudian dievaluasi secara teratur dan digunakan sebagai sarana investasi yang bisa dimanfaatkan dengan mudah oleh para investor.

Dengan adanya indeks saham ini, investor akan lebih terbantu dalam melakukan pelacakan pada harga saham secara umum. Karena banyaknya saham yang dikeluarkan oleh emiten membuat pengadaan indeks saham ini mampu memberikan kemudahan dalam melacak kinerja saham dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu investasi bisa dilakukan dengan tepat dan aman.

Keuntungan yang didapatkan akan bisa diperhitungan dengan maksimal dengan memanfaatkan fungsi indeks saham ini. Terdapat banyak fungsi yang bisa dilakukan oleh indeks saham dalam mempermudah pengambilan keputusan transaksi yang dilakukan oleh investor. Untuk itu, para investor pemula perlu mengetahui apa saja fungsi dari indeks saham.

Fungsi Indeks Saham
freepik.com

Mengenal Fungsi adanya Indeks Saham dalam Investasi

Fungsi dari adanya indeks saham ini salah satunya yaitu dijadikan sebagai indikator yang dapat memberikan gambaran terhadap keadaaan pasar pada jangka waktu tertentu. Sebagai contohnya, ketika indek saham mengalami kenaikan maka sebagian besar harga saham yang ada di pasar modal juga akan cenderung mengalami kenaikan atau peningkatan.

Contoh nyatanya seperti misal IHSG mengalami kenaikan sebesar 59,77 poin, maka dengan begitu harga sahamnya juga akan naik. Namun dalam pasar modal juga terdapat beberapa saham yang tidak mengalami pergerakan naik ataupun turun. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui latar belakang dari saham yang akan dibeli untuk dijadikan investasi.

Untuk indeks saham yang akan digunakan oleh investor untuk mengukur sentimen pasar, menjadikannya sebagai produk investasi yang akan terus meningkat nilainya di masa depan, tolok ukur untuk portofolio aktif, proksi untuk mengukur dan memodelkan pengembalian investasi (return), serta wawasan diperlukan untuk memulai bisnis investasi saham.

Dengan memanfaatkan fungsi indeks saham ini anda akan mengetahui risiko sistematis, Pengukuran kinerja dengan risiko dan nilai pasar kelas aset dalam alokasi aset. Indeks saham juga dimanfaatkan sebagai tolok ukur untuk portofolio aktif hal tersebut karena dalam menilai kinerja suatu portofolio saham, diperlukan perbandingan antara satu jenis saham dengan saham lainnya.

Memahami Contoh Penggunaan atau penerapan Indeks Saham Sektor Syariah

Bentuk contoh penggunaan indeks saham ini bisa dilakukan pada sektor keuangan syariah. Jika anda ingin melakukan investasi dengan berdasarkan hukum agama islam maka bisa memilih menggunakan indeks harga saham gabungan seperti ISSI atau indeks saham syariah Indonesia atau Islamic Index (JII) sebagai bentuk tolak ukur kinerja dari portofolio saham.

Sebelum menentukan pilihan saham syariah mana yang akan diinvestasikan, pastikan Anda sudah menilai tingkat return saham tersebut dalam jangka panjang dan jangka pendek dengan melihat indikator IHSG setiap tahun jika diperlukan. Namun, perlu dicatat bahwa BEI mencantumkan disclaimer bahwa tidak bertanggung jawab atas produk pengguna fungsi indeks saham BEI sebagai referensi. 

Keputusan dalam investasi yang dilakukan perusahaan dengan mengandalkan indeks pasar saham sebagai acuan telah menjadi tanggung jawab para investor. Selain itu, pergerakan indeks saham ini terbilang cukup sensitif terhadap kondisi ekonomi dan politik negara. Oleh karena itu, anda perlu melakukan analisis dengan tepat sebelum membeli saham perusahaan

Cara Melihat Indeks Saham di Indonesia

Indeks saham adalah sekumpulan saham yang mewakili sektor atau pasar tertentu. Indeks saham di Indonesia melibatkan beberapa perusahaan terbesar dan paling aktif di Bursa Efek Indonesia (BEI). Melihat indeks saham dapat membantu investor untuk memahami kondisi pasar saham secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa cara untuk melihat indeks saham di Indonesia:

  1. Melalui situs web BEI: BEI menawarkan informasi terbaru dan real-time tentang indeks saham di Indonesia melalui situs web resmi mereka.

  2. Melalui aplikasi trading: Banyak aplikasi trading yang menawarkan data dan grafik indeks saham. Ini memudahkan investor untuk memantau pergerakan harga saham dan indeks saham.

  3. Melalui media massa: Beberapa media massa seperti televisi, surat kabar, dan majalah saham menawarkan berita dan analisis pasar saham termasuk indeks saham.

Ini adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk melihat indeks saham di Indonesia. Ingatlah bahwa indeks saham hanya salah satu indikator pasar saham dan harus dilihat bersama dengan analisis pasar lainnya sebelum membuat keputusan investasi.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

1 comment

Sipul Ahmad February 17, 2023 - 10:37 pm

Mantap

Reply

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00