Menjelajahi Kehebatan PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID)

by Minsya
5 minutes read

PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID), juga dikenal sebagai Panca Budi Group, didirikan pada tahun 1979 sebagai distributor plastik. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 10 Januari 1990 untuk memproduksi dan mendistribusikan barang jadi plastik dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1991.

Perusahaan ini memproduksi plastik yang terbuat dari PP, HDPE, dan PE. Merek pertama adalah ‘Pluit’, namun Panca Budi juga memproduksi merek lain, seperti Tomat, Bengkuang, Wayang, dan Sparta. Produknya juga diekspor ke Inggris, Jerman, UEA, Nigeria, Amerika Serikat, dan Taiwan.

Kantor pusatnya berlokasi di Kawasan Pusat Niaga Terpadu, Jl. Daan Mogot Raya Km 19,6 Blok D No. 8 A – D, Tangerang 15122 – Indonesia. Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Panca Budi Idaman Tbk adalah PT Alphen Internasional Corporindo (74,67%) dan Djonny Taslim (8,36%). Induk usaha Panca Budi Idaman Tbk adalah PT Alphen Internasional Corporindo, sedangkan induk usaha utama Perusahaan adalah PT Panca Budi Agro Pratama.

panca budi idaman
https://www.pancabudi.com/Polyethylene-Panca-Budi-ID.Aspx

Sejarah Perusahaan PT Panca Budi Idaman (PBID)

Pada tanggal 04 Desember 2017, PT Panca Budi Idaman (PBID) memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham PBID (IPO) kepada masyarakat sebanyak 375.000.000 saham dengan nilai nominal Rp100,- per saham dengan harga penawaran Rp850,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 13 Desember 2017.

Perusahaan ini bergerak dalam bidang industri barang dari plastik untuk pengemasan, industri kemasan dan kotak dari kertas dan karton, industri pencetakan umum, industri mesin keperluan khusus lainnya, perdagangan besar berbagai macam barang, perdagangan besar karet dan plastik dalam bentuk dasar, perdagangan besar mesin kantor dan industri, suku cadang dan perlengkapannya, dan perdagangan besar mesin, peralatan dan perlengkapan lainnya. PT Panca Budi Idaman (PBID) dan entitas anak memiliki dan mengoperasikan pabrik kemasan plastik dengan total kapasitas produksi sebesar 155.000 ton per tahun.

PBID memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT Panca Budi Pratama (PBP), PT Panca Budi Mulia (PBM), PT Panca Budi Prima (PBP), dan PT Panca Budi Agro Pratama (PBAP). Masing-masing anak perusahaan ini beroperasi dalam bidang yang berbeda, mulai dari produksi plastik hingga perdagangan barang-barang plastik.

Perusahaan ini juga telah memperoleh beberapa sertifikasi, termasuk ISO 9001:2015 untuk sistem manajemen mutu dan ISO 14001:2015 untuk sistem manajemen lingkungan. Ini menunjukkan komitmen PBID terhadap kualitas produk dan keberlanjutan lingkungan.

Sebagai bagian dari komitmennya terhadap keberlanjutan, PT Panca Budi Idaman (PBID) juga telah mengimplementasikan program-program CSR (Corporate Social Responsibility) dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Ini mencakup pemberian beasiswa, program kesehatan masyarakat, dan program penghijauan.

Dalam beberapa tahun terakhir, PT Panca Budi Idaman (PBID) telah menunjukkan pertumbuhan yang stabil dan konsisten. Pada tahun 2023, PBID mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 2,13 triliun, naik 8,2% dibandingkan tahun sebelumnya. Laba bersihnya juga meningkat sebesar 15,8% menjadi Rp 133,58 miliar.

PT Panca Budi Idaman (PBID) juga telah melakukan beberapa ekspansi bisnis dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2022, perusahaan ini mengakuisisi PT Panca Budi Pratama, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan distribusi plastik. Akuisisi ini memperkuat posisi PBID di pasar plastik Indonesia.

Selain itu, PBID juga berinvestasi dalam teknologi dan inovasi. Perusahaan ini telah mengimplementasikan teknologi produksi terbaru untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produknya. Ini termasuk penggunaan mesin-mesin canggih dan sistem manajemen produksi yang terintegrasi.

PBID juga berkomitmen untuk beroperasi dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan. Perusahaan ini telah mengimplementasikan berbagai inisiatif keberlanjutan, termasuk pengurangan emisi karbon, penggunaan energi terbarukan, dan program-program komunitas lokal.

Menelusuri Jejak Keunggulan PBID

PT Panca Budi Idaman (PBID) telah menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan produk plastik berkualitas tinggi dengan fokus pada tiga pilar utama:

1. Inovasi Terdepan:

PT Panca Budi Idaman (PBID)  terus berinovasi dalam mengembangkan produk dan teknologi plastiknya. Hal ini terlihat dari berbagai produk unggulan seperti film plastik, karung plastik, dan pipa plastik yang telah mendapatkan pengakuan luas di pasar domestik dan internasional.

2. Kualitas Terjamin:

PT Panca Budi Idaman (PBID) menerapkan standar kualitas yang ketat dalam setiap proses produksinya. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya berbagai sertifikasi internasional seperti ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015, yang menandakan komitmen PBID terhadap kualitas produk dan kelestarian lingkungan.

3. Kepedulian Lingkungan:

PT Panca Budi Idaman (PBID) tak hanya fokus pada keuntungan, tetapi juga pada kelestarian lingkungan. Perusahaan ini menerapkan berbagai program ramah lingkungan seperti penggunaan bahan baku daur ulang dan pengurangan emisi karbon.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00