Home Saham Pemula Keuntungan Investasi Saham Yang Harus Kamu Tau

Keuntungan Investasi Saham Yang Harus Kamu Tau

by adminsysa

Selain risiko, tentunya ada keuntungan yang bisa didapatkan ketika kita sebagai investor membeli saham. Setidaknya ada 3 keuntungan yang bisa kita peroleh jika kita memiliki saham tersebut. 

1. DIVIDEN

Dividen merupakan pembagian keuntungan yang diberikan oleh perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Dividen diberikan setelah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham pada saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Syarat memperoleh dividen adalah dengan cara membeli saham tersebut dalam kurun waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Biasanya relatif lama baru diakui sebagai pemegang saham.

Dividen yang dibagikan perusahaan adalah berupa :

  • Dividen Tunai

Emiten membagikan hasil keuntungan perusahaan kepada setiap pemegang saham yang berhak dalam bentuk uang tunai. Syarat dan ketentuan biasanya sudah disampaikan saat RUPS.

  • Dividen Saham

Emiten membagikan hasil keuntungan perusahaan dalam bentuk saham sesuai dengan porsi masing-masing investor. Sehingga jumlah saham yang dimiliki pemegang saham akan bertambah setelah pembagian dividen tersebut. Dividen ini dikeluarkan dari pos Laba Ditahan perusahaan.

2. CAPITAL GAIN

Capital Gain adalah nilai yang didapatkan akibat dari selisih jual beli di dalam saham. Misalnya kita membeli saham ABCD di harga 1000 rupiah. Dalam kurun waktu 3 bulan, sahamnya naik menjadi 2000 rupiah. Kemudian kita jual. Selisih yang terjadi adalah 2000 – 1000 = 1000 rupiah.

Inilah keuntungan kita dalam bentuk capital gain. Menarik bukan?

3. BONUS SAHAM

Bonus saham adalah saham yang dibagikan secara gratis oleh perusahaan. Dibagikan dalam bentuk penambahan jumlah saham sesuai dengan porsi masing-masing. Bonus ini diambil dari agio saham, yaitu selisih dari nilai jual saham terhadap harga nominalnya pada saat penawaran umum di pasar perdana.

Related Posts

Leave a Comment