Home Saham Pemula Alasan Kamu Harus Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Alasan Kamu Harus Berinvestasi Saham Untuk Pemula

by adminsysa
Masih ingat dengan cerita Nabi Yusuf tentang Mimpi Raja Mesir?

Hasil dari takwil Nabi Yusuf kala itu adalah program pembuatan lumbung pada saat tujuh musim subur untuk mengantisipasi persediaan pangan saat kemarau panjang melanda.

Alhasil, ketika tujuh tahun masa paceklik melanda, Mesir menjadi negeri paling subur di masanya dengan persediaan pangan yang melimpah.

Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan para penduduk di luar Mesir berbondong-bondong memohon bantuan pangan, termasuk saudara-saudara Yusuf di Palestina yang membuat alur romansa kisah Yusuf berakhir happy ending.  

Dari kisah ini tersirat bahwa investasi adalah sesuatu yang penting dalam siklus kehidupan manusia. Bagaimana kita harus mempersiapkan berbagai kemungkinan yang terjadi dalam hidup ini. Ketika sedang masa panen dan subur, kita dianjurkan menyisihkan sebagian hasilnya sebagai cadangan dan antisipasi musim paceklik.

FILOSOFI INVESTASI

Filosofi investasi yang diambil dari takwll Yusuf atas mimpi raja agaknya relevan dengan kondisi global saat ini. Ketika sedang berada di fase gemah ripah loh jinawi, sudah selayaknya kita tidak mengeksploitasi habis-habisan, melainkan menyisihkan sebagian hasil demi masa depan yang lebih cerah dan berkah.

Bukankah kita juga dianjurkan untuk membaca masa lalu demi menerawang masa depan dalam bingkai ketakwaan? Belum lagi QS. al-Baqoroh (2):282 yang merupakan ayat terpanjang dalam al-Qur’an dengan 28 kalimat dan menyita hampir satu halaman penuh, justru menyuruh kita untuk lebih teliti dan pandai dalam membukukan transaksi.

Seolah-olah al-Qur’an mendorong kita untuk lebih melek akuntansi dan finansial. Juga menyiratkan bahwa hal inilah yang sering dilupakan orang beriman, sehingga akhirnya terjebak dalam transaksi yang tidak jelas dan tidak terdokumentasi dengan baik.

Jika diaplikasikan dalam dunia investasi yang tengah dijalani, manajemen keuntungan dan risiko sangat dibutuhkan oleh siapa saja yang ingin terus hidup di bisnis ini. 

Semoga kita tetap bersemangat untuk terus belajar berinvestasi dan bertransaksi dengan teliti dan cermat sebagai persiapan untuk masa depan kita dan keluarga.

Related Posts

Leave a Comment