Mengenal Growth Stock dalam Saham dan Karakteristiknya

by Minsya
4 minutes read

Saham yang tergolong growth stock menjadi salah satu jenis saham yang banyak diminati oleh para investor. Sebab mereka adalah saham yang harganya diprediksi terus meningkat tajam, sehingga dapat memberikan keuntungan besar. Meski begitu, anda perlu memahaminya terlebih dahulu sebelum memutuskan investasi growth stock. Lebih lanjut, simak ulasan selengkapnya berikut.

Growth stock merupakan saham yang perkembangannya diantisipasi lebih cepat dibandingkan para kompetitor di industri yang sama. Jadi sebuah saham dikategorikan sebagai growth stock apabila tingkat pendapatan dan penjualannya terus bertumbuh pesat, melebihi pertumbuhan ekonomi dalam industri serupa. 

Umumnya, perusahaan yang memiliki jenis saham dengan kategori ini bergerak secara agresif pada sektor bisnisnya, serta gencar melakukan ekspansi usaha. Inilah yang membuat perusahaan tersebut dapat mendominasi di antara para kompetitor. Meski begitu, seringkali pemilik saham tidak membagikan dividen kepada para investor.

Itu karena pendapatan perusahaan diinvestasikan kembali untuk mempercepat perkembangan bisnis dalam jangka pendek. Jadi, bagi anda yang investasi growth stock sebaiknya jangan berharap banyak pada keuntungan yang berasal dari dividen. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari capital gain saat menjual kembali saham tersebut.

growth stock
freepik.com

Karakteristik Saham Growth Stock

Saham growth stock punya beberapa karakteristik, dimana perusahaan dengan jenis saham ini biasanya memiliki lini produk yang unik sehingga membuatnya unggul dari kompetitor. Berkat inovasi yang dilakukan, perusahaan memiliki banyak konsumen yang loyal. Selain itu, mereka cenderung akan menginvestasikan keuntungan untuk mengembangkan teknologinya.

Dari teknologi itulah yang membawa perkembangan jangka panjang pada perusahaan. Sehingga perusahaan mempunyai perkembangan yang cepat selama beberapa kuartal berturut-turut, baik dalam penjualan, revenue, maupun pendapatannya. Umumnya perusahaan ini mempunyai target pasar yang besar dengan tim kepemimpinan yang kuat.

Fokus mereka terletak pada pengembangan penjualan dan keuntungan perusahaan. Pangsa pasarnya kuat dan mampu bersaing dengan para kompetitor di industri serupa. Seringkali saham tipe ini berasal dari perusahaan yang bergerak di industri dengan pertumbuhan lebih tinggi dari perkiraan.

Cara Mengidentifikasi Saham Growth Stock

1. Kesehatan Neraca Keuangan

Jika ingin investasi growth stock, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasinya. Yang pertama yaitu dengan melihat bagaimana kesehatan neraca keuangan perusahaan. Bagi sebuah perusahaan, terutama perusahaan yang sedang berkembang, memiliki utang merupakan suatu hal yang wajar.

Kendati demikian, utang yang terlalu banyak tentu berisiko menimbulkan berbagai masalah. Jadi anda perlu memastikan bahwa debt to equity ratio yang ada di neraca keuangan masih berada di bawah angka 30 persen. Tolak ukurnya mungkin bisa lebih tinggi atau rendah tergantung industri tempat perusahaan tersebut beroperasi.

2. Perhatikan Tren

Berikutnya, coba perhatikan tren yang berkembang untuk mengidentifikasi saham growth stock. Karena perubahan tren di masyarakat mempunyai dampak besar terhadap saham tersebut. Seperti saat terjadinya pandemi, beberapa saham perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan memiliki nilai yang melambung tinggi dari industri lainnya.

3. Profitabilitas

Melihat profitabilitas perusahaan juga dapat membantu anda mengidentifikasi saham growth stock. Anda bisa melihat price to earning ratio untuk mengetahui bagaimana profitabilitas atau pendapatan perusahaan ini. Emiten yang sudah memperoleh keuntungan tentunya mempunyai risiko relatif lebih kecil dari emiten yang belum mendapatkannya.

Price to earning ratio sendiri membandingkan antara pendapatan perusahaan dengan harga saham saat ini. Jadi rasionya cenderung tinggi untuk perusahaan dengan saham yang tergolong growth stock. Itu berarti harga sahamnya lebih tinggi dari rata-rata di industrinya.

4. Prediksi Analis

Bagi anda yang ingin investasi growth stock, anda pun dapat menggunakan prediksi analis untuk mengidentifikasi saham yang tergolong dalam kategori ini. Meski seorang analis bisa saja melakukan kesalahan, namun proyeksinya terkait performa perusahaan dan perkembangannya di masa depan tentu dapat membantu anda dalam mengambil keputusan saat berinvestasi saham.

Peluang mendapatkan keuntungan yang besar ada di depan mata apabila anda memiliki saham growth stock. Keuntungan tersebut diperoleh dari capital gain saat saham dijual kembali, karena harga saham cenderung meningkat tajam dibandingkan dengan kompetitor. Meski begitu, tentu anda perlu menganalisis waktu yang tepat untuk menjualnya agar mendapat keuntungan yang optimal. Semoga membantu!

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00