Margin of Safety: Pengertian dan Cara Menghitungnya Disini

by Minsya
4 minutes read

Secara teori, harga saham perusahaan ialah gambaran kondisi keuangan yang tengah dihadapi oleh perusahaan. Padahal, harga saham tidak bergerak seperti kondisi keuangan perusahaan. Sehingga, menimbulkan terjadinya margin of safety. Untuk mengetahui apa itu margin of safety lebih lanjut simak penjelasan di bawah ini.

Margin of safety atau disingkat MOS ialah selisih dari harga saham sebuah perusahaan dengan nilai intrinsik saham. Dalam artian, nilai intrinsik ialah kondisi dari keuangan atau fundamental perusahaan tersebut. Hal ini seperti barang bagus dengan harga murah yang dinilai bagus karena anda mengetahui nilai intrinsiknya mulai dari material bahan, proses pembuatan dan lainnya.

Pentingnya Margin of Safety

1. Digunakan Take Profit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, margin safety sama seperti membeli barang bagus dengan harga yang murah. Dengan pandai memilih saham yang bagus dan murah, anda akan memperoleh keuntungan yang lebih tinggi. Hal ini terjadi karena banyak investor yang tidak tahu bahwa perusahaan tersebut sangat berpotensi.

Dengan potensi perusahaan yang dimaksimalkan, keinginan investor membeli saham akan serta harga saham akan naik sehingga keuntungan diperoleh. Contohnya, harga saham sebesar 500 padahal nilai intrinsiknya bisa sebesar 1.000. Sehingga,a kemungkinan kenaikan harga saham dari 500 menjadi 1000. Jika anda membeli 1 lot saham, keuntungan yang diperoleh hingga 50.000.

margin of safety
freepik.com

2. Sebagai Perencanaan Investasi

Alasan mengapa margin of safety penting yaitu sebagai perencanaan investasi karena anda bisa memastikan harga berapa yang akan dibeli. Bisa dikatakan jika harga saham sebesar 2000 sedangkan nilai intrinsiknya mencapai 1000. Dalam hal ini, anda sebagai investor yang rasional dapat mengindikasikan beberapa hal.

Dalam contoh tersebut, anda tidak akan membeli saham perusahaan karena harganya dua kali lipat lebih tinggi dari nilai intrinsik perusahaan. Anda bisa membeli sahamnya jika harganya dibawah 1000. Namun, jika harga saham benar-benar jatuh hingga 1000, anda bisa membelinya secara yakin.

3. Menghindari Kerugian

Dengan mengetahui apa itu margin of safety, anda bisa menghitung margin of safety khususnya nilai intrinsic saham perusahaan tersebut. Dengan begitu, anda akan terhindar dari adanya saham gorongan atau saham yang memiliki harga tinggi padahal kinerja perusahaannya cukup buruk.

Rumus dan Cara Menghitung MOS

1. Melihat Potensi secara Umum

Langkah pertama dalam menghitung nilai instrik sebuah perusahaan yaitu dengan melihat potensi perusahaan secara umum. Contohnya, anda memperkirakan bahwa industri telekomunikasi akan menjadi primadona perusahaan dalam 2-5 tahun ke depan. Sehingga, anda akan memilih suatu perusahaan di bidang ini.

2. Ketahui Kondisi Keuangan

Begitu menetapkan perusahaan, anda bisa mencari tahu kondisi keuangannya. Ada beberapa variabel yang penting diperhatikan, seperti aset lancar serta tidak lancar, utang jangka pendek dan panjang, pendapatan dan laba, serta kebijakan dari suatu perusahaan tersebut. Anda bisa menggunakan indikator keuangan, seperti DER, ROE, dan lainnya.

3. Bandingkan Hasil Analisis dengan Harga Saham Perusahaan

Setelah mengetahui nilai intrinsic saham perusahaan, selanjutnya anda perlu menganalisis hasilnya dengan harga saham perusahaan. Pada umumnya, indikator yang sering digunakan yaitu PEG Ratio dan P/E Ratio. Agar hasil analisisnya bagus, anda bisa membandingkan dengan data sebelumnya dan data perusahaan lain.

4. Gunakan Sentimen

Hal terakhir yang penting dilakukan untuk menentukan nilai intrinsic yaitu dengan mempertimbangkan sentiment sebelumnya atau sedang terjadi pada saham. Siapapun tentu tidak ingin berinvestasi pada perusahaan yang terkena masalah hukum. Dalam hal ini, aspek sentimen penting digunakan untuk menghitung nilai intrinsic perusahaan.

Anda bisa menghitung margin of safety dengan mengurangi rata-rata harga saham perusahaan dalam satu periode dengan nilai intrinsik saham. Nilai rata-rata harga saham digunakan karena mudah berubah sedangkan nilai intrinsic dihitung sesuai dengan estimasi karena setiap investor memiliki hasil perhitungan yang berbeda-beda.

Itulah penjelasan mengenai apa itu margin of safety mulai dari pengertian, pentingnya hingga rumus dan cara menghitungnya. Perlu diketahui bahwa menghitung nilai intrinsik dengan Warren Buffet perlu latihan dan pengalaman yang cukup. Maka dari itu, terus belajar dan jangan mudah menyerang untuk meraih keuntungan hasil investasi yang baik.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00